Sabtu, 16 November 2013

BAB I
MEMPERSIAPKAN PENDIRIAN USAHA

A.      Perencanaan Pendirian Usaha
1.       Pokok pikiran mempersiapkan pendirian usaha
Seorang calon wirausaha, di dalam mempersiapkan pendirian usahanya tidak mungkin berhasil dengan baik tanpa adanya perencanaan terlebih dahulu. Perencanaan pendirian usaha itu memang harus ada, betapa pun sangat sederhana. Mengapa calon wirausaha harus membuat perencanaan usaha? Karena, perencanaan usaha itu merupakan alat yang apling ampuh untuk menentukan prioritas, mengukur kemampuan serta mengukur keberhasialan dan kegagalan usaha. Perencanaan pendirian usaha akan memberikan uraian tnetang langkah-langkahnya dengan sasaran, target, petunjuk pelaksanaan, jadual waktu, strategi, taktik, program, biaya dan kebijakannya.
Perencanaan pendirian usaha yang dibuat secara tertulis merupakan perangkat yang tepat untuk mengendalikan usaha agar focus pelaksanaan usahanya tidak menyimpang. Membuat perencanaan pendirian usaha itu merupakan pengalaman yang paling berharga bagi para calon wirausaha. Selanjutnya, berdasarkan pengalaman tersebut dan adanya data-data yang terkumpul, maka pelaksanaan usahanya akan berkembang dan dapat mencapai sasaran dan tujuannya. Di dalam mempersiapkan pendirian usaha, calon wirausaha harus membuat dan menuangkan pokok-pokok pikirannya yang mencakup:
a.       Nama perusahaan;
b.      Lokasi perusahaan;
c.       Komoditi yang diusahakan;
d.      Konsumen yang akan dituju;
e.      Pasar yang akan dituju;
f.        Partner yang akan diajak bekerjasama;
g.       Personil yang dipercaya untuk membantu menjalankan usaha;
h.      Jumlah modal yang akan dibutuhkan dan yang tersedia;
i.         Peralatan yang perlu disediakan; dan
j.        Penyebaran promosi.
2.       Faktor pendirian usaha
Pengambilan keputusan untuk mewujudkan minatnya berkaitan dengan persiapan pendirian usaha, unsur kepribadian calon wirausaha sangat berperan. Suatu keputusan di dalam merencanakan pendirian usaha dengan penuh minat, selalu berhubungan dengan tanggungjawabnya. Selanjutnya, calon wirausaha yang akan mendirikan usahanya, dalam mempersiapkan pendirian usahanya, perlu menelaah dan memahami kekuatan dan kelemahan yang ada padanya.
Di dalam perencanaan pendirian usaha, calon wirausaha perlu menerapkan kekuatan mentalnya dan selanjutnya dapaat melaksanakannya sesuai dengan minat dan kemampuannya. Kemajuan ilmu pengetahuan dan perkembangan teknologi, biasanya selalu memberikan pengaruh posistif terhadap perencanaan pendirian usaha. Selanjutnya, factor utama yang dapat mendodrong seseorang ingin mendirikan usaha yaitu adanya peluang usaha, ingin menghimpun kekayaan, ingin menjadi bos sendiri, ingin memperoleh keuntungan dan sebagainya.
Seperti kita ketahui, semakin maju suatu Negara, akan semakin banyak orang terdidik dan banyak orang yang menganggur. Hal itu berarti bahwa perkembangan dunia usaha akan penting. Adapun dunia usaha merupakan suatu kegiatan usaha yang penuh tantangan dan penuh resiko. Oleh karena itu, untuk mempersiapkan pendirian usaha, seorang calon wirausaha terlebih dahulu perlu menghayati factor-faktor usaha, juga harus dapat meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Pemahaman dan penghayatan terhadap factor-faktor usaha, sangat penting dalam merealisasikan pendirian usaha, simaklah uraian berikut ini:
a.       Alam
Faktor alam yang perlu dipelajari oleh calon wirausaha, antara lain: tanah, sumber air, bahan mentah atau bahan baku, bangunan atau pabarik, dan sebagainya;
b.      Modal usaha
Faktor modal usaha yang perlu dipelajari oleh calon wirausaha, menyangkut pembiayaan kegiatan usaha dan pembangunan;
c.       Keterampilan usaha
Factor keterampilan usaha yang perlu dimiliki oleh calon wirausaha, antara lain: keahlian, kemampuan teknis, pengetahuan, teknologi dan sebagainya; dan
d.      Tenaga kerja
Factor tenaga kerja sangatlah penting. Sumber tenaga kerja dapat diambil dari keluarga sendiri, variable yang menyatakan tingkat kemampuan calon wirausaha dalam mengendalikan persiapan pendirian usahanya.
3.       Faktor lingkungan internal dan eksternal
Selain itu, dalam pendirian usaha perlu juga diperhatikan factor lingkungan internal dan factor lingkungan eksternal.
a.       Faktor lingkungan internal
Berikut ini diberikan uraian ringkas tentang factor-faktor yang termasuk ke dalam factor lingkungan internal
1)      Sumber daya finansial
Di dalam mempersiapakan pendirian usaha, factor finansial hendaknya disiapkan dan diuraikan berdasarkan kebutuhannya.
2)      Sasaran dan tujuan
Calon wirausaha yang akan mendirikan usaha, terlebih dahulu harus menetapkan sasaran dan tujuan usahanya. Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui target-target yang harus dicapai, kemajuan dan perkembangannya.
3)      Manajemen usaha
Calon wirausaha harus menyusun tim manajemen yang efektif dan efisien serta bertanggungjawab untuk mengimplementasikan dan merealisasikan pendirian usaha.
4)      Pemasok
Pemasok yang digunakan harus didasarkan pada factor-faktor penunjangnya seperti harganya, waktu penyerahannya, kualitas bahan bakunya dan sebagainya.
b.      Faktor lingkungan eksternal
Factor lingkungan eksternal akan menunjang keberhasilan dalam merealisasikan pendirian usaha. Factor lingkungan eksternal meliputi hal-hal berikut ini.
1)      Kebudayaan
Calon wirausaha yang akan mendirikan usaha harus mempertimbangkan pergeseran populasi menurut demografi dan budaya masyarakat. Misalnya, dampak ledakan penduduk, perubahan sikap penduduk, kesehatannya, tuntutannya, adat istiadat dan sebagainya.
2)      Persoalan hokum
Dalam mempersiapkan pendirian usaha, biasanya calon wirausaha banyak menghadapi persoalan hokum, misalnya pendirian usaha. Di sini calon wirausaha harus bersiap-siap untuk dapat mengurus dan mengatasi perizinan usaha dan persoalan hokum lainnya.
3)      Perekonomian
Dalam rangka mempersiapakan pendirian usaha, calon wirausaha harus memperhatikan dan mempertimbangkan perubahan dalam pendapatan nasional bruto pengangguran menurut daerah geografis dan sebagainya.
4)      Teknologi
Calon wirausaha yang mempersiapkan pendirian usaha, harus mempertimbangkan adanya perkembangan teknologi baru yang mungkin akan mempengaruhi pembuatan produk dan perkembangan usahanya.
5)      Persaingan
Calon wirausaha yang akan mempersiapakan pendirian usaha, sebagian besar selalu menghadapi ancaman persaingan dari perusahaan-perusahaan besar yang sudah lama berdiri. Di sini  calon wirausaha harus bersiap-siap merencanakan strategi yang paling efektif dan tepat untuk menghadapi persaingan, khususnya dalam bidang pemasaran.
6)      Permintaan
Seperti kita ketahui, sebagian besar produk akan mengikuti daur hidupnya. Berbagai tahap dari daur hidup produknya, biasanya berhubungan dengan pertumbuhan permintaan, penurunan permintaan dan sebagainya. Di sini calon wirausaha harus membuat persiapan cara mengatasi berbagai perubahan dalam permintaan produk. Cara yang dapat dijalankan calon wirausaha ialah menetapkan saluran distribusi yang tepat, promosi, harga produk, modal produk, manfaat produk dan sebagainya.
7)      Bahan mentah atau bahan baku
Dalam mempersiapkan pendirian usaha, calon wirausaha harus memperhatikan sumber bahan mentah atau bahan baku. Gagasan terbaik dalam mengatasi bahan mentah ialah membentuk hubungan yang kuat dengan pemasok dan mewaspadai adanya ancaman kelangkaan bahan mentah.
c.       Faktor-faktor lain
Apabila seorang calon wirausaha mempunyai gagasan atau ide dalam mempersiapkan pendirian usahanya, maka dia harus mencari factor-faktor yang dapat mendorong gagasan atau idenya itu. Factor-faktor tersebut antara lain dapat berupa dukungan keluarga, teman, pengalaman, keuangan, keadaan ekonomi, keadaan lapangan kerja, sumber daya yang tersedia dan sebagainya. Adapun factor-faktor lain yang cukup berpengaruh yaitu pertimbangan pengalaman dengan spirit, energy dan rasa optimis mengelola usaha, antara lain sebagai berikut:
1)      Personal
Factor personal menyangkut aspek-aspek kepribadian calon wirausaha yang akan mendirikan usaha.
2)      Sociological
Factor sociological menyangkut masalah hubungan calon wirausaha yang akan mendirikan usaha dengan dukungan keluarga, teman dan sebagainya.
3)      Environmental
Faktor environmental menyangkut hubungan calon wirausaha yang akan mempersiapkan pendirian usaha dengan lingkungan (Bygrave, 1994).

Pada praktiknya, kadang-kadang calon wirausaha yang akan mempersiapkan pendirian usaha didorong oleh rasa optimis yang berlebihan. Untuk memecahkan atau mengatasi rasa optimis yang berlebihan itu ialah dengan melakukan evaluasi. Bagaimana cara mengevaluasinya?
Cara untuk mengevaluasinya berhubungan dengan teman-teman yang akan diajak bekerjasama, para karyawan, sumber modall, komoditi yang akan dijual dan daya serap pasar. Mempersiapkan pendirian usaha, bergantung juga pada factor-faktor berikut ini:
1)      Minat dalam usaha
Dalam mempersiapkan pendirian usaha, apakah calon wirausaha berminat mengelola di bidang industry, di bidang jasa dan sebagainya.
2)      Relasi usaha
Dalam mempersiapkan pendirian usaha, apakah calon wirausaha sudah mempunyai relasi usahanya yang akan menekuni usaha yang sama.
3)      Perizinan usaha
Dalam mempersiapkan pendirian usaha, apakah calon wirausaha sudah mengurus perizinan usahanya.

4.       Situasi lingkungan usaha
Calon wirausaha di dalam mempersiapkan pendirian usaha harus memperhatikan situasi lingkungannya. Lingkungan usaha yang perlu diperhatikan dan dipahami oleh calon wirausaha yaitu, sebagai berikut:
a.       Situasi lingkungan usaha secara umum
Situasi lingkungan usaha secara umum yang harus dapat dipelajari oleh calon wirausaha dalam rangka pendirian usaha, antara lain sebagai berikut:
1)      Alam di sekitar tempat usaha
Dalam hal ini, calon wirausaha harus mempelajari:
-          Keadaan tanah, keadaan sumber air, keadaan bahan mentah atau bahan baku dan sebagainya; dan
-          Kemudahan atau tersediannya sarana transportasi dan sebagainya.
2)      Lingkungan masyarakat
Dalam hal ini, calon wirausaha harus mempelajari tentang:
-          Adat istiadatnya, agamanya, budaya, pandangan, daya belinya dan sebagainya; dan
-          Kegemarannya, hobinya, minatnya dan sebagainya.
b.      Situasi fasilitas usaha
Situasi fasilitas usaha yang harus dipelajari oleh calon wirausaha, antara lain sebagai berikut:
1)      Peraturan pemerintah
Peraturan pemerintah di sini mengandung ketentuan tentang perizinan usaha, hak dan kewajiban penyelenggaraan usaha.
2)      Perkreditan
Di sini calon wirausaha, dalam rangka mempersiapkan pendirian usaha, harus mencari lembaga keuangan yang akan memberikan pinjaman modal usaha dengan persyaratan ringan.
3)      Sarana usaha
Calon wirausaha, dalam rangka mempersiapkan pendirian usaha, harus menyiapkan sarana yang diperlukan dan efisien di dalam penggunaannya.
4)      Pembinaan usaha
Di sini calon wirausaha, dalam rangka mempersiapkan pendirian usaha, harus mengetahui badan atau lembaga yang kiranya dapat membantu dan memberikan pembinaan.

Calon wirausaha yang akan mempersiapkan usaha, dari awal harus menyadari dan mampu menganalisis situasi diri dan situasi lingkungan usaha secara cermat. Wirausaha sebagai calon pengusaha, harus dapat memperhatikan situasi lingkungan usaha dan bias menjawab pertanyaan-pertanyaan di bawah ini:
1)      Apakah ada peluang untuk bidang usaha yang akan didirikan?
2)      Apakah calon wirausaha tahu betul mengenai seluk-beluk bidang usaha yang akan didirikan?
3)      Apakah calon wirausaha sudah menjajaki dimana, kapan dan kepada siapa untuk mendapatkan pinjaman modal udaha?
4)      Apakah calon wirausaha tahu persis, siapa yang akan menjadi pesaing dan calon pesaing di bidang usaha yang sama?
5)      Apakah calon wirausaha tahu persis, siapa penyuplainya? Apakah ada calon penyuplai yang potensial di tempat lain?
6)      Apakah calon wirausaha tahu persis, berapa besar pasar yang hendak dilayani?
7)      Apakah calon wirausaha tahu persis, teknik pembuatan barang?
8)      Apakah calon wirausaha sudah menentukan dimana lokasi usaha akan didirikan?
9)      Apakah calon wirausaha mengerti tentang seluk-beluk peralatan usaha yang diperlukan dan yang digunakan?
10)   Apakan calon wirausaha mengetahui cara untuk mendapatkan tenaga kerja yang dibutuhkan?
11)   Apakah calon wirausaha mengetahui segala peraturan pemerintah yang menyangkut yuridis tentang perizinan usaha?

5.       Factor pertimbangan khusus
Factor pertimbangan khusus yang perlu dilakukan oleh calon wirausaha dalam rangka mempersiapkan pendirian usaha, meliputi hal-hal berikut ini:
a.       Perencanaan pasar
Dengan adanya perkembangan dunia usaha dan semakin tajamnya persaingan, maka usaha yang baru didirikan, bukan hanya didorong untuk melayani kebutuhan pasar saja melainkan harus menciptakan pasar. Di sini, sebelum calon wirausaha menentukan jenis atau bentuk usaha, terlebih dahulu harus meneliti apa yang diminta oleh pasar.
Seperti yang kita ketahui, kiblat pertama bagi calon wirausaha di dalam mempersiapkan pendirian usaha yaitu harus meerencanakan dan mempertimbangkan pasarnya. Selanjutnya, dengan mendayagunakan kemampuannya, calon wirausaha harus merencanakan dan menciptakan pemasaran jenis barang yang berbeda dengan barang sejenis yang telah lama dikenal umum di pasaran.
b.      Perenanaan pokok usaha
Setelah calon wirausaha melakukan pengamatan dan penelitian pasar, diharapkan dapat memperkirakan pemasaran jenis barang dagangan atau produk apa yang akan dikembangkan. Berdasarkan luasnya pasar, calon wirausaha dalam rangka mempersiapkan pendirian usaha harus memperhitungkan perencanaan pokok usaha, di bawah ini:
1)      Perencanaan produksi
Dalam merencanakan produksi, calon wirausaha diharapkan menguasai hal-hal yang menyangkut calon pembuatan dan penyediaan barang yang maksimal sebanyak jumlah yang dapat diserap oleh pasaran.
2)      Perencanaan keuangan
Dalam mempersiapkan pendirian usaha, calon wirausaha diharapkan dapat menguasai factor-faktor pendukung yang dapat menunjang keberhasilan usaha. Calon wirausaha selalu dihadapkan pada banyak pilihan antara lain memproduksi barang, memasarkan barang, merencanakan keuangan dan sebagainya.
Selain itu, calon wirausaha harus mempersiapkan sumber daya manusia sebagai tenaga kerja, alat-alat produksi dan merencanakan keuangan usaha.
3)      Perencanaan penjualan
Dalam mempersiapkan pendirian usaha, calon wirausaha harus memperhitungkan atau menafsirkan jumlah barang yang akan diproduksi dan dapat dijual serta dapat diserap oleh pasar.
Selanjutnua, calon wirausaha harus memperhatikan dan bias menjawab pertanyaan-pertanyaan di bawah ini:
a)      Bagaimana tanggapan konsumen dengan adanya perusahaan baru?
b)      Bagaimana tanggapan keluarga dan orang-orang yang akan membantu dalam mempersiapkan perusahaan baru?
c)       Berapa jumlah bahan mentah atau bahan baku yang diperlukan dan berapa biayanya?
d)      Bagaimanakah kemampuan dan keahlian sumber daya manusia yang akan memproduksi barang-barang?
e)      Bagaimana mempersiapkan peralatan atau mesin-mesin untuk memproduksi barang?
f)       Berapa jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan?
g)      Bagaimana mempersiapkan anggaran keuangan anda?
6.       Proses perencanaan pendirian usaha
Agar proses pendirian usaha berhasil, maka calon wirausaha harus mempunyai perencanaan usaha jangka panjang dan jangka pendek. Adapun pelaksanaan proses pendirian usaha itu, dimulai dengan merumuskan tujuan dan sasaran yang ingin dicapai perusahaan. Secara umum, proses dan hakikat perencanaan pendirian usaha yang dilakukan oleh para calon wirausaha adalah sama.
Proses perencanaan pendirian usaha terdiri atas delapan langkah pokok sistematis, yaitu:
-          Langkah pertama             : merumuskan tujuan dan sasaran usaha. Kemudian, calon wirausaha mengumpulkan fakta, data dan informasi mengenai situasi dan kondisi lingkungan di sekitar tempat usaha yang akan didirikan.
-          Langkah kedua                  : mengumpulkan fakta, data dan informasi mengenai situasi dan kondisi usaha yang akan didirikan.
-          Langkah ketiga                  : mengadakan pembahasan atau analisis mengenai fakta dan informasi yang didapatkan dari langkah ke-1 dan ke-2 untuk mencari peluang usaha, mengenali ancaman, kekuatan dan kelemahan di dalam mengambil langkah-langkah kegiatan usaha pada masa mendatang.
-          Langkah keempat            : merumuskan sasaran usaha yang akan didirikan dengan penuh tanggungjawab.
-          Langkah kelima                 : merumuskan berbagai macam alternative serta memilih alternative yang terbaik dan dapat ditempuh untuk merealisasikan sasaran pendirian usaha.
-          Langkah keenam              : merumuskan rencana taktis pendirian usaha jangka pendek.
-          Langkah ketujuh              : merumuskan rencana taktis pendirian usaha jangka panjang.
-          Langkah kedelapan         : menyusun anggaran belanja dalam rangka pendirian usaha.
7.       Kegiatan memulai usaha
Di dalam praktik, untuk mendirikan usaha baru, calon wirausaha sangat memerlukan penguasaan mengenai berbagai factor yang saling melengkapi. Selanjutnya, untuk melaksanakan serentetan kegiatan yang saling berhubungan itu, banyak hal yang perlu diperhitungkan dan dipertimbangkan, di antaranya:
a.       Berapa banyak bahan baku atau bahan mentah yang diperlukan oleh perusahaan?
b.      Berapa besarnya biaya yang diperlukan oleh perusahaan?
c.       Berapa julah tenaga kerja yang dibutuhkan oleh perusahaan?
Sejak usaha baru didirikan, amak calon wirausaha akan dihadapkan pada banyak pilihan, antara lain mengenai:
a.       Produksi;
b.      Keuangan usaha;
c.       Pemilihan membuat produk barang atau jasa;
d.      Penetapan harga; dan
e.      Pelaksanaan pemasaran dan penjualan produk (barang dan jasa).
Setelah sebagian besar factor-faktor usaha dapat dikuasai oleh wirausaha, kepribadiannya cukup mantap dan modal usahanya sudah disiapkan, maka langkah-langkah kegiatan  memulai usaha selanjutnya sebagai berikut.
a.       Pengamatan pasar
Pengamatan pasar sangat penting dalam pendirian usaha dan pengembangannya. Tujuan pengamatan pasar ialah agar produk (barang dan jasa) yang akan dihasilkan itu dapat dibeli oleh pasar dan menguntungkan. Pada dasarnya, kegitan pengamatan pasar itu ialah untuk mencari dan memperoleh bahan keterangan dan informasi mengenai:
1)      Produk (barang/jasa) apa saja yang masih dapat diminta oleh pasar?
2)      Kapan produk (barang/jasa) tersebut diperlukan?
3)      Berapa jumlah produk (barang/jasa) yang diperlukan?
4)      Berapa dan siapa yang menjadi pembeli langsung?
5)      Bagaimana suasana persaingan dalam usaha?
6)      Bagaimana cara pendistribusian produk (barng/jasa)?
Di sini ada dua hal yang perlu diperhatikan oleh para calon wirausaha mengenai bahan keterangan atau informasi yang perlu ditelaah, yaitu:
1)      Tanggapan khusus para pembeli mengenai barang/jasa yang dijual; dan
2)      Tanggapan umum para pembeli untuk mengetahui kenyataan dan pendapat pasar mengenai barang/jasa.
b.      Menentukan jenis usaha
Dalam hal ini, akan sesuai dan cocok sekali jika calo wirausaha dapat menentukan jenis usaha yang akan dilakukan dan dikembangkannya. Dalam praktiknya, ada dua pilihan untuk menentukan jenis usaha, yaitu:
1)      Menciptakan jenis kebutuhan pasar yang sesuai dengan potensi pasar; dan
2)      Mengatur potensi usaha yang sesuai dengan kebutuhan pasar.
c.       Pengaturan produksi
Agar jenis produk dan mutunya disenangi pembeli/pelanggan dan sesuai dengan kebutuhan pasar, maka calon wirausaha perlu mengatur produknya, antara lain dengan cara:
1)      Memperhatikan waktu, yaitu kapan produk itu diedarkan secepatnya;
2)      Menjaga kondisi produk, yaitu modelnya, mutunya, manfaatnya, bungkusnya, penyajiannya dan sebagainya; dan
3)      Mengatur jumlah produk yang diproduksi.
d.      Penentuan harga jual produk
Di sini calon wirausaha harus dapat menentukan harga jual produk. Penentuan harga jual produk itu tergantung pada:
1)      Keuntungan usaha;
2)      Daya beli konsumen/pembeli/pelanggan;
3)      Harga produk umumnya dan persaingannya;
4)      Komisi untuk para agen/penyalur; dan
5)      Cara pembayaran.
Harga produk (barang/jasa) meruapakn salah satu penentu luasnya pasar. Oleh karena itu, untuk menentukan harga jual produk/jasa yang terbaik, diharapkan calon wirausaha dapat menguasai perhitungan masalah yang berkaitan dengan usaha.
e.      Membuat produk
Jika jenis usaha sudah ditentukan dan akan dilaksanakan, selanjutnya calon wirausaha perlu mempertimbangkan dan memikirkan:
1)      Apakah keseluruhan proses produksi akan ditangani sendiri?
2)      Apakah ada sebagian proses yang dipercayakan kepada pengusaha lain?
f.        Tempat usaha
1)      Letak tempat usaha
Hal-hal yang perlu dipertimbangkan dan diperhatikan dalam menentukan letak tempat usaha, yaitu:
a)      Daerah sekitar dan masyarakatnya;
b)      Persaingan usahanya;
c)       Hubungan dengan pasar dan sumber bahan mentah dan bahan baku; dan
d)      Dekat dekat fasilitas air, listrik, jalan, telepon dan sebagianya.
2)      Tanah tempat usaha
Hal-hal yang perlu dipertimbangkan dan diperhatikan dalam menentukan tanah tempat usaha, yaitu:
a)      Luas dan harganya; dan
b)      Sumber air, tempat pembuangan air dan sebagainya.
g.       Rencana anggaran pendapatan dan belanja usaha (RAPB Usaha)
RAPB usaha adalah perhitungan atau kalkulasi usaha. Untuk pembuatan RAPB usaha yang baru dimulai, semua pos-pos dalam jangka waktu tertentu harus dicatat dengan teliti. Ada pun manfaat RAPB ialah untuk mengawasi pelaksanaan usaha, mengetahui perkembangan usaha dan untuk mengambil keputusan yang tepat. Dengan adanya RAPB usaha, penggunaan uang akan lebih terarar pada pencapaian usaha.
B.      MENGURUS SURAT IZIN USAHA
1.       Teknis pengurusan surat izin usaha
Sebelum perusahaan mulai beroperasi, salah satu yang tidak boleh dilupakan oleh calon wirausaha, ialah mengurus surat perizinan usaha. Perizinan usaha merupakan alat untuk pembinaan, pengarahan, pengawasan dan alat pengendalian pengelolaan usaha. Perizinan usaha ini dilakukan atau diwajibkan agar tercapai ketertiban di dalam usaha, kelancaran arus barang dan kesempatan untuk mengembangkan usaha.
Di dalam membantu perkembangan usaha, pemerintah daerah (Pemda) banyak memberikan kemudahan dalam pengurusan perizinan usaha. Bagi pemerintah sendiri, perizinan usaha itu sangat penting untuk mengetahui perkembangan tentang dunia usaha di wilayah Negara Republik Indonesia. Sebagai tindak lanjut Inpres Nomor 5 tahun 1984, tentang Penyederhanaan dan Pengendalian Perizinan di Bidang Usaha, telah diterbitkan SK Menteri Perdagangan Nomoer 1458/KP/XII/1984.
Dengan adanya kebijakan-kebijakan pemerintah daerah melalui peraturan dalam bidang perizinan usaha, berarti pemerintah daerah turut serta meningkatkan efektivitas dan produktivitas dalam bidang  usaha. Ada pun perizinan usaha yang harus dimiliki oleh calon wirausaha itu banyak macammnya dan bergantung pada jenis usaha yang akan dijalankannya. Seperti kita ketahui bahwa untuk usaha industry pada prinsipnya diperlukan izin-izin usaha, antara lain sebagai berikut:
a.       Izin prinsip
Izin Prinsip (IP) adalah suatu persetujuan yang dikeluarkan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) setempat untuk mendirikan perusahaan industry.
b.      Izin penggunaan tanah
Izin Penggunaan Tanah (IPT) ini dikeluarkan oleh Kantor Agraria Pemda setempat setelah izin pembebasan tanah itu berupa Sertifikat Hak Guna Bangunan (SHGB).
c.       Izin mendirikan bangunan
Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dikeluarkan oleh Pemda melalui Dinas Pengawasan Pembangunan Kota (DPPK). Ada pun persayaratan untuk mengurus IMB ialah bangunan yang akan didirikan harus sesuai dengan gambar yang telah disahkan oleh Kepala Dinas, pelakasanaan pembangunannya tidak boleh mengganggu tempat masyarakat di sekitanya dan sebagainya.
d.      Izin gangguan
Izin gangguan dikeluarkan oleh Bagian Undang-undang Gangguan Pemda setempat. Sebelum mengajukan permohonan izin gangguan, calon wirausaha yang akan mendirikan perusahaan wajib memiliki izin RT, RW dan kelurahan setempat serta mendapat persetujuan tidak keberatan dari tetangga terdekat. Ada pun persyaratan penting yang harus dipenuhi oleh calon wirausaha jika akan mendirikan perusahaan, yaitu:
1)      Tempat usaha dan pekarangan harus selalu bersih;
2)      Diesel atau mesin-mesin tidak bising, pondasi bangunan harus kuat menahan getaran;
3)      Menyediakan sarana pengamanan, seperti alat pemadaman kebakaran dan obat-obatan;
4)      Buka usaha hanya pada jam tertentu dan tidak mengganggu masyarakat di sekitarnya; dan
5)      Memiliki Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP).

Tambahan :
Perizinan usaha adalah alat atau instrumen untuk membina, mengarahkan, mengawasi, dan menerbitkan penerbitan usaha. Mengenai persiapan pendirian usaha berdasarkan proposal usaha ada 6 hal yang perlu dipersiapkan dalam mempersiapkan pendirian usaha, yaitu pengurusan izin usaha, penentuan tempat atau lokasi usaha, pengadaan fasilitas produksi dan bahan baku produksi, perekrutan dan penepatan SDM (Sumber Daya Manusia) dan persiapan administrasi usaha.

A.     PROSEDUR PENGURUSAN IZIN USAHA
Prosedur atau langkah-langkah dalam mendirikan usaha berbadan hukum, antara lain membuat SITU ( Surat Izin Tempat Usaha ) , membuat SIUP ( Surat Izin Usaha Perdagangan) , membuat NPWP ( Nomor Induk Wajib Pajak), membuat TDP (Tanda Daftar Perusahaan), membuat nomor rekening bank atas nama perusahaa, membuat AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan).

1)      Membuat Surat Izin Tempat Usaha (SITU)
Surat Izin Tempat Usaha (SITU) merupakan pemberian izin tempat usaha kepada seseorang atau badan usaha yang tidak menimbulkan gangguan atau kerusakan lingkungan di lokasi tertentu. Surat Izin Tempat Usaha (SITU) harus diperpanjang atau didaftarkan setiap lima tahun sekali.
a)      Langkah-langkah untuk mendapatkan Surat Izin Tempat Usaha (SITU), yaitu sebagai berikut :
      Membuat surat izin tetangga
      Membuat surat keterangan domisili perusahaan
 b)   Dokumen yang diperlukan untuk membuat Surat Izin Tempat Usaha (SITU), antara lain :
1.        Fotocopy KTP permohonan
2.        Foto permohonan ukuran 3 x 4 cm sebanyak 2 buah
3.        Formulir isian lengkap dan sudah ditandatangani
4.        Fotocopy pelunasan PBB tahun berjalan
5.        Fotocopy IMB ( Izin Mendirikan Bangunan )
6.        Fotocopy sertifikat tanah atau akta tanah
7.        Denah lokasi tempat usaha
8.        Surat pernyataan tidak keberatan dari tetangga ( Izin Tetangga ) yang diketahui RT / RW
9.        Izin sewa atau kontrak
10.    Surat keterangan domisili perusahaan
11.    Fotocopy akta pendirian perusahaan dari notaris

12.    Berita acara pemeriksaan lapangan

2)    Membuat Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)
Berdasarkan peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia Nomor 36/M-DAG/PER/9/2007 tantang penerbitan Surat Izin Usaha Perdagangan, Surat Izin Usaha Perdagangan ( SIUP ) adalah surat izin untuk dapat melakukan kegiatan usaha perdagangan yang dikeluarkan instansi Pemerintah melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan sesuai dengan tempat atau domisili perusahaan. SIUP dapat di berikan kepada para wirausaha baik perseorangan, CV, PT, BUMN, firma, ataupun koperasi.
a)      SIUP dapat diklasifikasikan sebagai berikut.
         SIUP Kecil
         SIUP Menengah
         SIUP Besar
b)      Proseder permohonan SIUP
         Permohonan SIUP menengah dan SIUP kecil
         Permohonan SIUP besar
c)  Dokumen-dokumen yang diperlukan untuk pengurusan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) antara lain :
1.      Fotocopy akta notaris pendirian perusahaan
2.      Fotocopy SK Pengesahan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia
3.      Fotocopy NPWP
4.      Fotocopy KTP pemilik
5.      Fotocopy Surat Izin Tempat Usaha ( SITU )
6.      Fotocopy Kartu Keluarga
7.      Fotocopy surat keterangan domisili perusahaan
8.      Fotocopy surat kontrak atau sewa
9.      Foto direktur utama atau pimpinan perusahaan ukuran 3 x 4
10.    Neraca perusahaan

3.      Membuat Nomor Pokok Wajib Pajak ( NPWP )
Sudah menjadi ketetapan pemerintah bahwa setiap wajib pajak baik individu maupun pemilik perusahaan harus mempunyai Nomor Induk Wajib Pajak ( NPWP ) . Apabila omset penjualan mulai berkembang dan terus meningkat dalam jumlah tertentu diwajibkan mendaftarkan perusahaan sebagai Pengusaha Kena Pajak ( PKP ) dan akan diberikan Nomor Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak ( NPPKP ). Wajib pajak yang tidak mendaftarkan diri ke Kantor Pelayanan Pajak akan dikenakan sanksi pidana sesuai pasal 39 Undang-Undang No. 16 Tahun 2000 tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang No.6 Tahun 1983 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan.

4.      Membuat Tanda Daftar Perusahaan (TDP)
Tanda Daftar Perusahaan ( TDP ) adalah daftar catatan resmi sebagai bukti bahwa perusahaan atau badan usaha telah melakukan wajib daftar perusahaan sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 1982 tantang wajib daftar. Berdasarkan pasal 38 KUHD ( Kitab Undang-Undang Hukum Dagang ) , akta pendirian perusahaan yang memuat anggaran dasar yang sudah mendapat pengesahan dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, harus didaftarkan di Panitera Pengadilan Negara sesuai domisili perusahaan, kemudian diumumkan melalui Berita Negara.
Hal-hal yang perlu di daftarkan
  Akta pendirian perusahaan
  Akta perubahan anggaran dasar dan laporan kepada Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia
  Akta perubahan anggaran dasar dan surat persetujuan Mentri Hukum dan hak Asasi Manusia Republik Indonesia.
Prosedur permohonan Tanda Daftar Perusahaan  ( TDP )
1.    Permohonan Tanda Daftar Perusahaan ( TDP ) yang berupa PT dan yayasan harus mendapatkan pengesahaan dan persetujuan akta pendirian perusahaan dari Menteri Hukum dan hak Asai Manusia terlebih dahulu.
2.    Perusahaan mengambil formulir permohonan TDP
3.    Perusahaan membayar biaya administrasi pendaftaran TDP sesuai dangan Surat Keputusan Menteri Perdagangan No.286/Kep/II/85.
4.    Petugas kantor pendaftaran perusahaan
Dokumen-dokumen yang diperlukan untuk pengurusan Tanda Daftar Perusahaan ( TDP ) antara lain:
1.             Untuk Perseroan Terbatas (PT), Persekutuan Komanditer (CV) atau Firma (Fa) dan Koperasi adalah sebagai berikut.
a)      Formulir Isian
b)      Fotocopy Akta Pendirian Perusahaan
c)      Fotocopy Pengesahan Akta
d)      Asli dan Fotocopy Pengesahaan Akta Pendirian
e)      Fotocopy Surat Keterangan Domisili Perusahaan
f)       Fotocopy Surat Izin Tempat Usaha
g)      Nomor Pokok Wajib Pajak
h)      Fotocopy SIUP
i)        Fotocopy KTP
j)        Fotocopy akta Pendirian dan Pengesahan
k)      Fotocopy KTP penanggung jawab koperasi
l)        Bukti setor biaya administrasi
m)   Fotocopy paspor jika pemilik WNA
2.             Perusahaan Perorangan ( PO )
a)      Formulr Isian
b)      Fotocopy Surat Keterangan Domisili Perusahaan
c)      Fotocopy SIUP
d)      Fotocopy KTP penanggung jawab
e)      Fotocopy NPWP
f)       Fotocopy Surat Izin Tempat Usaha (SIUP)
g)      Membuat Nomor Rekening Perusahaan
Sebelum membuat akta pendirian perusahaan, notaris akan menanyakan berapa presentase saham masing-masing pemilik. Oleh sebab itu harus melakukan hal berikut ini :
         Membuat nomor rekening atas nama perusahaan
         Melakukan setoran modal
         Menyerahkan bukti setoran

5.      Membuat AMDAL ( Analisis Mengenai Dampak Lingkungan)
Analisis Mengenai Dampak lingkungan (AMDAL) adalah hasil kajian mengenai dampak besar dan penting dari suatu kegiatan usaha yang direncanakan terhadap lingkungan hidup yang digunakan untuk proses pengambilan keputusan mengenai penyelenggaraan kegiatan usaha di indonesia.
AMDAL digunakan untuk :
1.        memberikan masukan terhadap penyusunan rencana pengelolaan dan pemantauan lingkungan hidup.
2.        Memberikan informasi kepada masyarakat
3.        Bahan informasi bagi perencanaan pembangunan wilayah.
4.        Membantu proses pengambilan keputusan
5.        Memberikan masukan terhadap penyusunan desain
Dasar Hukum AMDAL
Beberapa peraturan yang menjadi dasar hukum AMDAL adalah :
      Peraturan Pemerintah No. 27 Tahun 1999 tentang AMDAL
      Undang-Undang No. 4 Tahun 1982 mengenai Ketentuan Pengelolaan Lingkungan Hidup.
      Peraturan Pemerintah No. 20 Tahun 1990 mengenai Pengendalian Pencemaran Air.
      Peraturan Pemerintah No. 51 Tahun 1993 tentang AMDAL.
      Undang-Undang No. 5 Tahun 1990 mengenai Konversi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistem.
      Surat Menteri Negara Lingkungan Hidup No. B. 2335/MENLH/12/93, No. B. 2347/MENLH/12/93 mengenai kreteria usaha wajib AMDAL.
      Undang-Undang No. 4 Tahun 1992 mengenai tata ruang.
Pedoman Pelaksanaan AMDAL
a)        Peraturan Menteri Lingkungan Hidup No. 08 Tahun 2006 mengenai penyusunan AMDAL harus menggunakan pedoman Penyusunan AMDAL.
b)        Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup No. 11 Tahun 2006 tentang daftar kegiatan wajib AMDAL.
c)         Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup No. 86 Tahun 2002
d)        Kewenangan Penilaian didasarkan Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup no. 40 Tahun 2000 tantang pedoman tata kerja komisi penilaian AMDAL.
Dokumen Yang Diperlukan Dalam Pengurusan AMDAL
Dalam pengurusan AMDAL, dokumen yang diperlukan adalah fotocopy NPWP, TDP, KTP, SITU, dan denah lokasi perusahaan yang dapat menimbulkan dampak negatif terhadap lingkungan.

B.   PENENTUAN PERMODALAN USAHA
Ketika membangun sebuah badan usaha selain membutuhkan aspek legalitas dan perizinan usaha, juga membutuhkan sejumlah modal untuk memuai kegiatan usaha. Untuk dapat mencapai tujuan usaha, salah satunya perlu membuat perencanaan keuangan secara matang, yaitu mengenai permodalan dan investasi. Modal dibagi menjadi 2, yaitu modal aktif dan modal pasif. Modal aktif adalah berupa tanah, gedung, mesin-mesin, perkakas, bahan baku, bahan penunjang produksi, dan modal uang ( kas, wesel tagih, dan piutang). Modal pasif berupa saham-saham atau hak-hak para pemilik dan pemberi utang yang dinyatakan dalam uang.

1.      Permodalan Koperasi
Untuk menjalankan kegiatan usahanya, koperasi membutuhkan modal usaha yang bersumber dari modal sendiri dan modal pinjaman. Berdasarkan Undang-Undang No. 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian, modal koperasi terdiri dari :
a)      Modal Sendiri
Modal sendiri adalah sumber modal koperasi yang dapat diperoleh dari :
1.      Simpanan pokok, yaitu sejumlah uang yang wajib dibayarkan oleh anggota kepada koperasi ketika masuk menjadi anggota.
2.      Simpanan wajib adalah jumlah simpanan tertentu yang tidak sama yang wajib dabayar oleh anggota kepada koperasi dalam waktu dan kesempatan tertentu.
3.      Dana cadangan, yaitu sejumlah uang yang diperoleh dari penyisihan sisa hasil usaha, yang berfungsi untuk pemupukan modal sendiri, pembagian dana kepada anggota yang keluar dari keanggotaan koperasi, dan untuk menutup biaya apabila koperasi mengalami kerugian.
4.      Hibah, yaitu sejumlah uang atau barang modal ayang dapat dinilai dengan uang yang diterima dari pihak lain yang bersifat hibah atau pemberian dan tidak mengikat.
b)      Modal Pinjaman
Modal pinjaman adalah sumber modal koperasi yang berasal dari :
1.       Anggota dan calon anggota koperasi.
2.      Koperasi lainnya atau anggota koperasi lain yang didasari perjanjian kerja  antar koperasi.
3.      Bank dan lembaga keuangan non-bank yang dilakukan berdasarkan ketentuan yang berlaku.
4.      Penerbitan obligsi dan surat hutang.
5.      Sumber-sumber lain yang sah.
2. Permodalan Perseroan Terbatas (PT) dan Persekutuan Komanditer (CV)
Ada 2 sumber permodalan bagi Perseroan Terbatas (PT) dan Persekutuan Komanditer (CV) untuk menjalankan kegiatan usahanya, yaitu dana intern dan ekstern.
a. Sumber Dana Intern
Sumber dana intern adalah sumber dana yang diperoleh dari dalam perusahaan, yaitu :
1. Laba ditahan, yaitu dana yang diperoleh dari sisa laba yang tidak diambil oleh pemilik perusahaan.
2. Tabungan pribadi pemilik perusahaan.

b. Sumber Dana Ekstern
Sumber dana eksetern adalah sumber dana yang di peroleh dari luar perusahaan, antara lain dari bank, lembaga keuangan, non-bank, dan modal vebtura.
1. Bank
saat ini pemerintah melalui bank, sebagai lembaga kecil dalam memperoleh modal usaha dengan cara memberikan fasilitas kredit. Kredit modal usaha yang disediakan tersebut, antara lain Kredit Investasi Kecil (KIK) dan Kredit Modal Kerja Permanen (KMKP).
  Kredit Investasi Kecil (KIK)
Kredit Investasi Kecil (KIK) adalah kredit yang diberikan oleh bank untuk penambahan modal dalam rangka rehabilitasi usaha, perluasan usaha, atau membangun usaha baru. Syarat yang harus di penuhi untuk mendapatkan kredit ini adalah :
1.      Memiliki izin resmi, yaitu SITU, SIUP, NPWP, dan TDP
2.      Usaha telah berjalan minimal 2 tahun
3.      Membuat proposal pengajuan kredit
4.      Berbentuk badan usaha
5.      Memiliki jaminan
  Kredit Modal Kerja Permanen (KMKP)
Kredit Modal Kerja Permanen adalah kredit produksi atau eksploitasi yang digunakan untuk menutup biaya produksi perusahaan, seperti biaya pembelian bahan baku, pembelian bahan penunjang, biaya iklan dan promosi, biaya pengemasan produk, biaya distribusi, atau pembayaran gaji karyawan. KMKP merupakan kredit jangka pendek (umumnya satu tahun).
Untuk mendapatkan Kredit Investasi Kecil (KIK) dan Kredit Modal Kerja Permanen (KMKP) ini, Anda perlu datang ke kantor cabang bank terdekat dan mengisi formulir yang telah disediakan serta membawa persyaratan dokumen yang di perlukan, beserta fotocopynya. Dokumen yang diperlukan, antara lain :
1.         Isian lengkap dan ditandatangani.
2.         Formulir Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) permohon (suami-istri)
3.         Fotocopy Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
4.         Fotocopy Izin Tempat Usaha (SITU)
5.         Fotocopy Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)
6.         Fotocopy Tanda Daftar Perusahaan (TDP)
7.         Foto ukuran 4 x 6 cm sebanyak 2 lembar (suami-istri)
8.         Sertifikat Hak Milik ( SHM ) tanah milik atau bukti Kepemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB) sebagai agunan apabila diperlukan.
9.         Fotocopy Kartu Keluarga (KK).
10.     Neraca perusahaan dan perincian laba atau rugi.
Setelah Anda mengisi formulir dan menyerahkan dokumen lengkap, anda tinggal menunggu permohonan pinjaman anda disetujui oleh bank, Bank kemudian akan melakukan proses kredit selanjutnya, antara lain sebagai berikut :
  Meneliti
Bank kemudian meneliti kelengkapan dokumen, apakah pemohon memenuhi persyaratan atau tidak, apakah sektor usahanya yang akan diberikan kredit bagus dan dapat dibiayai oleh bank, apakah permohon dapat dipercaya, dan apakah pemohon pernah bermasalah dalam kredit macet.
  Survei Ke Tempat Usaha
Bank akan meninjau langsung ketempat usaha anda dan melihat kegiatan usaha Anda.
  Interview atau Wawancara
Bank akan melakukan wawancara terhadap pemohon kredit, Biasanya yang ditanyakan ketika wawancarai adalah tentang tujuan penggunaan kredit dan rencana pengambilan kredit.
  Analisis Permohinan Kredit
Setelah tiga tahap diatas dilalui, terakhir bank akan melakukan penilian terhadap kredibilitas pemohon kredit, Penilaian tersebut meliputi kemampuan pemohon kredit melunasi kredit dan bunganya, modal dan kekayaan perusahan apakah sudah cukup menjalankan usaha, karakter pemohon apakah jujur dan sungguh-sungguh, jaminan atau agunan ( yang dapat berupa tanah, gedung, atau kendaraan), kondisi perusahaan apakah berkembang bila diberi kredit bank .
2.Lembaga-Lembaga Keuangan Nonbank
Pengajuan kredit ke lembaga-lembaga keuangan nonbank pada dasarnya sama dengan pengajuan kredit ke bank. Tetap ada prosedur, peraturan, maupun persyaratannya, hanya saja pengajuan kredit ke lembaga keuangan lebih mudah.
a. Dasar Hukum
Pada tahun 1973, pemerintah membuat lembaga keuangan nonbank berdasarkan surat keputusan Menteri Keuangan No. kep. 38/MK/1972, pasal 2 yang berisi, antara lain :
1.    Lembaga keuangan nonbank dapat menghimpun sejumlah dana dengan jalan mengeluarkan kertas berharga.
2.    Lembaga keuangan nonbank dapat memberikan kredit utama jangka waktu jangka menengah kepada perusahaan-perusahaan pemerintah atau swasta .
3.    Lembaga keuangan nonbank dapat memberikan penyertaan modal sementara didalam perusahaan atau proyek, sampai sahamnya dapat diperjual belikan di pasar modal.
4.    Lembaga keuangan nonbank dapat bertindak sebagai perantara dari perusahaan di Indonesia dan badan-badan hukum pemerintah untuk mendapatkan sumber permodalan berupa pinjaman dan pernyertaan modal dari dalam dan luar negeri.
5.    Lembaga keuangan nonbank dapat bertindak sebagai perantara dalam melakukan joint venture didalam dan diluar negeri.
6.    Lembaga keuangan nonbank dapat bertindak sebagai perantara dalam mendapatkan tenaga kerja ahli dan memberikan nasihat keahlian.
7.    Lembaga keuangan nonbank dapat melakukan usaha lain dibidang keuangan setelah mendapat persetujuan dari Menteri Keuangan.
b. Jenis-Jenis Lembaga Keuangan
Jenis-jenis lembaga keuangan nonbank tersebut, antara lain :
1.    Lembaga perantara penerbit dan perdagangan surat berharga (Investment Finance Corporation).
2.    Lembaga ini berperan sebagai perantara dan penjamin dalam hal jual beli dan penerbitan surat berharga seperti saham dan obligasi.
3.    Lembaga pembiayaan pembangunan (Development Finace Corporation)
4.    Lembaga ini bertugas menghimpun dana-dana dengan cara menerbitkan kertas-kertas berharga untuk disalurkan ke perusahaan-perusahaan yang memerlukan dana untuk membiayai investasi jangka menengah dan panjang.
5.    Lembaga keuangan lain, seperti perusahaan asuransi

3. Modal Venture
Modal venture adalah suatu investasi bentuk penyertaan modal yang bersifat sementara kepada perusahaan pasangan usaha (investee company) yang ingin mengembangkan usahanya, tetapi mengalami kesulitan dalam permodalan. Biasanya dana venture ini berasal dari sekelompok investor yang mapan keuangannya, asuransi, dana pension atau reksa dana, bank ivestasi, dan institusi keuangan lainnya yang melakukan pengumpulan dana ataupun kemitraan untuk tujuan investasi tersebut.
a.      Kriteria Perusahaan
Kriteria perusahaan yang mendapatkan modal venture, antara lain :
1.      Perusahaan yang telah mempunyai pangsa pasar mapan, tetapi perlu mengembangkan fasilitas produksi untuk peningkatan kualitas produk.
2.      Perusahaan yang memiliki pasar yang sedang tumbuh atau memiliki potensi untuk berkembang pesat dimasa depan .
3.      Perusahaan yang akan tetapi melakukan ekspansi usaha, tetapi mengalami kesulitan dana.
b.      Dasar Hukum
Berdasarkan keputusan menteri Republik Indonesia nomor.1251/1988, perusahaan modal ventura dapat memberikan bantuan teknis yang di perlukan oleh wirausaha.
c.       Fungsi Modal Ventura
Fungsi modal ventura, antara lain:
1.      Untuk mengembangkan suatu pengembangan suatu penemuan baru.
2.      Untuk mengembangkan perusahaan yang mengalami kesulitan dana pada tahap awal usaha.
3.      Membantu perusahaan yang sedang berkembang
4.      Membantu perusahaan yang mengalami kemunduran usaha.
5.      Untuk mengembangkan proyek penelitian dan rekayasa.
6.      Untuk mengembangkan berbagai penggunaan teknologi baru atau alih teknologi dalam negeri maupun luar negeri.
d.      Jenis Pembiayaan Modal Ventura
Jenis pembiayaan modal ventura antara lain :
1.      Penyertaan saham
Jenis pembiayaan ini memberikan saham secara langsung kepada calon perusahaan pasangan usaha yang berbentuk perseroan terbatas (PT). perusahaan modal ventura dalam manajemen perusahan pasangan usaha dan mendapatkan imbalan berupa deviden atau capital gain.
2.      Membeli obligasi konversi
Pada jenis pembiayaan ini, calon perusahaan pasangan usaha dari perusahaan modal ventura mengeluarkan surat obligasi atau surat utang kepada perusahaan modal ventura, dengan perjanjian akan dikonversikan atau ditukar menjadi saham atau penyertaan modal pada waktu yang telah disepakati bersama.
3.      Pola bagi hasil
Pembiayaan pada pola bagi hasil perusahaan pasangan usaha memberikan presentase tertentu dari keuntungan kepada perusahaan modal ventura. Pola bagi hasil yang dapat dilakukan, antara lain berdasarkan pendapatan yang diperoleh (revenue sharing), berdasarkan keuntungan bersih (net profit sharing), dan berdasarkan perjanjian.
e.      Sumber Modal Venture
Sumber modal venture, antara lain :
1.      Investor perseorangan
2.      Investor institusi
3.      Perusahaan asuransi
4.      Reksadana atau dana pension
5.      Lembaga keuangan internasiona

1.3.   PENENTUAN DAN PENGURUSAN TEMPAT USAHA
Pada saat anda membuka usaha, salah satu faktor yang paling penting adalah lokasi usaha. Tempat usaha yang tepat dan strategis akan menentukan kesuksesan usaha anda, dengan demikian sebagai wirausaha harus mampu memilih tempat yang mampu memberikan profit (keuntungan) terhadapat usahanya.
1.      Lokasi pertokoan
Ada beberapa pertimbangan dalam memilih lokasi pertokoan yaitu, sebagai berikut :
      Tingkat kepadatan penduduk
      Tingkat pendapatan masyarakat calon konsumen
      Banyaknya usaha lain ditempat tersebut
      Pertimbangan ekonomis
      Traffic (lalu lintas)
      Tingkat persaingan
      Keamanan dan akses parker
2.       Lokasi Perusahaan
Ada dua hal yang berhubungan dengan penentuan lokasi perusahaan. Pertama, lokasi lokasi perkantoran yang disebut dengan tempat kedudukan . Kedua, lokasi perusahaan yang disebut dengan kediaman.
Hal-hal yang perlu diperhatikan ketika menentukan tempat usaha kedudukan dan tempat kediaman, antara lain yaitu :
      Badan usaha yang memiliki beberapa perusahaan harus memilih tempat yang berlainan untuk masing-masing perusahaan tersebut.
      Pemilihan tempat kediaman perusahaan seringkali tergantung pada rentabilitas yang diharapkan .
3.      Lokasi pabrik
Hal-hal yang mempengaruhi penentuan lokasi pabrik, antara lain :
      Kedekatan Dengan Sumber Bahan Produksi
      Kedekatan Dengan Konsumen
      Ketersediaan atau Kemudahan Untuk Mendapatkan Tenaga Kerja
      Kemudahan Fasilitas Pengangkutan Dan Transportasi
      Sikap Masyarakat Sekitar Serta Peraturan Pemerintah
1.4.   PENGADAAN FASILITAS DAN BAHAN BAKU PRODUKSI
1.      Pengadaan Fasilitas
Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pengadaan fasilitas adalah :
         Perencanaan pekerjaan harus dilakukan dengan matang agar tidak ada mesin yang tidak terpakai sehingga peralatan serta mesin-mesin dapat digunakan dengan efektif dan efisien.
         Pemeliharaan dan servis rutin peralatan, agar peralatan bisa digunakan secara maksimal tanpa kendala kerusakan yang akan menghambat produksi.
         Jaminan keamanan dan keselamatan kerja. Kesehatan, kebersihan dan penerangan di tempat kerja
         Apabila dalam membuat produk membutuhkan lebih banyak dari satu mesin, perlu ada pembagian porsi pekerjaan yang tepat agar tidak ada mesin yang tidak terpakai atau pekerja yang tidak lancar.
         Pembagian ruang dan penetapan mesin (layout) dalam ruang usaha yang tepat sesuai urutan kerja untuk kelancaran pelaksanaan kegiatan usaha
a.      Penentuan Mesin Dan Peralatan
Penentuan mesin dan peralatan berkaitan dengan penentuan jenis teknologi, penentuan mesin produk relatif mudah, namun tetap harus dilakukan dengan teliti. Dalam menentukan mesin dan peralatan, selain mempertimbangkan faktor teknologi juga mempertimbangkan faktor nonteknologi, antara lain :
         Tenaga ahli yang akan menggunakan mesin dan peralatan tesebut
         Fasilitas pemeliharaan dan perbaikan mesin serta peralatan dilokasi usaha.
         Infrastruktur seperti sarana dan fasilitas pengangkutan untuk membawa mesin sampai ke lokasi usaha.
Ada pula yang membuat daftar tentang mesin dan peralatan apa saja yang dibutuhkan dalam kegiatan usaha. Mesin dan peralatan dikelompokan sebagai berikut :
         Peralatan angkutan
         Peralatan elektronik
         Peralatan mekanik
         Mesin pabrik
         Peralatan lain
b.      Penentuan Gedung Dan Bangunan Lain
Biaya yang diperlukan untuk membangun gedung dan bangunan lain dikelompokan menjadi tiga kelompok biaya yaitu :
         Biaya pembangunan gedung
         Biaya pembangunan jalan
          Biaya pengurusan tanah.
          
2.      Pengadaan Bahan Baku Produksi
Apabila bahan baku produksi harus diimpor dari luar negeri anda perlu mengetahui berbagai faktor yang dapat mendukung kelancaran pelaksanaan impor, antara lain :
a.      Perkembangan harga produk tersebut, total harga pembeliannya sampai dengan dilokasi perusahaan, apakah produk tersebut bebas dari pajak impor
b.      Bahan baku tersebut dapat di impor dari Negara mana dan bagaimana hubungan dagang kita dengan Negara tersebut .
1.5.   PEREKRUTAN DAN PENETAPAN SDM (SUMBER DAYA MANUSIA)
Karyawan merupakan faktor yang sangat penting bagi wirausaha untuk mencapai tujuan usahanya, dengan demikian, seorang wirausaha harus dapat memilih dan menentukan jumlah karyawan yang diperlukan untuk suatu kegitan usaha,. Karyawan yang mempunyai motivasi kerja, keterampilan kerja, loyalitas, tanggung jawab yang tinggi, serta menangani bidang kerja yang tepat (the right man on the right place).
Hal-hal yang berkaitan dengan manajemen sumber daya manusia,antara lain:
a.      Proses manajemen sumber daya manusia yang terdiri dari perencanaan sumber daya manusia.
b.      Tata usaha atau administrasi kepegawaian ( surat-menyurat dan berkas yang berhubungan dengan karyawan.
c.       Kompensasi dan kesejahteraan karyawan meliputi penghitungan besar upah atau gaji
d.      Jaminan perlindungan terhadap kecelakaan kerja dan pengawasan keselamatan kerja .
Perencanaan Sumber Daya Manusia
Analisis jabatan diperlukan untuk membuat deskripsi pekerjaan (job description) dan spesifikasi pekerjaan (job specification). Untuk membuat analisis jabatan diperlukan data-data antara lain :
a.      Nama pekerjaan
b.      Kegiatan yang harus dikerjakan pada suatu jabatan
c.       Peralatan atau mesin yang akan digunakan
d.      Bahan yang digunakan
e.      Wewenang dan tanggung jawab karyawan
f.        Pendidikan dan pelatihan
g.      Kondisi pekerjaan
h.      Risiko atau bahaya
Dalam menentukan kualifikasi karyawan ada hal-hal yang perlu diperhatikan, antara lain :
a.      Pendidikan
b.      Pengalaman kerja
c.       Keahlian fisik dan komunikasi
d.      Tanggung jawab
e.      Karakter tenaga kerja
f.        Usia
g.      Jenis kelamin
h.      Keadaan fisik
i.        Temperamen
j.        Bakat
Perekrutan atau Rekrutmen
Rekrutmen adalah suatu proses untuk mencari calon atau kandidat karyawan , buruh, manajer, atau tenaga kerja baru, untuk memperoleh tenaga kerja yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan organisasi , perusahaan dapat melakukan perekrutan secara internal dan eksternal.
Seleksi
 Sosialisasi Dan Orientasi
Pelatihan ( Training ) Dan Pengembangan
Penilaian Prestasi Kerja
Promosi, Rotasi, Demosi, Dan Phk
1.6.   PERSIAPAN ADMINISTRASI USAHA
Kegagalan sebuah usaha dapat diawali dari tidak adanya sistem administasi yang teratur, akurat, detail, dan rapi untuk dijadikan sebuah alat dalam melakukan analisa kinerja perusahaan dan bagian-bagiannya (departemen, fungsional, dan divisional)
1.      Administrasi
Kata administrasi berasal dari kata bahasa latin, yaitu ad yang artinya intensif, dan ministare yang artinya adalah melayani, membatu, melengkapi, dan memenuhi. Kata administrasi yang sering digunakan dalam bahasa indonesia berasal dari bahasa belanda yaitu “ administratie” yang dalam bahasa inggris adalah “administration”. Menurut pendapat jhon M. P. Fiffer, administrasi adalah digunakan untuk sistem pencatatan, pengorganisasian , pengelompokan, dan penataan data dari sumber-sumber manusia untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
2.      Maksud Dan Tujuan Administrasi
Maksud dan tujuan dari diterapakan administrasi yang baik dan rapi adalah membantu kelancaran usaha dan pengelolaan perusahaan, khususnya dalam pencatatan dan pelaporan hasil usaha. Tujuan penting diterapkan administrsi yang baik adalah sebagai berikut :
a.      Mendapatkan informasi atas kegiatan usaha yang telah dilakukan oleh perusahaan.
b.      Mendapatkan data yang akurat dalam tujuan mengambil keputusan strategis (strategic decision making process) seperti keputusan pemodalan, keputusan investasi, keputusan efisien, dan keputasan penetapan harga .
c.       Penyusun program dalam rencana pengembangan usaha seperti waralaba (franchise) atau lisensi
d.      Mengetahui kinerja perusahaan dulu dan sekarang.
e.      Memperlancar proses-proses antar bagi dalam menjalakan pekerjaannya.
Adapun kegunaan utama dari catatan administrasi perusahaan adalah sebagai berikut :
a.      Administrasi digunakan sebagai alat bukti (catatanya)
b.      Administrasi digunakan sebagai alat manajemen (laporanya)
c.       Administrasi dibutuhkan sebagai penilian ( catatan dan laporannya)
3.      kegiatan administrasi
Kegiatan administrasi atau tata usaha meliputi seluruh pekerjaan pencatatan yang perlu dilakukan dalam perusahaan, antara lain :
a.      Menyelenggarakan pembukuan
b.      Membuat daftar gaji karyawan
c.       Mencatat penyenggaraan produksi
d.      Melakukan surat-menyurat kedalam dan keluar perusahaan
e.      Mencatatan pesanan-pesanan
f.        Melakukan pengarsipan dokumen
g.      Menyusun rencana anggaran perusahaan
4.      Jenis Pencatatan Dalam Administrasi
Sistem pencatatan administrasi harus disesuaikan dengan jenis usahanya, administrasi untuk berskala produksi dimulai proses permintaan dan penawaran bahan baku bunga proses pendistribusian, sedangkan untuk usaha yang tidak berskala produksi seperti usaha jasa, perdagangan dan kolsutan tidak ada pencatatan proses produksi. Sistem pencatatan dan administrasi untuk usaha yang berbasis produksi dapat digambarkan sebagai berikut :
a.      Pada Bagian Pembelian
Sistem administrasi dan pencatan yang harus diperhatikan pada bagian pembelian antara lain:
  Surat-menyurat (komersial)
  Letter of credit (latauc)
  Buku pembelian dan laporan pembelian
  Buku pengiriman barang dari pemasok (delivery order) dan tanda terima barang.
  Order pembelian (purchasenorder)
  Catatan transaksi pembelian
b.      Pada Bagian Proses Produksi
Sistem administrasi yang harus diperhatikan oleh bagian produksi antara lain :
  Semua kegiatan selama proses produksi
  Pencatatan mutu hasil produksi
  Pembuatan surat jalan
  Pencatatan biaya-biaya selama produksi berlangsung.
c.       Pada Bagian Pemasaran Dan Penjualan
Sistem administrasi dan pencatatan yang dilakukan bagian pemasaran dan penjualan, antara lain :
  Hasil dari kegiatan pemasaran dan penjualan
  Data penjualan dicatat dalam buku piutang
  Catatan dari seluruh proses pemasaran dan penjualan yang nantinya di catat kembali oleh akutansi untuk dihitung pendapatan
d.      Pada Bagian Keuangan
sistem pencatatan yang sering digunakan dalam manajemen keuangan biasanya terdiri dari dua jenis, antara lain :
  Sistem pencatatan secara continue ( terus-menerus)
  Sistem pencatatan secara periodic.
e.      Persiapan Surat-Menyurat
Sebagai media komunikasi dan informasi, surat memiliki beberapa fungsi, antara lain :
  Sebagai alat pengingat
  Sebagai pedoman
  Sebagi duta organisasi
  Sebagai alat bukti tertulis
  Sebagai sarana promosi
  Pengarsipan Dokumen
Kegiatan kearsipan merupakan salah satu kegiatan administrasi kantor yang sangat penting untuk dilakukan dalam sebuah usaha. Menurut George R. Terry, Ph.D dalam buku office managemenent and control, kearsipan adalah penetapan kertas-kertas dalam tempat-tempat penyimpanan yang baik, sesuai dengan aturan yang telah ditentukan terlebih dahulu . dengan demikian, semua dokumen perusahaan perlu disortir, dicatat, dan disimpan.
Langkah-langkah yang harus dilakukan dalam pengarsipan dokumen, yaitu:
1.      Pemeriksaan atau penyortiran dokumen
2.      Pengkodean dokumen
3.      Penyimpan dokumen
4.      Pencarian dokumen
5.      Penemuan kembali dokumen.
6.      Menginventariskan Kekayan Perusahaan
Menginventariskan kekayaan perusahaan adalah mencatat apa saja harta yang dimilki perusahaan, baik yang berwujud maupun tidak berwujud. Kekayaan perlu dijaga dengan sebaik-baiknya.
Langkah-langkah yang perlu diperhatikan dalam memelihara investaris, antara lain :
         Menyediakan ruang penyimpan khusus
         Menyiapkan peralatan sesuai dengan tempatnya
         Membuat kartu untuk perawatan
         Menepatkan tenaga terampil dalam penanganan dan pemeliharaan, serta perawatan peralatan
         Mengadakan pemeriksaan secara teratur
         Menjaga kebersihan dan keamanan
         Mengatur penerangan dan suhu ruangan
         Membuat gudang yang baik untuk  menyimpan barang
         Membuat pembukuan keuangan.
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------
PROSEDUR PENGURUSAN
SURAT IZIN

Merencanakan jenis usaha adalah merencanakan kegiatan yang dijalankan oleh setiap perusahaan, baik besar maupun kecil untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Kegagalan merencanakan jenis usaha bisa disebabkan :
1.         Kurangnya pengalaman di dalam bidang usaha
2.         Tidak ada perencanaan yang tepat
3.         Kurangnya dana untuk modal kerja usaha
4.         Tidak cocoknya minat atau interes terhadap bidang usaha

Seorang pengelola usaha baru dalam merencanakan usaha harus mencakup :
1.         Penelitian di dalam menetapkan jenis usaha
2.         Pencarian informasi tentang jenis usaha yang cocok
3.         Pembuatan pedoman tentang pelaksanaan kegiatan usaha
4.         Pembuatan program kegiatan usaha
5.         Pembuatan anggaran untuk melaksanakan kegiatan jenis usaha yang diinginkan.

1.  Mengurus Izin Usaha
      Izin usaha adalah alat untuk membina, mengarahkan, mengawasi dan melindungi pengelolaan usaha.
Surat Izin Usaha, antara lain :
1.         Surat Izin Tempat Usaha (SITU) dan Izin HO (Lingkungan)
SITU/HO umumnya dikeluarkan oleh Pemda Tk 1 dan T 2 sepanjang ketentuan-ketentuan undang-undang gangguan (HO) mewajibkannya.
Prosedur pengurusan surat izin tempat usaha atau izin HO, antara lain :
1.         Meminta izin tertulis dari tetangga
2.         Setelah diketahu RT dibawa ke Kelurahan dan Kecamatan
3.         Selanjutnya dibawa ke kota/kabupaten untuk memperoleh SITU/HO
4.         Membayar biaya izin dan heregistrasi.
Kelengkapan persyaratan SITU
1.         Permohonan yang telah disediakan
2.         Foto copy KTP
3.         Foto copy akta tanah
4.         Foto copy pembayaran PBB
5.         Surat persetujuan dari masyarakat diketahu Kades dan Camat
6.         Rekomedasi dari Camat
7.         Foto copy IPPL dari Dinas Tata Ruang
8.         Izin lokasi dari BPN
9.         Foto copy IMB
10.     Surat dari BKPM/BKPMD
11.     SITU/IUUG
12.     Foto copy NPWP
13.     Foto copy retribusi
14.     Foto copy akta pendirian perusahaan yang berbadan hokum
15.     Surat pelimpahan penggunaan tanah

2.  Penetapan Besarnya Retribusi
a. Ketentuan tata cara perhitungan retribusi SITU, adalah
Luas ruang usaha x angka indeks lokasi x angka indeks gangguan x tarif
1.         Tarif luas ruang usaha
2.         Indeks lokasi
3.         Klasifikasi indek gangguan
4.         Ketentuan tata cara perhitungan retribusi heregistrasi.

3.   Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)
SIUP adalah surat izin yang diberikan oleh menteri atau pejabat yang ditunjuk mkepada pengusaha untuk melaksanakan usaha dibidang perdagangan dan jasa.
Beberapa keuntungan dengan memiliki SIUP adalah
1.         Mendapat jaminan perlindungan hokum untuk kelangsungan dan kepastian usaha
2.         Mempermudah dalam proses pengajuan kredit kepada perbankan/lembaga keuangan
3.         Bukti memiliki dan menjalankan usaha bila akan melakukan kerjasama dengan pihak ketiga
4.         Mendapat prioritas pembinaan dari instansi pemerintah yang menangani pembinaan usaha kecil.
Tata cara memperoleh SIUP adalah :
1.         Datang ke Bag. Urusan Perizinan, Kantor Dinas Perindustrian dan Perdagangan Daerah TK 1 atau TK 2
2.         Mengisi dan mengajukan Surat Pengajuan Izin (SPI) dengan melampirkan syarat :
1.         Foto copy akta notaries tentang pendirian usaha
2.         Foto copy dari pemilik perusahaan
3.         Pas poto dari pemilik perusahaan 4 lembar, ukuran 3 x 4 cm
4.         Menyerakan kembali formulir danpersyaratan lainnya kepada petugas bagian perizinan.
Jika permohonan memenuhi syarat, maka pemohon akan menerima Surat Perintah Membayar (SPM) untuk membayar uang jaminan dan Biaya Administrasi Perusahaan (BAP) pada bank yang ditunjuk.
Jika permohonan diterima, pemohon mendapat SPM untuk :
1.         Membayar uang jaminan sebesar Rp 5.000,- dan BAP sebesar Rp 10.000,-
2.         Menyerahkan bukti pembayaran uang jaminan danBAP ke bagian urusan perizinan kantor  Deparindag.
Beberapa hal yang harus dilakukan bila seorang pengusaha menerima SIUP
1.         SIUP asli atau foto copy dipajang ditempat usaha
2.         Cantumkan nomor SIUP pada kop surat, faktur, papan nama perusahaan, dll.
3.         Laporkan perkembangan usaha secara tertulis dan berkala pada pejabat terkait
4.         Berikan informasi atau data kepada pejabat terkait yang membutuhkan.
Segera melapor pada kantor Deparindag, apabila :
1.         SIUP hilang, dengan dilampiri Surat Keterangan Kehilangan
2.         SIUP rusak
3.         Ada gangguan pemilik atau penanggung jawab perusahaan
4.         Pindah alamat usaha
5.         Pergantian golongan usaha, dari perusahaan kecil menjadi menengah atau besar
6.         Menghentikan kegiatan usaha atau tutup.
Dalam menjalankan perusahaan, pemilik wajib mentaati syarat sebagai berikut :
1.         Keamanan
2.         Kesehatan
3.         Ketertiban
4.         Syarat-syarat lain

4. Pengurusan Pajak
a. Pengajuan NPWP
Pada umunnya yang diwajibkan di daftar dan mendapatkan NPWP adalah :
1.         Badan yang memiliki subyek pajak penghasilan yaitu PT, CV, Firma, BUMN/BUMD
2.         Orang perorangan/pribadi wajib pajak yang mempunyai penghasilan netto di atas penghasilan tidak kena pajak (PTKP)
b.  Fungsi Pajak
1. Untuk mengetahui identitas wajib pajak
2. Untuk menjaga ketertiban dalam pembayaran pajak
3. Sebagai sarana pengawasan administrasi perpajakan.
c.   Pencantuman NPWP
1. Formulir pajak yang digunakan wajib pajak
2. Surat menyurat dalam hubungan perpajakan
3. Dalam hubungan dengan instansi tertentu yang mewajibkan mengisi NPWP.
d.   Pendaftaran NPWP
Dokumen-dokumen yang harus disiapkan adalah  :
1.         Foto copy akta pendirian atau akta perubahan yang terakhir
2.         Foto copy SITU atau surat keterangan dari instansi yang berwenang
3.         Foto copy KTP/Kartu Keluarga/Paspor pengurus
4.         Foto copy kartu NPWP Kantor Pusat/Cabang
5.         Surat Kuasa bagi yang mewakilinya.
6.         Penghapusan NPWP
1.         Wajib pajak meninggal untuk perseorangan, bubar untuk badan usaha
2.         Wajib pajak wanita kawin dan tidak pisah harta
3.         Warisan telah selesai dibagi

5. Membuka Rekening Bank
Prosedur untuk membuka rekening bank adalah dengan  mendaftarkan diri di bank dan mengisi formulir pendaftaran yang berisi :
1.         Pemilik kegiatan usaha
2.         Alamat
3.         Nama pengurus
4.         Alamat dan pengenal pengurus
5.         Tanggal mulainya usaha
6.         Nama referensi

6. Tanda Daftar Perusahaan (TDP)
Tanda Daftar Perusahaan (TDP)/Nomor Registrasi Perusahaan (NRP). Setelah memiliki SIUP dan NPWP, wirausaha bisa mendaftarkan perusahaannya ke Deparindag setempat dengan prosedur sebagai berikut :
1.         Mengisi formulir pendaftaran
2.         Melampirkan  foto copy KTP, NPWP, SIUP dan Akta Pendirian
3.         Membayar biaya administrasi ke Bank BNI 1946 setempat
4.         Dengan menunjukkan bukti pembayaran, wirausaha dapat mengambil tanda daftar perusahaannya.

7. Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL)
AMDAL adalah studi mengenai akibat pada lingkungan sebagai akibat aktivitas kegiatan usaha.
Jenis usaha yang diperkirakan mempunyai pengaruh besar terhadap keseimbangan ekosistem diantaranya
1.         Jenis usaha pengolahan lahan dan bentang alam
2.         Jenis usaha eksploitasi daya alam baik yang terbaru maupun yang tidak
3.         Jenis usaha yang hasilnya dapat mempengaruhi lingkungan social dan budaya
4.         Jenis usaha yang hasilnya dapat mempengaruhi pelestarian kawasan konservasi sumber daya alam dan atau lingkungan cagar budaya
5.         Jenis usaha proses dan kegiatan yang pemanfaatanya secara potensial dapat menimbulkan pemborosan, kerusakan dan kemerosotan sumber daya alam
6.         Jenis usaha introduksi jenis tumbuh-tumbuhan, jenis hewa dan jasa renik
7.         Jenis usaha pembuatan dan penggunaan bahan hayati dan non hayati
8.         Jenis usaha penerapan teknologi yang diperkirakan mempunyai potensi besar untuk memengaruhi lingkungan
9.         Jenis usaha yang mempunyai resiko tinggi, dan mempengaruhi pertahanan Negara.

Dokumen yang perlu dipersiapkan dalam mengurus AMDAL adalah :
1.         Foto copy KTP/SIM dari penanggung jawab/pemilik
2.         Foto copy akta pendirian perusahaan
3.         Foto copy SITU
4.         Foto copy NPWP
5.         Foto copy NRP
6.         Foto copy denah, gambar, lokasi perusahaan yang menimbulkan dampat terhadap lingkungan


PERSIAPAN MENDIRIKAN USAHA

1. PERMODALAN
Kebutuhan modal usaha yang perlu dikaji adalah kebutuhan modal awal agar kegiatan usaha tersebut dapat berjalan.
a. Jenis-jenis modal usaha
Modal awal diperlukan untuk membayar berbagai pembiayaan, misalnya pembelian tanah dan gedung, perabot dan peralatan, iklan dan promosi sebelum memulai usaha, pembelian mesin, penyediaan barang dan inventaris, biaya mengurus sertifikat dan izin usaha, honorarium tenaga professional serta listrik dan telepon, pengeluaran-pengeluaran investasi dan modal kerja.
Modal investasi adalah biaya untuk pembelian barang yang bersifat investasi.

Macam-macam Investasi
1.         Investasi Baru, artinya pembelian berbagai barang modal untuk jangka waktu tertentu sebagai tambahan persediaan barang-barang modal yang telah ada
2.         Investasi Ulang, artinya nilai dari barang-barang modal yang dipergunakan untuk mengganti barang modal yang telah tua.
3.         Investasi tidak langsung adalah investasi yang terjadi secara tidak langsung sebagai akibat tambahan permintaan yang mula-mula ditujukan pada barang konsumsi.
4.         Investasi bebas, artinya investasi yang tidak tergantung pada besarnya pendapatan.

Modal kerja adalah sejumlah dana yang tertanam aktiva lancer, aktiva lancar adalah harta kegiatan usaha yang dapat dijadikan uang tunai dalam kurun waktu satu tahun atau kurang.
Wirausahawan akan memerlukan modal kerja untuk membiayai  pengeluaran-pengeluaran  sebagai berikut :
1.         Membeli persediaan bahan baku dan barang jadi
2.         Promosi
3.         Gaji karyawan
4.         Sewa
5.         Asuransi dan biaya-biaya lain.

Dalam hal menggunakan modal untuk belanja perusahaan dibedakan menjadi 2 (dua)  macam, yaitu  :
1. Pembelanjaan Parsial
Adalah perusahaan melihat masing-masing aktiva secara individu, artinya untuk masing-masing aktiva diperlukan dana tersendiri sesuai dengan cara dan lamanya dana berputar.

2. Pembelanjaan Total
Adalah perusahaan melihat dana yang ditanamkan secara menyeluruh. Untuk modal permanent memakai modal kontan yang diambil dari modal sendiri atau jangka panjang, sedangkan untuk modal yang berubah-ubah diambil dari kredit jangka pendek.
Aliran Dana Dalam Perusahaan
1. Dana Kas Masuk (Cash in flow)
Adalah dana yang bersifat terus menerus, yang berupa hasil penjualan dan penerimaan dari piutang.
2. Dana Kas Keluar (Cash out flow)
Adalah dana yang bersifat terus menerus, misalnya pajak, gaji, membeli bahan baku.

Perhitungan Modal Kerja
Modal kerja terdiri atas komponen-komponen sebagai berikut :
1.  Persediaan bahan baku dan barang-barang jadi
Perusahaan manufaktur memerlukan bahan baku untuk memproduksi barang, perusahaan jasa memerlukan bahan dan pedagang eceran serta grosir memerlukan persediaan barang jadi untuk dijual.
2.  Promosi, gaji, sewa tempat
Masalah promosi harus diperhatikan dan kebutuhan modal promosi harus dianggarkan,
juga dengan gaji para karyawan, biaya operasional serta untuk sewa gedung.
3.  Asuransi
Polis asuransi harus dibayar ketika usaha dimulai, karena itu perlu modal awal untuk membayar semua asuransi tersebut, yang tidak kalah penting listrik, telepon,alat tulis kantor, transportasi dan perizinan, dsb.

Cara Perhitungan Modal Kerja
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam perhitungan modal kerja, yaitu :
a. Kebutuhan uang tunai satu hari, dan
b. Jangka waktu keterikatan modal

Contoh :
Bapak Darmawan membuka koperasi yang menjual kebutuhan pokok/toserba disebuah kantor, dimana pekerjanya menerima gaji per minggu. Setiap hari ia belanja untuk keperluan uasaha sebesar Rp 5.000.000,-. Berapa modal kerja yang dibutuhkan dan berapa jangka waktu keterikatan dana ?

Jawab :
a. Modal kerja yang diperlukan Rp 5.000.000,-
b. Jangka waktu keterikatan dana selama 7 hari

Sumber Dana
Beberapa sumber dana untuk  mendapat dana, yaitu :
1. Meminjam uang dari teman atau saudara
2. Kredit dari supplier
3. Meminjam uang dari bank atau lembaga keuangan

Pada dasarnya sumber dana untuk kegiatan usaha berasal dari dua sumber, yaitu :
1.  Sumber dana dari kegiatan itu sendiri (intern)
adalah sumber dana untuk kegiatan usaha yang berasal dari aktivitas kegiatan usaha itu sendiri.
Sumber dana intern berasal dari dua sumber, yaitu :
1.         Laba yang ditahan (returned earning), adalah hasil usaha pada perhitungan rugi/laba  tahun yang sudah berlalu yang tidak diambil atau tidak dibagikan.
2.         Akumulasi penyusutan, yaitu kumpulan dari biaya penyusutan untuk aktiva tetap, misalnya mobil, mesin, peralatan, dsb.
2. Sumber dana dari luar kegiatan usaha (ekstern)
adalah sumber dana yang berasal dari luar kegiatan usaha atau tidak berasal dari aktivitas usaha sebelumnya.
Sumber dana ekstern dapat berasal dari :
1.         Pemilik
2.         Penjualan saham baru
3.         Pinjaman :
1.         Pinjaman dari investor, dapat berupa penerbitan obligasi
2.         Pinjaman dari bank, dengan mengajukan permohonan kredit ke bank.

Untuk menanamkan kepercayaan, baik pada investor maupun bank untuk memberikan kredit ada 5 (lima) masalah pokok yang harus dijaga, yaitu :
1.         Character (watak), yaitu menyangkut watak atau tabiat pemilik atau pengelola usaha
2.         Capacity (kemampuan), yaitu menyangkut kemampuan pemilik atau pengelola usaha, baik  dalam bidang manajemen maupun keuangan
3.         Capital (modal), yaitu keseluruhan kekayaan yang dimiliki kegiatan usaha
4.         Colleteral (jaminan), yaitu asset yang dapat dijual oleh pemberi kredit, bila saat pengembalian yang dijanjikan tidak memenuhi kewajiban.
5.         Condition (keadaa), yaitu situasi ekonomi dan politik pada waktu pemberian kredit.
Kredit dan Cara Perolehannya
Kredit adalah penyediaan uang atau tagihan yang dapat dipersamakan dengan itu berdasarkan persetujuan atau kesepakatan antara pihak bank dengan  pihak lain/peminjam, yang mewajibkan pihak peminjam untuk melunasi kewajibannya setelah jangka waktu tertentu dengan jumlah bunga, imbalan atau pembagian keuntungan.

Kredit akan terjadi bila memenuhi syarat berikut ini :
  1. Adanya peminjam dan pemberi pinjaman
  2. Adanya uang atau produk yang dapat dinyatakan dalam bentuk uang
  3. Adanya kesepakatan diantara keduanyam, mengenai :
    1. Nilai uang/produk
    2. Bunga atau imbalan
    3. Jangka waktu pengembalian
    4. Sanksi terhadap pelanggaran perjanjian pinjaman
Macam-macam Jenis Kredit
Dilihat dari jangka waktu pengembalian kredit dibagi menjadi 3 (tiga), yaitu :
  1. Kredit  jangka pendek, adalah kredit dengan jangka waktu pengembalian selama-lamanya satu tahun, contoh : tanaman musiman
  2. Kredit jangka menengah, adalah kredit dengan jangka waktu pengembalian antara satu sampai tiga tahun
  3. Kredit jangka panjang, adalah kredit dengan jangka waktu pengembalian lebih dari tiga tahun, contoh : kredit untuk modal kerja

Dilihat dari penggunaan dana pinjaman kredit dapat dibagi menjadi 5 (lima), yaitu :
  1. Kredit investasi, yaitu kredit yang digunakan untuk membiayai barang modal, contoh tanah, mesin, bangunan, dll.
  2. Kredit modal kerja, yaitu kredit yang digunaan untuk membiayai modal kerja, contoh : pembelian bahan baku, persediaan barang, piutang dagang, dll.
  3. Kredit off share, adalah kredit yang diberikan kepada nasabah dalam negeri dalam bentuk valuta asing
  4. Kredit on share, adalah yang diberikan kepada nasabah dalam negeri dalam bentuk valuta asing, contoh kredit investasi dalam bentuk dollar Amerika.
  5. Kredit konsumsi, adalah kredit yang diberikan untuk konsumsi peminjam, contoh membeli kendaraan, pembelian rumah, peralatan elektronika

Dilihat dari penerima kredit dibagi menjadi 2 (dua), yaitu :
  1. Manusia pribadi, adalah penerima kredit perorangan atau pribadi
  2. Badan Hukum, adalah penerima kredit berbentuk badan hokum

Dilihat dari perhitungan pendapatan bunga, kredit dibagi menjadi 3 (tiga), yaitu :
  1. Sinding rate (bunga berbunga), adalah perhitungan beban bunga yang semakin lama semakin menurun dari periode  ke periode.
  2. Flate rata (bunga tetap), adalah perhitungan bunga tetap meskipun nilai pokok pinjaman menurun sebagai akibat pembayaran pokok pinjaman
  3. Floating rate (berdasarkan bunga di pasar uang), adalah perhitungan bunga yang didasarkan perhitungan bunga di pasar uang dalam negeri maupun pasar uang internasional.

Penentuan dan Mengurus Tempat Usaha
Alasan pemilihan lokasi kegiatan usaha, yaitu :
  1. Lokasi kegiatan usaha karena terkait dengan alam
Contoh : Usaha pertambangan
  1. Lokasi kegiatan usaha berdasarkan sejarah
Contoh : Usaha batik pekalongan, usaha ukiran dari Jepara
  1. Lokasi kegiatan usaha berdasarkan ketentuan pemerintah
Contoh : Kawasan industri di Cilegon. Kawasan industry di Pulo Gadung
  1. Lokasi kegiatan usaha karena factor-faktor ekonomi
    1. Dekat dengan bahan baku
Contoh : Pabrik baja Krakatau Stell
  1. Dekat dengan konsumen
Contoh : Rumah Makan Padang di pusat Keramaian
  1. Dekat dengan tenaga kerja
Contoh : Pabrik Rokok di Kudus
  1. Dekat dengan sumber energy
Contoh : PLTA di dekat air terjun
  1. Mendapatkan kebijakan dari pemerintah
Contoh : Kebijakan mobil nasional

Lokasi Usaha yang ideal adalah :
  1. Letaknya yang strategis
  2. Dekat dengan bahan-bahan dasar
  3. Dekat dengan pasar
  4. Tenaga kerja mudah di dapat
  5. Biaya transportasi yang murah
  6. Dekat dengan para konsumen
  7. Sarana angkutan mudah dan banyak
  8. Fasilitas pemerintah sangat menunjang
  9. Fasilitas tenaga penggerak/energy mudah di dapat
  10. Sosial ekonomi konsumen sangat baik

Fasilitas dan Bahan Baku
Bahan baku, sesuatu yang sangat penting. Kegiatan proses produksi tidak mungkin dapat dilaksanakan manakala bahan yang akan diproses belum/tidak tersedia/ Mengadakan bahan baku hendaknya dipersilahkan dengan sebaik-baiknya agar dalam proses produksi tidak mengalami gangguan dan hambatan.
Untuk masalah tersebut dapat dikatakan persediaan barang (inventories) digunakan untuk barang-barang atau bahan-bahan sbb :
  1. Barang dagangan yang disimpan untuk dijual kembali sesuai perputaran normal suatu usaha dagang
  2. Bahan-bahan baku dan barang dalam proses produksi
  3. Bahan atau barang yang disimpan untuk dipakai

SUMBER DAYA MANUSIA DAN
ADMIINISTRASI USAHA

Sumber Daya Manusia (SDM)
            Sumber daya yang diperlukan untuk  menjalankan kegiatan usaha adalah sumber daya manusia, sumber daya alam, sumber daya modal, sumber daya manajerial dan teknologi.

Sumber daya manusia, adalah tenaga kerja yang diperlukan untuk menjalankan kegiatan usaha, terbagi menjadi :
  1. Tenaga kerja terlatih, menempati posisi yang memerlukan keterampilan teknis
Contoh : mengebor, mengelas, dan memperbaiki instalasi listrik
  1. Tenaga kerja terdidik, menempati posisi yang membutuhkan daya analisa dan pemikiran
Contoh : bagian keuangan, bagian TI (Teknologi Informasi), bagian olah data
  1. Tenaga kerja tidak terlatih dan tidak terdidik, menempati posisi  yang tidak vital di perusahaan dan tidak memerlukan keterampilan dan keahlian tinggi
Contoh : cleaning service, penjaga ruangan

Sumber daya alam, adalah factor alam yang dibutuhkan untuk kepentingan produksi, terbagi menjadi :
  1. Sumber daya alam yang dapat diperbaharui (Renewable)
  2. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui (Non Renewable)
Sumber daya modal, adalah sumber daya keuangan, mencari sumber dana untuk modal usaha dan mengelola  asset financial merupakan faktor penting bagi kelancaran usaha.

Sumber daya manajerial, adalah bagian dari sumber daya manusia, yaitu tenaga kerja harus memiliki kemampuan mengelola dan mengorganisir seluruh sumber daya lainnya untuk mencapai tujuan perusahaan.

Teknologi, adalah katalisator  bagi peningkatan efisiensi produksi.

Karyawan, sebagai sumber daya manusia yang dimiliki merupakan bagian terpenting bagi perusahaan, karena karyawan merupakan sumber daya aktif yang mengolah sumber daya lainnya.

Proses Pengadaan Karyawan
  1. Tahap Perekrutan
    1. Memasang iklan di media masa
    2. Bekerja sama dengan lembaga pendidikan
    3. Bekerja sama dengan bahan penyalur tenaga kerja
    4. Menarik karyawan dari perusahaan lain
    5. Departemen tenaga kerja
    6. Tahap Seleksi
Ujian saringan, baik tertulis (psikotes, tes potensi akademik), maupun lisan (wawancara)
Pertanyaan2  yang diajukan adalah :
  1. Pengalaman yang terdahulu
  2. Kelebihan dan kekurangan yang dimiliki calon karyawan
  3. Bukti keterampilan yang dimiliki
  4. Referensi dari pihak ketiga
  5. Tahap Penempatan Karyawan
“The right man in the right place”
Harus dihendari unsure subyektivitas dalam penempatan karyawan hanya karena atasan mereka tidak suka, karyawan yang memiliki kualitas ditempatkan pada posisi yang tidak seharusnya, sehingga menurunkan efisien karja karyawan tersebut.
  1. Tahap Pembinaan Karyawan
Penempatan karyawan dapat dilakukan melalui pelatihan. Pelatihan dapat dilakukan secara internal (pihak perusahaan yang mengadakan) atau eksternal (pihak perusahaan bekerja sama dengan  lembaga lain).

Beberapa hal  yang harus diperhatikan dalam pelatihan, yaitu :
  1. Sasaran pelatihan dan kebutuhan perusahaan
  2. Latar belakang karyawan
  3. Indikator keberhasilan setelah mengikuti pelatihan
  4. Manfaat pelatihan bagi karyawan berkaitan dengan penempatan yang dilakukan.

Administasi Usaha
Administrasi, manajemen dan kepemimpinan adalah tiga serangkai yang tidak dapat dipisahkan, sebab satu sama dengan lainnya  mempunyai keterkaitan kegiatan usaha  dalam  rangka kerjasama untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Administrasi dapat dikatakan sebagai kulit daripada manajemen, dan manajemen intisari daripada administrasi , sedangkan kepemimpinan intisari dari manajemen.

Fungsi-fungsi Administrasi
  1. Mencatat alat-alat perlengkapan organisasi dan kegiatan-kegiatannya ke dalam buku administrasi
  2. Memelihara buku-buku administrasi
  3. Menyediakan, melengkapi dan mengelola buku-buku administrasi
  4. Mengerjakan buku-buku administrasi sesuaim dengan ketentuan yang berlaku

Maksud dan Tujuan Administrasi
  1. Pengelola usaha dapat memonitoring kegiatan administrasi perusahaannya
  2. Pengelola usaha dapat mengevaluasi kegiatan pengorganisasian perusahaan.
  3. Pengelola usaha dapat menyusun program pengembangan usaha dan kegiatan pengorganisasian
  4. Pengelola usaha dapat mengamankan kegiatan usaha dan organisasi perusahaan.

Kegunaan Administrasi
  1. Alat manajemen bagi seorang pengelola usaha
  2. Alat penelitian bagi seorang pengelola usaha
  3. Alat bukti tentang pertanggung jawaban seorang pengusaha usaha di dalam manajemen kegiatan usaha

Cara Mencatat Barang-barang milik perusahaan
  1. Sistem pencatatan terus menerus, semua kekayaan milik perusahaan dicatat secara kontinu
  2. Sistem pencatatan secara berkala, setiap ada transaksi penjualan hanya penerimaan uang atau piutanglah yang diadministrasikan

ANALISIS ASPEK KEUANGAN

            Analisis aspek keuangan dapat dimulai dengan menghitung kebutuhan modal dan sumber pendanaannya.Kebutuhan modal usaha adalah kebutuhan modal awal agar kegiatan usaha dapat berjalan, dapat dibagi menjadi :
  1. Kebutuhan modal untuk harta tetap atau barang investasi
  2. Kebutuhan modal untuk membiayai kegiatan operasional
  3. Kebutuhan modal kerja, yaitu modal yang harus selalu ada di perusahaan untuk menjaga agar kegiatan usaha dapat berjalan dengan lancar.

Dalam kegitan produksi, kebutuhan modal kerjadihitung dari komponen-komponen berikut ini :
  1. Biaya untuk stock bahan baku
  2. Biaya untuk produk jadi
  3. Biaya untuk produk yang masih dalam proses
  4. Biaya untuk produk jadi yang telah dikirim ke pembeli
  5. Uang kas yang harus disediakan untuk gaji karyawa

Kebutuhan modal kerja dapat dihitung dengan cara :
  1. Menentukan kebutuhan modal kerja tiap hari, contoh : Y Rupiah
  2. Menghitung berapa hari modal keja tertanam pada barang, contoh : X hari
  3. Perhitungan modal kerja usaha adalah : Y x X


ANALISIS ASPEK POTENSI PASAR


Analisis pasar diarahkan pada
  1.  Kondisi pemasaran
    1. Perkembangan jumlah penawaran dan permintaan produk yang akan dihasilkan
    2. Perkembangan harga produk selama ini
    3. Siapa saja produsen utama produk tersebut
    4. Jalur pemasaran produk tersebut
    5.  Mengestimasi pemasaran di masa yang akan datang
      1. Proyeksi jumlah permintaan dan penawaran produk yang akan dihasilkan
      2. Proyeksi jumlah produk yang akan dipasarkan
      3. Kebijakan pemesanan produk yang akan dihasilkan
-       Tingkat berapa produk akan di jual
-       Mutu produk apa saja yang akan dijual
-       Kepada siapa produk akan dijual
-       Jalur pemasaran yang bagaimana yang digunakan


ANALISA ASPEK PRODUK

  1. William J. Stanton, produk adalah seperangkat atribut baik berwujud maupun tidak berwujud termasuk di dalamnya masalah pembungkusan, warna, harga, nama baik perusahaan, nama baik pengecer serta pelayanan perusahaan dan pengecer yang diterima oleh  pembeli guna memuaskan keinginannya.

  1. Drs, Basu Swastha, DH, MBA, produk adalah suatu sifat yang komplek baik dapat diraba atau tidak dapat dirabam termasuk bungkus, warna, harga prestise perusahaan dan pengecer, pelayan an perusahaan dan pengecer yang diterima oleh pembeli untuk memuaskan keinginan atau kebutuhannya.

Atribut Produk
Merek dagang
Adalah sebuah nama, istilah, tanda, symbol atau desain atau kombinasi dari semuanya dimaksudkan untuk mengidentifikasikan produk atau jasa dari seseorang penjual atau kelompok penjual . Nama Merek : Sunsilk, Honda, Chevrolet

Tanda Merek      :  Singa untuk perusahaan Film, Kuda Laut untuk Pertamina, Gajah untuk sarung.
Merek Dagang  :  merek yang mendapat perlindungan hukum
Hak Cipta           :  hak sah untuk memproduksi, menerbitkan dan menjual bahan, bentuk tulisan, musik dan karya seni

Syarat-syarat Brand/Cap/Merek
  1. Mudah diingat
  2. Menimbulkan kesan positif
  3. Tempat untuk promosi
  4. Memilih ciri khas sendiri
  5. Didaftarkan dan dilindungi hak paten

Kemasan         : seluruh kegiatan merancang dan memproduksi bungkus atau kemasan suatu produk.
Label               : suatu bagian dari sebuah produk yang membawa informasi verbal tentang produk atau tentang penjualannya.
Harga              : jumlah uang untuk mendapatkan sejumlah kombinasi dari barang beserta
pelayanannya.




Tingkatan/siklus pelayanan adalah :
  1. Atraksi, adalah segala pelayanan yang bertujuan menarik perhatian pembeli agar mau berbelanja di toko
  2. Service, adalah pelayanan yang langsung dirasakan diterima oleh konsumen pada saat berkunjung ke took
  3. Comfort, adalah pelayanan yang menanamkan rasa kenikmatan dan suasana santai bagi konsumen sehingga ia merasa betah selama berada dalam lingkungan took
  4. Buying service, adalah pelayanan bertujuan memperlancar proses jual beli dengan cara mempermudah konsumen dalam memilih kebutuhannya.

Jaminan
Adakah salah satu unsur produk yang ditawarkan produsen untuk memberikan rasa aman kepada konsumen atas produk yang dibelinya.

Pelanggan
Harapan yang dibutuhkan pelanggan adalah :
  1. Sikap bersahabat
  2. Hormat dan ramah
  3. Mengetahui informasi/masalah yang diinginkan pelanggan
  4. Perhatian
  5. Pelayanan yang cepat dan tepat
  6. Rasa aman dan nyaman

Pesaing
Persaingan dapat dibedakan :
  1. Persaingan murni
Yaitu persaingan  barang yang diperdagangkan homogeny
  1. Persaingan tidak sempurna
Yaitu persaingan yang disebabkan harga lebih tinggi dari harga barang sejenis dengan merk lain
  1. Persaingan monopolistik
Yaitu persaingan yang terdapat jumlah besar penjul benda khusus
  1. Oligopoli
Yaitu persaingan yang memiliki beberapa penjual menguasai pasar.


PENGELOLAAN USAHA KECIL

Mengelola Fasilitas dan Bahan Baku
Fasilitas adalah semua kemudahan yang diperlukan  oleh perusahaan baik berupa barang-barang bergerak maupun barang-barang yang tidak bergerak yang digunakan untuk menunjang kegiatan operasional.
Ada dua macam barang bergerak, yaitu barang yang habis pakai dan barang yang tidak habis pakai. Barang habis pakai adalah barang-barang yang volumenya makin lama makin menyusut dan akhirnya habis karena digunakan untuk kegiatan operasional. Sedangkan barang yang tidak habis pakai adalah barang yang dapat dipakai secara terus menerus dan mengalami penyusunan volume yang dapat dipakai dalam jangka waktu panjang.

Untuk keperluan tersebut diperlukan hal-hal berikut :
  1. Tempat Produksi/Lokasi
Merupakan faktor penting dalam kegiatan usaha, oleh karena itu perlu diperhatikan dimana lokasi kegiatan usaha akan dilaksanakan agar daya guna dan hasil guna dapat tercapai.
  1. Sistem Produksi
Dalam menentukan kegiatan produksi, perlu diperhatikan mengenai system yang digunakan dalam system produksi, apakah prosesnya paralel berurutan atau hanya produksi hanya bagian tertentu dari barang
  1. Sistem Distribusi
Kegiatan produksi dan hasilnya harus ditunjang oleh system distribusi yang tepat, biaya murah, keamanan terjamin dan tepat sasaran.

Tata Ruang Kegiatan Usaha
            Tata ruang kegiatan usaha adalah susunan peralatan, mesin-mesin, perabot, hiasan bahan baku dan bahan jadi secara teratur dan menarik hingga mendukung keberhasilan kegiatan usahanya.Tata ruang dibagi menjadi 4 (empat) bagian, yaitu :
  1. Tata ruang berdasarkan proses/lay out fungsional
  2. Tata ruang berdasarkan produk/lay out garis
  3. Tata ruang kelompok/lay out group
  4. Tata ruang posisi tetap

Pengelolaan Persediaan Bahan Baku
            Persediaan adalah cadang bahan baku yang belum digunakan.
Antara lain :
  1. Bahan mentah
  2. Komponen rakitan
  3. Bahan pembantu/penolong
  4. Barang dalam proses
  5. Barang jadi

Fungsi Persediaan
  1. Decoupting, yaitu memungkinkan memberikan kebebasan terhadap berbagai operasi perusahaan internal maupun eksternal
  2. Economic lot size, yaitu untuk penghematan dengan mengurangi biaya-biaya per unit .
  3. Antisipasi, yaitu fluktuasi permintaan diperkirakan keadaan atas pengalaman masa lalu

Biaya Persediaan
  1. Biaya penyimpanan  (holding cost), yaitu biaya-biaya yang bervariasi secara langsung dengan kuantitas persediaan, misalnya : biaya asuransi, biaya pajak, biaya pemeliharaan, dll
  2. Biaya pemesanan/pembelian (order cost), yaitu biaya-biaya yang timbul dari kegiatan proses pembelian, misalnya : biaya pengepakan, biaya pemeriksaan, biaya pengiriman, dll.
  3. Biaya penyiapan (set up cost), yaitu biaya yang tidak dibeli tapi diproduksi sendiri, misalnya biaya mesin, biaya penjadwalan, biaya ekspedisi, dll
  4. Biaya kehabisan/kekurangan bahan (hortage cost), yaitu biaya yang muncul akibat persediaan tidak mencukupi jumlah permintaan, misalnya : biaya ekspedisi, biaya selisih harga, biaya pemesanan khusus, dll.
Proses pengelolaan bahan baku terdiri dari dua proses, yaitu :
  1. Proses pemesanan
  2. Proses penyimpanan

Pengoperasian Peralatan
  1. Pengeoperasian pesawat telepon
  2. Mengoperasikan alat catat dan alat hitung

Mengelola Sumber Daya Manusia
  1. Peran personal dalam pengelolaan usaha
Langkah-langkah atau kegiatan-kegiatan sumber daya manusia, yaitu :
  1. Perencanaan (organisasi, tenaga kerja, informasi pegawai, analisa pekerja)
  2. Penilaian prestasi (pelaksanaan pekerja, penilaian manajemen, penilaian kecakapan)
  3. Seleksi (penerimaan, penarikan, wawancara, tes, pengawasan, penempatan)
  4. Pengembangan dan latihan (upah, latihan, lat pengawas, pengembangan manajemen, program pendidikan dan beasiswa)
  5. Administrasi gaji dan upah (penilaian pekerjaan, system pembayaran, hadiah dan perangsang, imbalan jasa)
  6. Lingkungan kerja (program keamanan, pelayana medis, kondisi kerja, keamanan pabrik)
  7. Pengawasan pelaksananaan  pekerja (proses disiplin pegawai, penyuluhan pegawai, kenaikan pangkat pegawai, pemindahan pegawai, memberhentikan pegawai)
  8. Hubungan perburuhan (kegiatan organisasi perusahaan, perjanjian kerja, keluhan, usaha perantara)
  9. Kesejahteraan social (hari libur, hari raya, cuti, asuransi, rencana pension, rekreasi, kegiatan social, bantuan keuangan dan hokum, perumahan, pemindahan dan pengangkutan, fasilitas makanan)
  10. Penilaian dan riset (laporan, dokumentasi dan inventarisasi, pengumpulan fakta)

  1. Pengadaan Karyawan
Langkah-langkah pengadaan personal
  1. Memasang iklan
  2. Membuat daftar nama yang akan di wawancarai
  3. Memeriksa persyaratan para pelamar
  4. Mewawancarai pegawai yang sudah terdaftar
  5. Menentukan tes/ujian
  6. Memilih pelamar yang cocok
  7. Poster surat edaran
  8. Keluarga dan para tetangga

  1. Sumber-sumber tenaga kerja
    1. Teman pegawai perusahaan
    2. Badan penempatan tenaga kerja
    3. Lembaga pendidikan
    4. Advertensi
    5. Sumber lainnya

Mengelola Proses Produksi
            Proses produksi adalah cara dan teknik bagaimana sesungguhny kegiatan yang didukung oleh tenaga kerja, mesin, bahan baku dan dana mempunyai tujuan.

Perencanaan proses produksi, seorang pengelola harus memperhatikan :
  1. Manfaat produk bagi konsumen
  2. Permintaan pasar terhadap produk
  3. Potensi perusahaan untuk memperoleh keuntungan
  4. Fasilitas untuk proses produksi
  5. Kekuatan persaingan dari perusahaan lainnya
  6. Kemampuan distribusi
  7. Pengembangan produksi di masa yang akan datang

Tujuan dalam merencanakan proses produksi, yaitu :
  1. Mengubah bahan baku menjadi bahan jadi atau baru
  2. Mencapai tujuan keuntungan
  3. Mengutamakan fasilitas produksi
  4. Menguasai pasar tertentu
  5. Melaksanakan kerja secara efektif dan efisien

Langkah-langkah perencanaan produksi
  1. Produk apa yang akan diproses
  2. Kapan kegiatan proses produksi akan dimulai
  3. Berapa jumlah barang yang akan diproduksi
  4. Berapa jumlah dana yang akan dibutuhkan
  5. Berapa banyak tenaga kerja yang diperlukan
  6. Peralatan apa yang diperlukan
  7. Berapa tingkat persediaan bahan baku yang diperlukan

Syarat-syarat perencanaan dalam proses produksia
  1. Rencana harus disesuaikan atas dasar tujuan usaha
  2. Rencana harus sederhana dan mudah dilaksanakan
  3. Rencana harus dapat memberikan analisis dan klasifikasi tentang kegiatan produksi

Beberapa jenis dan sifat produk yang perlu diperhatikan
  1. Apakah barang yang akan diproduksi tahan lama atau tidak
  2. Apakah mutu barang yang akan diproduksi bergantung pada biaya per unit
  3. Apakah barang yang akan diproduksi mempunyai sifat permintaan musiman atau tidak
  4. Apakah barang yang akan diproduksi adalah barang konsumsi atau barang produksi

Mengelola Keuangan
            Administrasi keuangan perusahaan adalah salah satu fungsi dari organisasi perusahaan yang bertanggung jawab dalam proses dan operaso pekerjaan administrasi keuangan.
Administrasi keuangan dilakukan untuk :
  1. Pencatatan dan penataan
-       Pembelian, penjualan dan pengarsipan faktur
-       Pencatatan pelaksanaan pembayaran produk
-       Pencatatan pengurusan dan pengaturan retur dan klaim
-       Pembuatan dan pencatatan nota atau faktur penjualan
  1. Mengatur peralatan dan perlengkapan serta menyiapkan
-       Buku kas
-       Buku penjualan
-       Buku produksi
-       Buku piutang
-       Buku voucher
-       Buku persediaan barang

Seorang pengelola usaha mengadministrasikan keuangan perusahaan, yaitu :
  1. Menerima. menyiapkan uang serta melaksanakan administrasikan
  2. Menyiapkan bukti-bukti lengkap penerimaan dan pengeluaran keuangan sesuai dengan peraturan
  3. Menyusun laporan saldo kas
  4. Meneliti kelengkapan dan kebenaran bukti-bukti pembukuan keuangan
  5. Menyimpan dan memelihara semua dokumen pembukuan secara teratur
  6. Menata dan mengatur administrasi keuangan sesuai dengan prosedur yang berlaku
  7. Menyiapkan dan menata data-data keuangan berupa neraca dan perhitungan rugi/lba lengkap dengan penjelasa dan lampirannya

Catatan yang berhubungan dengan administrasi keuangan perusahaan, yaitu :
  1. Buku jurnal
    1. Jurnal penjualan
    2. Jurnal pembelian
    3. Jurnal penerimaan kas
    4. Jurnal pengeluaran kas
    5. Jurnal umum
    6. Buku besar
    7. Buku piutang
    8. Buku utang

Mengelola Administrasi Pembukuan
Penyelenggara pembukuan (manajemen pembukuan) yang baik, meliputi :
  1. Jumlah laba yang diperoleh di dalam periode tertentu
  2. Posisi harta, utang dan modal perusahaan setiap saat
  3. Kegiatan yang berhubungan dengan kegiatan perusahaan, misalnya penjualan, pembelian, utang piutang dan persediaan
  4. Informasi kepada pihak luar, misalnya pihak pemerintah, laporan untuk pajak, laporan penghasilan karyawan

Kegiatan-kegiatan Pembukuan
  1. Sistem pembukuan yang layak
    1. Klasifikasi rekening, misalnya neraca dan rugi/laba
    2. Buku besar dan buku pembantu
    3. Jurnal/buku harian
    4. Dokumen-dokumen
    5. Sistem penjualan dan penerimaan uang
      1. Penjualan, pengiriman dan pembukuan faktur
      2. Perincian penjualan
      3. Piutang
      4. Penerimaan kas, dan
      5. Pengeluaran kas
      6. Sistem pembelian dan pengeluaran uang
        1. Pembelian dan laporan penerimaan
        2. Pembelian dan ongkos-ongkos
        3. Pembayaran per kas
        4. Sistem pencatatan waktu dan penggajian
          1. Penempatan pegawai
          2. Pencatatan waktu
          3. Penggajian ,dan
          4. Perincian upah karyawan
          5. Sistem produksi dan biaya
            1. Order produksi
            2. Pengawasan persediaan
            3. Akuntansi biaya

Pemasaran Barang dan Jasa
  1. Charles E. Philip Ph.D dan Delbert J. Duncan, Ph.D
Pemasaran adalah segala kegiatan untuk menyampaikan barang-barang ke tangan konsumen industri
  1. Maynard dan Barkman
Pemasaran adalah segala usaha yang meliputi penyaluran barang dan jasa dari sektor produksi ke sektor konsumen
  1. Paul D. Converse dan Fred M. Jones
Pemasaran adalah pekerjaan memindahkan barang-barang ke tangan konsumen.
  1. William J. Shult
Pemasaran adalah usaha kegiatan menjalankan  barang dan jasa dari konsumen ke produsen.
  1. Raybun Ph.D
Pemasaran adalah segala usaha mempengaruhi pemindahan barang dan jasa termasuk disribusinya.

Fungsi Pemasaran
  1. Kegiatan pembelian dan penjualan
  2. Penggerakan arus barang  (distribusi) dan
  3. Pelaksanaan pemasaran.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan pembelian
  1. Merencanakan pembelian
  2. Menentukan jumlah pembelian sesuai kebutuhan
  3. Menentukan pemasok
  4. Menentukan harga dan syarat-syarat pembayaran
  5. Menentukan jadwal pembelian
  6. Menentukan syarat minimal kualitas produk yang dibeli
  7. Mengevaluasikan

Faktor dari dalam kegiatas bisnis, yaitu :
  1. Perencanaan penjualan
  2. Biaya produksi dan keuntungan yang diharapkan
  3. Syarat-syarat penjualan
  4. Biaya penjualan
  5. Promosi penjualan
  6. Target penjualan
  7. Pelaksanaan penjualan
  8. Evaluasi penjualan

Faktor dari luar dilihat dari dua sisi, yaitu sisi pribadi pembeli (objek penjualan) dan masyarakat (community), pada objek pembeli yang perlu diperhatikan adalah
  1. Siapa yang menjadi pendorong minat pembeli
  2. Siapa yang mempengaruhi proses pembelian
  3. Siapa yang membuat keputusan untuk membeli
  4. Siapa yang melakukan pembelian, dan
  5. Siapa yang menjadi pemakai produk

Kendala distribusi dari dalam, yaitu :
  1. Volume penjualan
  2. Karakteristik produk yang dijual
  3. Biaya-biaya  distribusi
  4. Fasilitas distribusi yang dimiliki
  5. Sumber daya yang tersedia



Kendala distribusi dari luar, yaitu :
  1. Struktur persaingan
  2. Saluran pemasaran yang digunakan
  3. Sarana dan prasarana distribusi
  4. Dinamika pasar
  5. Peraturan pemerintah, dsb.

Proses pelaksanaan pemasaran, adalah :
  1. Riset atau penelitian pasar
  2. Melengkapi kebijakan
  3. Membuat struktur organisasi
  4. Penentu target dan daya yang diperlukan
  5. Memprediksi/memperkirakan resiko yang mungkin timbul dan cara mengatasinya
  6. Evaluasi dan perencanaan tahap berikutnya.

Pendekatan dalam pemasaran, adalah :
  1. Pendekatan melalui lembaga
    1. Grosir,
    2. Pedagang eceran (Retailer)
    3. Agen
    4. Makelar
    5. Komisioner
    6. Pendekatan fungsi
      1. Merchandising
      2. Buying (pembelian)
      3. Transportation
      4. Storage
      5. Standardizing
      6. Communication
      7. Risk bearing
      8. Pendekatan produk
        1. Produk barang dan produk
        2. Produk dari alam dan  produk olahan manusia
        3. Produk keperluan umum dan produk keperluan khusus
        4. Produk keras dan produk lunak
        5. Produk berbentuk serbuk dan produk berbentuk balok
        6. Produk konsumsi dan produk produksi

Langkah-langkah dalam perencanaan pemasaran barang dan jasa, adalah :
  1.  Seorang pengelola usaha harus merencanakan pemasaran barang dan jasa
    1. Mempunyai gambaran konsumen mana yang akan dituju
    2. Berapa banyak produk yang dibutuhkan konsumen
    3. Berapa harga jual produk di pasaran
    4. Ukuran, bentuk, macam, warna yang bagaimana yang diinginkan para konsumen
    5. Mutu produk yang bagaimana yang diinginkan para konsumen
    6. Manfaat produk apa yang diinginkan para konsumen
    7. Bungkus bagaimana yang disenangi para konsumen
    8. Bagaimana anggapan konsumen terhadap produk yang dipasarkan
    9. Menciptakan penyaluran distribusi yang bagaimana, agar produk dan jasa cepat sampai ke tangan para konsumen
      1. Disalurkan langsung ke tangan para konsumen
      2. Disalurkan tidak langsung, misalnya warung, took
      3. Disalurkan secara semi langsung
      4. Bagaimana cara pengawasan pemasaran produk dan cara mengendalikannya
        1. Pemasaran barang dan jasa itu akan diawasi/dikendalikan sendiri aau menyukuruh orang lain
        2. Buatlah catatan hasil pengawasan/pengendalian dari pemasaran barang dan jasa itu.



Langkah-langkah yang perlu dilakukan oleh seorang pengelola usaha di dalam perencanaan pemasaran barang dan jasa, adalah :
  1. Melakukan analisis situasi
  2. Menetapkan sasaran
  3. Mengembangkan strategi dan program pemasaran
  4. Menyediakan alat koordinasi
  5. Pengendalian

Perencanaan pemasaran barang dan jasa yang baik, adalah :
  1. Menetapkan pembeli sasaran
  2. Perkiraan jumlah pembelian
  3. Kombinasi kebijakan pemasaran barang dan jasa
    1. Kebijakan produk (product mix)
    2. Kebijakan distribusi (place mix)
    3. Kebijakan harga (price mix)
    4. Kebijakan promosi (promotion mix)



MENGEVALUASI HASIL USAHA
(MENGHITUNG RASIO KEUANGAN)

Pihak-pihak  yang berkepentingan terhadap analisis kegiatan usaha, yaitu :
  1. Pemilik dan Pemegang Saham, analisis diperlukan untuk :
    1. Mengevaluasi hasil kerja manajemen
    2. Menilai berapa pendapatan yang akan diperoleh dari aktivitas usaha
    3. Menentukan pengembangan usaha di masa yang akan datang
    4. Manajemen, analisis diperlukan untuk :
      1. Menilai pelaksanaan kerja pada masa yang akan datang
      2. Pedoman perencanaan dan pengawasan kerja
      3. Merumuskan kebijakan yang akan diambil pada masa mendatang
      4. Investor, analisis diperlukan untuk :
        1. Menilai layak tidaknya penanaman modal pada kegiatan usaha tersebut
        2. Menghitung berapa hasil yang diperoleh terutama investasi yang dilakukan dengan system bagi hasil (sharing)
        3. Pemerintah, analisis diperlukan untuk :
          1. Menentukan kebijakan dalam bidang ekonomi dan perpajakan
          2. Menilai perkembangan dunia usaha
          3. Menentukan berapa pajak yang harus dibayar oleh kegiatan usaha
          4. Pekerja atau Serikat Kerja, analisis diperlukan untuk :
            1. Menilai layak tidaknya kompensasi (upah) yang diberikan kegiatan usaha
            2. Menilai layak tidaknya keputusan dalam bidang ketenagakerjaan yang dikeluarkan kegiatan usaha.

Laporan Keuangan
Laporan keuangan adalah daftar yang disusun pada akhir periode pembukuan yang dapat menggambarkan hasil kegiatan selama suatu periode pembukuan serta posisi keuangan pada akhir periode akuntansi.

Laporan keuangan terdiri dari
  1. Neraca (Balance Sheet)
  2. Laporan Rugi/Laba (Income Statement)
  3. Laporan Perubahan Modal

  1. 1.    Neraca (Balance Sheet)
adalah daftar yang disusun secara sistematis untuk menyataan posisi keuangan pada saat tertentu dengan menginformasikan posisi harta (aktiva), utang dan modal.
Syarat-syarat suatu Neraca
  1. Mencantumkan nama, bidang usaha dan tanggal neraca dibuat
  2. Menyusun neraca secara sistematis menurut klasifikasinya : Aktiva, Utang dan Modal
  3. Aktiva tetap dicantumkan berdasarkan nilai buku dan akumulasi
  4. Hanya piutang tertagih saja yang dicantumkan dalam neraca
  5. Disusun berdasarkan keseimbangan harta = utang + modal
Contoh :
CV. RIZEMA UTAMA
NERACA
Per 31 Desember 2010
(Dalam ribuan rupiah)

AKTIVA                                                                                                                                PASSIVA
Aktiva
Utang dan Modal
Aktiva Lancar : Kas                                                         115.000
Piutang                                                   104.000
Persediaan                                              146.000
Jumlah  Aktiva Lancar                   365.000

Aktiva Tetap :
Mesin                                                       80.000
Bangunan                                                 30.000
Jumlah Aktiva Tetap                       110.000

Jumlah Aktiva                                      475,000
Utang Lancar : Utang lancar                                           45.000
Utang wesel                                            21.000
Utang lancar lain                                    39.000
Jumlah                                         105.000

Utang Jangka Panjang :
Utang jangka panjang                          115.000

Modal Sendiri                                      255.000

Jumlah Passiva                          475.000

Harta   (475.000)         = Utang (220.000) + Modal (255.000)
Utang  (220.000)         = Harta (475.000) – Modal (255.000)
Modal (255.000)         = Harta (475.000) – Utang (220.000)

  1. 2.    Laporan perhitungan Rugi/Laba (Income Statement)
Perhitungan rugi/laba adalah perhitungan yang secara sistematis menghitung hasil kegiatan usaha pada saat tertentu. Isi perhitungan rugi/laba dapat menggambarkan berapa pendapatan, pengeluaran (beban) dan rugi atau laba. Perhitungan rugi/laba secara garis besar diperoleh dari seluruh pendapatan usaha dikurangi dengan beban-beban yang dikeluarkan.
Ada 3 (tiga) hal yang tercantum dalam perhitungan rugi/laba :
  1. Pendapatan (Income)
Yaitu jumlah aktiva yang timbul dari hasil penjualan produk atau aktivitas lain dalam kegiatan usaha.
  1. Pengeluaran (Beban/Expence)
Yaitu pengorbanan langsung dan tidak langsung yang secara ekonomis telah dimanfaatkan dalam kegiatan usaha untuk memperoleh keuntungan.


  1. Rugi/Laba

Contoh : Bentuk Single Step

CV. RIZEMA UTAMA
PERHITUNGAN RUGI/LABA
Per 31 Desember 2010
(Dalam ribuan rupiah)

Pendapatan usaha                                                                                           105.000
Pendapatan di luar usaha                                                                                  25.000
Jumlah Pendapatan                                                                                         130.000
Beban usaha                                                                                                      50.000
Pajak penghasilan                                                                                                6.000
Jumlah beban                                                                                                    56.000
                        LABA BERSIH                                                                                              74.000



Contoh : Bentuk Multiple Step

CV. RIZEMA UTAMA
PERHITUNGAN RUGI/LABA
Per 31 Desember 2010
(Dalam ribuan rupiah)

Pendapatan Usaha


Jasa Setting Jasa Printing
Jasa lainnya
Jumlah Pendapatan
                                      70.000 40.000
15.000
 

125.000
Beban Usaha


Gaji Kertas
Tonner
Perlengkapan
Jumlah Beban Usaha
Laba Usaha

Hak diluar usaha
Jasa service computer
Bunga di bank
Total hak diluar usaha
                                     7.000 4.500
5.000
25.000




15.000
 4.500
 


41.000
84.000




19.500
Beban di luar usaha


Perbaikan computer Jml beban diluar usaha
Laba sebelum pajak
Pajak penghasilan
                                     3.000
 16.500
100.500
6.000
Laba Bersih

                                94.500

3.Laporan Perubahan Modal
            Adalah berupa perubahan modal akibat aktivitas kegiatan usaha, penambahan investasi atau pengambilan dana.
Ada tiga factor yang menyebabkan perubahan modal, adalah :
  1. Hasil kegiatan usaha, bila kegiatan usaha mengalami keuntungan secara otomatis modal bertambah, demikian pula sebaliknya
  2. Penambahan investasi, penambahan investasi otomasi akan menambah modal
  3. Pengambilan dana oleh pemilik atau pemegang saham, serara otomatis akan mengurangi modal usaha.

Contoh :
Modal Awal                                                                          Rp   5.000
Investasi penyetoran modal                                                    Rp   2.000
Jumlah modal                                                                                      Rp 7.000
Laba tahun berjalan                                                                             Rp 1.000
Pengambilan/laba yang dibagikan                                                                   Rp 8.000
Kenaikan/Penurunan modal                                                                           Rp 2.500
Modal Akhir                                                                                               Rp 6.500

Evaluasi Usaha
Cara untuk mengetahui kondisi suatu perusahaan, dengan menghitung melalui rumusan, yaitu :
  1. Likuiditas
  2. Aced test ratio
  3. Solvabilitas
  4. Rentabilitas
  5. Tingkat perputaran aktiva lancar


Keterangan
  1. Likuiditas
Adalah kemampuan kegiatan usaha untuk membayar utang lancarnya. Utang lancar adalah utang yag masa pengembaliannya satu tahun atau kurang. Analisis likuiditas dilakukan dengan menghitung current ratio dan quick ratio, rumusnya adalah :

Current ratio             = Aktiva Lancar  x  100%
                                       Utang Lancar

Quick ratio                 = Aktiva Lancar – Persediaan  x 100%
                                                  Utang Lancar
  1. Aced test ratio
Adalah suatu penilaian terhadap kemampuan perusahaan untuk membayar utang-utang jangka pendek tepat pada waktunya, tetapi hanya menggunakan unsure-unsur aktiva lancar yang berupa uang atau segera dapat diuangkan.
Rumusnya :
Aced test ratio            = Kas + Bank + Piutang + Efek  x 100%
                                                            Jumlah utang lancar
  1. Solvabilitas
Adalah suatu penilaian kemampuan perusahaan untuk membayar seluruh uangnya (jangka pendek dan jangka panjang) dengan menggunakan seluruh aktivitasnya.
Rumusnya :
Solvabilitas                 = Jumlah Aktiva  x 100%
                                       Jumlah Utang
  1. Rentabilitas
Adalah suatu penilaian terhadap kemampuan perusahaan untuk memperoleh keuntungan berdasarkan modal yang dimiliki.
Rumusnya :
Rentabilitas                = Laba Usaha  x 100%
                                       Modal usaha


 
  1. Tingkat perputaran aktiva lancar
Adalah untuk menilai/mengukur efektivitaas penggunaan atau pemanfaatan atau perputaran aktiva, terutama persediaan barang dagangan dan piutang.

Contoh :
CV. RIZEMA UTAMA
NERACA
Per 31 Desember 2010
(Dalam ribuan rupiah)

AKTIVA                                                                                                                                PASSIVA
Aktiva
Utang dan Modal
Aktiva Lancar : Kas                                                         115.000
Piutang                                                   104.000
Persediaan                                              146.000
Jumlah  Aktiva Lancar                   365.000

Aktiva Tetap :
Mesin                                                       80.000
Bangunan                                                 30.000
Jumlah Aktiva Tetap                       110.000

Jumlah Aktiva                                      475.000
Utang Lancar : Utang lancar                                           45.000
Utang wesel                                            21.000
Utang lancar lain                                    39.000
Jumlah                                         105.000

Utang Jangka Panjang :
Utang jangka panjang                          115.000

Modal Sendiri                                      255.000

Jumlah Passiva                          475.000



CV. RIZEMA UTAMA
PERHITUNGAN RUGI/LABA
Per 31 Desember 2010
(Dalam ribuan rupiah)

Pendapatan usaha                                                                                           105.000
Pendapatan di luar usaha                                                                                  25.000
Jumlah Pendapatan                                                                                         130.000
Beban usaha                                                                                                      50.000
Pajak penghasilan                                                                                                6.000
Jumlah beban                                                                                                    56.000
                        LABA BERSIH                                                                                              74.000



Contoh Perhitungan :
  1. 1.      Current ratio       = Aktiva Lancar  x  100%
                                                   Utang Lancar
                                                = 365.000 x 100%
                                                   105.000
                                                = 347,62%

  1. 2.      Quick ratio           = Aktiva Lancar – Persediaan  x 100%
                                                                 Utang Lancar
                                                = 365.000 -146.000  x 100%
                                                           105.000
                                                = 219.000  x 100%
                                                   105.000
                                                = 208,57%

  1. 3.      Aced test ratio      = Kas + Bank + Piutang + Efek  x 100%
                                                            Jumlah utang lancar
                                                = 115.000 + 104.000  x 100%
                      105.000
                                                = 219.000  x 100%
                                                   105.000
                                                = 208,57%

  1. 4.      Solvabilitas           = Jumlah Aktiva  x 100%
                                 Jumlah Utang
                              = 475.000  x 100%
         120.000
                                                = 395,83%

  1. 5.      Rentabilitas          = Laba Usaha  x 100%
                                                   Modal usaha
                                                =   74.000  x 100%
                                                    105.000
                                                = 70%


 
Menyusun Laporan Pengelolaan Usaha
            Adalah kegiatan yang berhubungan dengan setiap kejadian, lancar tidaknya kegiatan usaha, apakah ada kemajuan atau kemunduran. Seorang pimpinan perusahaan akan mengetahui semua kejadian dalam perusahaannya atau pimpinan dapat mengendalikan jalanna perusahaan dengan pola penyusunan pelaporan dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Fungsi dan tujuan laporan kegiatan usaha
Pentingnya laporan kegiatan usaha adalah memberitahukan persoalan kegiatan usaha secara detail  dan obyektif serta memberi keterangan atau informasi yang singkat tentang kegiatan usaha.
Adapun kewajiban seorang pengelola usaha atas pembuatan laporan kegiatan usaha, adalah :
  1. Harus memahami akan arti pentingnya laporan
  2. Harus dapat mendistribusikan laporan, baik yang bersifat umum maupun khusus
  3. Harus menyiapkan sarana, data-data dan teknisnya serta latihan-latihan penyusunan sebuah laporan kegiatan usaha.

Teknik pembuatan laporan kegiatan usaha
  1. Laporan pribadi
  2. Laporan umum
  3. Laporan perusahaan
  4. Laporan departemen
  5. Laporan terbatas
  6. Laporan tidak terbatas
  7. Laporan teknis
  8. Laporan non teknis
Dalam pengelolaan usaha, ada tiga macam laporan yang perlu dijalankan oleh pimpinan perusahaan, adalah :
  1. Laporan pimpinan pelaksana
    1. Neraca
    2. Rugi/Laba
    3. Anggaran/Budget
    4. Laporan tahunan
    5. Laporan bagai pemilik saham
    6. Laporan periodik
      1. Laporan kegiatan usaha secara periodic
      2. Laporan bulanan tentang pekerjaan kegiatan usaha
      3. Laporan catatan pelaksanaan pekerjaan bagian/departemen
      4. Laporan kredit bulanan
      5. Laporan hasil pemasaran produk
      6. Laporan khusus
Adalah laporan yang harus diperhatikan oleh pimpinan perusahaan. Laporan kegiatan usaha adalah sarana yang sangat penting dan dapat menentukan keberhasilan jalur penyampaian informasi formal sebuah laporan.


Prinsip dalam penyusunan laporan, yaitu :
  1. Laporan harus tepat waktu
  2. Laporan harus teliti, benar dan dipercaya
  3. Laporan harus berjalan dan sederhana
  4. Laporan harus ada standarisasi
  5. Laporan harus mempunyai nilai atau manfaat

Jawablah pertanyaan dibawah ini
  1. Jelaskan kesimpulan yang dapat diambil dari analisis :
  1. Rentabilitas
  2. Solvabilitas
  3. Likuiditas
  4. Neraca
  5. Persediaan
  6. Utang jangka panjang
  7. Laporan berkala
  8. Laporan pimpinan
  1. Jelaskan pengertian :
  1. Sebutkan jenis-jenis laporan kegiatan usaha
  2. Jelaskan sistematika teknik pembuatan laporan kegiatan usaha
  3. Apa yang dimaksud dengan :

PENGEMBANGAN USAHA

Pengembangan usaha dapat berupa :
  1. Penambahan mesin, peralatan dan modal
  2. Membuka cabang baru
  3. Membuka usaha pendukung kegiatan usaha sebelumnya
  4. Mengubah bentuk hukum badan usaha
  5. Reorganisasi manajemen
  6. Membuka usaha lain yang berbedan dengan usaha sebelumnya

Masalah-masalah yang dihadapi dalam pengembangan usaha
  1. Kekurangan modal
  2. Kemajuan teknologi yang terlalu pesat tidak diimbangi dengan kemampuan sumber daya manusia
  3. Sulitnya mendapatkan pegawai yang dapat dipercaya
  4. Ketidakpastian hukum sebagai akibat peraturan pemerintah
  5. Perubahan selera dan gaya hidup masyarakat

Cara menghindarinya adalah :
  1. Meminjam uang di bank atau bekerja sama denga  pihak lain
  2. Selalu mengikuti perkembangan teknologi dan memberikan  kesempatan karyawan untuk belajar lagi, jika diperlukan
  3. Membuat system pengawasan yang tepat untuk memudahkan penyeleksian antar pegawai
  4. Ketidakpastian hukum diatasi dengan membuka kegiatan yang mempunyai risiko perubahan kecil
  5. Selalu mengikuti perubahan selera dan gaya hidup masyarakat

Teknik Pengembangan Usaha
Mengembangkan dan mempertahankan kegiatan usaha dapat dilakukan dengan cara kemitraan. Kemitraan, adalah melakukan kerjasama usaha antara usaha kecil dengan menengah atau usaha besar disertai pembinaan dan pengembangan oleh usaha menengah atau usaha besar dengan memperhatikan prinsip-prinsip saling memerlukan, saling memperkuat dan saling menguntungan.
Salah satu bentuk kemitraan yang dilakukan oleh kegiatan usaha kecil untuk mengembangkan usaha adalah pola subkontrak. Subkontrak adalah hubungan kemitraan antara usaha kecil dengan menengah atau usaha besar, dimana pengusaha kecil memproduksi komponen yang diperlukan oleh usaha menengah atau usaha besar sebagai bagian dari produksinya.

Manfaat kemitraan dalam bisnis
  1. Memperbaiki kinerja bisnis jangka panjang
  2. Membuka saluran-saluran penjualan
  3. Mengendalikan biaya penjualan
  4. Meningkatkan kesadaran pelanggan
  5. Menjalin hubungan jangka panjang
Prinsip-prinsip bermitra usaha
  1. Saling memerlukan
  2. Saling memperkuat
  3. Saling menguntungan
Bentuk-bentuk sub kontrak
  1. Pembuatan komponen (produsen)
  2. Pengadaan barang (supplier)
  3. Jasa pelayanan (service) 
  4. Perantaraan (keagenan)

80 komentar:

  1. Halo, nama saya Laima, saya adalah korban penipuan di tangan pemberi pinjaman penipuan Aku punya semua yang banyak 27 juta, karena saya butuh modal besar dari 140 juta, saya hampir mati, ada makanan untuk memberi makan anak-anak saya, bisnis saya adalah hancur dalam proses saya kehilangan suami saya. . Aku tidak tahan lagi .. semua ini terjadi Desember 2014, tidak semua sampai saya bertemu dengan seorang teman yang memperkenalkan saya ke seorang ibu yang baik Mrs Alexandra yang akhirnya membantu saya mengamankan pinjaman dalam perusahaannya, ibu yang baik, saya ingin menggunakan kesempatan ini terima kasih dan Allah terus memberkati Anda, saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk memberitahu Anda orang Indonesia, bahwa ada banyak scammers luar sana, jika Anda membutuhkan pinjaman dan pinjaman yang dijamin cepat mendaftar hanya melalui ibu Alexandra, melalui email. alexandraestherloanltd@gmail.com
    atau alexandraestherfastservice@cash4u.com,
    Anda dapat menghubungi saya melalui email ini; laimajelena@gmail.com com untuk mendapatkan informasi atau menyarankan Anda perlu tahu. silahkan Dia adalah satu-satunya tempat yang handal dan terpercaya yang saya tahu. Tidak ada pajak. Tidak ada asuransi untuk membayar .Terima kasih

    BalasHapus
  2. Halo, nama saya Laima, saya adalah korban penipuan di tangan pemberi pinjaman penipuan Aku punya semua yang banyak 27 juta, karena saya butuh modal besar dari 140 juta, saya hampir mati, ada makanan untuk memberi makan anak-anak saya, bisnis saya adalah hancur dalam proses saya kehilangan suami saya. . Aku tidak tahan lagi .. semua ini terjadi Desember 2014, tidak semua sampai saya bertemu dengan seorang teman yang memperkenalkan saya ke seorang ibu yang baik Mrs Alexandra yang akhirnya membantu saya mengamankan pinjaman dalam perusahaannya, ibu yang baik, saya ingin menggunakan kesempatan ini terima kasih dan Allah terus memberkati Anda, saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk memberitahu Anda orang Indonesia, bahwa ada banyak scammers luar sana, jika Anda membutuhkan pinjaman dan pinjaman yang dijamin cepat mendaftar hanya melalui ibu Alexandra, melalui email. alexandraestherloanltd@gmail.com
    atau alexandraestherfastservice@cash4u.com,
    Anda dapat menghubungi saya melalui email ini; laimajelena@gmail.com com untuk mendapatkan informasi atau menyarankan Anda perlu tahu. silahkan Dia adalah satu-satunya tempat yang handal dan terpercaya yang saya tahu. Tidak ada pajak. Tidak ada asuransi untuk membayar.
    Terima kasih.

    BalasHapus
  3. Dengar, tidak ada pemberi pinjaman di sini adalah bersedia untuk membantu Anda, bukan mereka hanya di sini untuk merobek Anda uang Anda sulit diperoleh. Suami saya dan saya mencari pinjaman dari lender online yang berbeda tetapi pada akhirnya, kami ditipu dan merobek uang kita dengan pinjaman perusahaan yang berbeda secara online.
    Kami bahkan meminjam uang untuk membayar ini pemberi pinjaman online tapi pada akhirnya, kita punya apa-apa.
    Saya dan suami saya berada di utang dan kami tidak punya satu untuk lari ke bantuan, bisnis keluarga kami hancur dan kami tidak dapat untuk mendapatkan uang untuk memenuhi biaya sehari-hari sampai kami diperkenalkan kepada Ibu Amanda yang membantu kami dengan menawarkan kita tidak aman pinjaman.
    Untuk informasi lebih lanjut tentang bagaimana untuk mencapai Mrs Amanda atau mengikuti prosedur pinjamannya, Hubungi saya melalui email saya, faridaaguss@gmail.com dan kunfarida@outlook.com.
    Atau Anda dapat mengirim email ke Mrs Amanda di amandaloan@qualityservice.com, amandarichardson686@gmail.com dan amandaloanfirm@cash4u.com

    BalasHapus
  4. Saya Fatimawati, saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS.Who yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah QUALITYLOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir 32 juta di tangan pemberi pinjaman palsu. Tapi qualityloan memberi saya mimpi saya kembali. Ini adalah alamat email yang sebenarnya mereka: qualityloanfirm@asia.com. Email pribadi saya sendiri: fatimatu.said99@gmail.com. Anda dapat berbicara dengan saya kapan saja Anda inginkan. Terima kasih semua untuk mendengarkan permintaan untuk saran saya. hati-hati

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau benar kasih tahu dong caranya

      Hapus
  5. Halo, Ramadan adalah di sini sudah tidak Anda berpikir itu adalah waktu untuk mendapatkan berkah dari Allah bisa conected hari ini dan Anda yakin akan bahagia dengan kasih karunia Allah.
    Nama saya adalah Cynthia Johnson. kita hipotek, pinjaman rumah, kredit mobil, pinjaman Hotel, tawaran komersial Umum Mr John Carlson, orang harus memperbarui semua situasi keuangan di dunia / perusahaan untuk membantu mereka yang terdaftar pemberi pinjaman uang pinjaman pribadi, kredit, kredit konstruksi, rendah suku bunga 2% dll kredit modal, pinjaman usaha dan pinjaman kredit buruk bekerja, start up. Kami membiayai proyek di tangan dan perusahaan Anda / mitra dan saya juga ingin menawarkan pinjaman pribadi untuk klien mereka. hubungi kami melalui e-mail untuk informasi lebih lanjut: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com

    BalasHapus
  6. PENAWARAN PINJAMAN UNTUK SEMUA (DAFTAR SEKARANG)

    Apakah Anda seorang pengusaha atau wanita? Apakah Anda dalam stres keuangan? Anda perlu Uang untuk memulai bisnis Anda sendiri? Apakah Anda memiliki pendapatan rendah dan merasa sulit untuk mendapatkan pinjaman dari bank lokal dan lembaga keuangan lainnya? Jawabannya ada di sini, Christiana Anderson Badan Kredit adalah jawabannya. Kami menawarkan;

    a) pinjaman pribadi, ekspansi bisnis.
    b) Business Start-up dan pendidikan.
    c) konsolidasi utang.
    d) pinjaman Keras Uang.

    Namun, metode kami menawarkan kemungkinan untuk menunjukkan jumlah pinjaman yang dibutuhkan dan juga durasi Anda mampu untuk menyelesaikan pembayaran pinjaman dengan tingkat bunga 2%. Ini memberi Anda kesempatan nyata untuk mengumpulkan uang yang Anda butuhkan. Kandidat yang tertarik harus menghubungi kami melalui: angeladavidsloan@gmail.com

    BalasHapus
  7. Kami disetujui pemerintah dan pemberi pinjaman kredit bersertifikat Perusahaan kami tidak menawarkan pinjaman mulai dari pribadi untuk pinjaman industri untuk orang yang tertarik atau perusahaan yang mencari bantuan keuangan pada tingkat bunga dinegosiasikan 2% kesempatan untuk membersihkan dept Anda., Mulai atau meningkatkan bisnis Anda dengan pinjaman dari pinjaman perusahaan kami diberikan di Pounds (£), dollar ($) dan Euro. Jadi mengajukan pinjaman sekarang orang yang tertarik harus menghubungi kami untuk informasi lebih lanjut. Mengisi informasi data peminjam. Hubungi kami sekarang melalui: jenniferdawsonloanfirm20@gmail.com
    (2) Negara:
    (3) Alamat:
    (4) Kota:
    (5) Sex:
    (6) Status Pernikahan:
    (7) Bekerja:
    (8) Nomor Ponsel:
    (9) Penghasilan Bulanan:
    (10) Jumlah Pinjaman Dibutuhkan:
    (11) Jangka waktu pinjaman:
    (12) Tujuan Pinjaman:

    Terima kasih atas pengertian Anda karena kami berharap untuk mendengar dari Anda segera.

    E-Mail: jenniferdawsonloanfirm20@gmail.com

    BalasHapus
  8. Halo, nama saya Nona. Dwiokta Septiani Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya scammed oleh beberapa lender online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Anita Charles pemberi pinjaman cepat, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 10.000 Euro dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres pada tingkat bunga hanya 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah i diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan. Jadi saya berjanji saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda membutuhkan semacam pinjaman, hubungi Ibu Anita melalui email: anitacharlesqualityloanfirm@mail.com.
    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: septianidwiokta@gmail.com
    Sekarang, semua yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman yang saya kirim langsung ke rekening mereka.

    BalasHapus
  9. Halo, Aplikasi Kredit Apakah anda tertarik untuk mendapatkan pinjaman @ 2%? Jika ya,? email kami sekarang untuk informasi lebih lanjut tentang pinjaman yang Anda butuhkan sebagai pinjaman. Sekarang silahkan hubungi kami di: gloryloanfirm@gmail.com bersama-sama dengan informasi di bawah ini. Penawaran kami $ 3,000.00 sampai $ 20,000.000.00 juga berlaku untuk informasi lebih lanjut {Lengkapi formulir di bawah pinjaman} Nama Anda: =========== NEGARA: =========== NEGARA =========== ALAMAT: =========== GENRE: =========== Jumlah yang dibutuhkan: ========== = PERIODE: =========== NOMOR TELEPON: =========== =============
    Ibu Glory Hubungi kami di e-mail ini: gloryloanfirm@mail.com Salam
    Akun yang lebih baik untuk perusahaan yang sah.
    membalas

    BalasHapus
  10. Halo, nama saya Mia Aris.S. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah scammed oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800.000.000 (800 JUTA ) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah i diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena aku berjanji padanya bahwa aku akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman dalam bentuk apapun, silahkan hubungi dia melalui emailnya: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com
    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya ladymia383@gmail.com.
    Sekarang, semua yang saya lakukan adalah mencoba untuk bertemu dengan pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening bulanan.

    BalasHapus
  11. Halo, saya mrs Sandra Ovia, pemberi pinjaman uang pribadi, apakah Anda dalam utang? Anda perlu dorongan keuangan? kami juga menyediakan pinjaman akhir tahun, pinjaman untuk paket Natal, tahun baru, untuk bertemu dengan tagihan Anda, memperluas bisnis Anda dan juga untuk renovasi rumah Anda. Aku memberikan pinjaman kepada perusahaan lokal, internasional dan juga pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%. Anda dapat menghubungi kami melalui Email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda dipersilakan untuk perusahaan pinjaman kami dan kami akan memberikan yang terbaik dari layanan kami.

    BalasHapus
  12. Halo, aku Magret Spencer, pemberi pinjaman uang pribadi, apakah Anda dalam utang? Anda perlu dorongan keuangan? Saya telah didaftarkan dan disetujui. Aku memberikan pinjaman kepada reputasi dan tingkat individu Tersedia dalam 2%. Aku memberikan pinjaman kepada lokal dan internasional untuk semua orang yang membutuhkan pinjaman, dan dapat membayar kembali pinjaman, di seluruh dunia. Aku memberikan pinjaman melalui transfer rekening atau cek bank juga mendukung. Tidak memerlukan banyak dokumen. Jika Anda ingin mendapatkan pinjaman dari reputasi kami.
    Anda dapat menghubungi kami melalui Email: magretspencerloancompany@gmail.com

    BalasHapus
  13. Halo, saya Mrs Heather Whitte, sebuah perusahaan pinjaman pinjaman pribadi. Kami memberikan pinjaman kesempatan seumur hidup bagi Anda untuk membayar tagihan Anda dan utang pribadi dan bisnis Anda sendiri. pinjaman yang diberikan kepada individu dan perusahaan di start-up sebesar 2%. Jadi hubungi kami hari ini melalui email: (qualityloanfirms@asia.com)
    (heatherwhiteloanltd@gmail.com)

    BalasHapus
  14. Apakah Anda perlu mendesak pinjaman kredit keuangan? * Sangat cepat dan cepat transfer ke rekening bank Anda * Pelunasan dimulai delapan bulan setelah uang di rekening bank Anda * suku bunga rendah atau 2% * Pembayaran jangka panjang (1-30 tahun) Panjang * Kondisi pinjaman fleksibel dan pembayaran bulanan * Pertandingan - Dapatkan Persetujuan - akun dikreditkan dengan Jumlah Pinjaman Dapatkan Persetujuan di 10 menit hanya menghubungi kami Email Theresaloancompany@gmail.com REQUEST untuk pinjaman ================= ==== = ==========
    Nama: ...................
    Nama kedua: ..................
    Kontak Alamat: .................
    Negara: ...................
    Usia: ..........................
    Seks: ....................
    Nomor telepon: ..............
    Status: .................
    Pendudukan: ...............
    Posisi: .................
    Gaji perbulan: ..............
    Jumlah pinjaman: .................
    Tujuan pinjaman: ...............
    Lamanya: ....................
    Apakah Anda toegepast untuk pinjaman sebelum: ............
    Anda berdiri di bawah bahasa Inggris: ..........
    Mohon mengisi dan mengirim formulir ke: Email Theresaloancompany@gmail.com Hormat,

    BalasHapus
  15. Apakah Anda perlu mendesak pinjaman kredit keuangan? * Sangat cepat dan cepat transfer ke rekening bank Anda * Pelunasan dimulai delapan bulan setelah uang di rekening bank Anda * suku bunga rendah atau 2% * Pembayaran jangka panjang (1-30 tahun) Panjang * Kondisi pinjaman fleksibel dan pembayaran bulanan * Pertandingan - Dapatkan Persetujuan - akun dikreditkan dengan Jumlah Pinjaman Dapatkan Persetujuan di 10 menit hanya menghubungi kami Email Theresaloancompany@gmail.com REQUEST untuk pinjaman ================= ==== = ==========
    Nama: ...................
    Nama kedua: ..................
    Kontak Alamat: .................
    Negara: ...................
    Usia: ..........................
    Seks: ....................
    Nomor telepon: ..............
    Status: .................
    Pendudukan: ...............
    Posisi: .................
    Gaji perbulan: ..............
    Jumlah pinjaman: .................
    Tujuan pinjaman: ...............
    Lamanya: ....................
    Apakah Anda toegepast untuk pinjaman sebelum: ............
    Anda berdiri di bawah bahasa Inggris: ..........
    Mohon mengisi dan mengirim formulir ke: Email Theresaloancompany@gmail.com Hormat,

    BalasHapus
  16. Nama saya Cynthia Johnson. hipotek, pinjaman rumah, kredit mobil, pinjaman Hotel, tawaran komersial Umum Mr John Carlson, salah satu harus memperbarui semua situasi keuangan di dunia / perusahaan untuk membantu mereka yang terdaftar pinjaman uang pinjaman pribadi, pinjaman, kredit konstruksi, kredit bunga rendah tingkat modal dll 2%, pinjaman usaha dan buruk pinjaman kredit usaha, memulai. Kami membiayai proyek di tangan dan perusahaan Anda / mitra dan saya juga ingin menawarkan pinjaman pribadi untuk klien mereka. hubungi kami melalui e-mail untuk informasi lebih lanjut: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com

    BalasHapus
  17. Kunjungi Tips Persiapan Pendirian Usaha
    http://indonugraha.blogspot.co.id/2016/02/persiapan-pendirian-usaha.html

    BalasHapus
  18. Saya ingin semua orang untuk membaca pesan ini dengan hati-hati. Saya sangat senang untuk membuat kesaksian bagaimana saya mendapat pinjaman saya di pemberi pinjaman kredit legit, saya telah menderita di tangan kreditur internet palsu di situs web tertentu, saya telah diterapkan di beberapa perusahaan pinjaman di sini dan semua yang mereka lakukan adalah meminta saya untuk pembayaran dan setelah pembayaran, saya tidak akan mendapatkan pinjaman dari mereka, mereka adalah orang-orang yang salah. Saya kesakitan karena utang saya, dan saya membayar pembayaran lain untuk mendapatkan pinjaman untuk membuat saya utang yang lebih besar. Saya sangat senang ketika teman saya mengatakan kepada saya bahwa dia mendapat pinjaman dari internet, dia adalah orang yang mengatakan kepada saya tentang perusahaan pinjaman Theresa, dan saya mengajukan pinjaman sebesar $ 100.000 USD Aku mengikuti semua prosedur, saya berpikir bahwa saya lakukan tidak akan mendapatkan pinjaman, tapi aku sangat senang ketika pinjaman saya disetujui dan dikirim ke rekening bank saya langsung dalam waktu 24 jam menerapkan. Saya telah membayar semua hutang saya sekarang dan saya stabil secara finansial ketika saya menulis pesan ini. Jadi jika salah satu dari Anda berada di sini untuk mengajukan pinjaman, Anda harus menghubungi theresaloancompany di Uni E-mail, mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman pinjaman adalah nyata, yang lain adalah palsu. Cukup ikuti semua prosedur di perusahaan pinjaman Theresa dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda juga akan mendapatkan pinjaman Anda seperti saya dan teman saya. Anda memiliki bijak sehingga Anda tidak akan kehilangan uang seperti saya, hubungi Theresa sekarang di email mereka jika Anda benar-benar membutuhkan pinjaman theresaloancompany@gmail.com
    hubungi saya juga jadi saya bisa memberikan informasi lebih lanjut tentang feyzilfatma@gmail.com
    Terima kasih telah membaca kesaksian saya dan saya berterima kasih kepada Tuhan Bantuan

    BalasHapus
  19. Halo semua harap berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di sini, jadi banyak lender pinjaman di sini adalah semua scammers dan mereka hanya di sini untuk scam Anda keluar dari uang Anda, saya mengajukan pinjaman sekitar 400 juta dan saya diminta untuk membayar beberapa biaya dan aku dibayar, mereka meminta lagi dan lagi, saya membayar hampir 40 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman, terjadi pada saya sekitar 5 kali dari pinjaman perusahaan yang berbeda, saya yang akan saya bertemu orang yang tepat, tapi saya tidak. Allah menjadi Glory saya bertemu seorang teman yang baru saja diterapkan pinjaman, dan ia mendapat pinjaman tanpa stres, jadi dia memperkenalkan saya kepada Ibu Credit Agency Theresa, saya melamar untuk 800 juta, saya pikir itu adalah lelucon dan penipuan , tapi saya memiliki pinjaman saya dalam waktu kurang dari 24 jam hanya 2% tanpa agunan. Saya sangat senang karena saya diselamatkan dari mendapatkan miskin. jadi saya nasihat semua orang di sini membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Ibu Dewi dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan mendapatkan pinjaman Anda. emailnya Theresaloancompany@gmail.com
    Anda masih dapat menghubungi saya jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut dan bantuan dalam marais martini 1986@gmail.com

    BalasHapus
  20. Syukur kepada Allah yang maha kuasa untuk memberi saya kesempatan ini untuk berbagi kesaksian saya, saya Mrs. Indriaty Manirjo, yang Anda cari pinjaman? Saya ingin membawa ini ke semua pemberitahuan pinjaman untuk berhati-hati, karena begitu banyak perusahaan pinjaman palsu di internet. Saya telah menjadi korban dari sebuah perusahaan pinjaman palsu 4, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan pinjaman palsu yang saya kemudian mengetahui mereka adalah scam. Pada proses yang saya ditangkap oleh orang-orang yang saya berhutang kepada karena saya tidak bisa bertemu untuk kali saya berjanji untuk membayar dan saya ditangkap. Aku baru saja keluar dari penjara, ketika saya bertemu dengan seorang teman yang intoroduce saya untuk pemberi pinjaman kredit karena dia meyakinkan saya bahwa dia mendapat yang pinjaman dari dia yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY, jadi saya tidak punya pilihan untuk memberikan cobaan karena saya harus bertemu dengan standar hidup dan membayar utang saya dan memulai bisnis baru. Jadi saya mendapat pinjaman saya dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY tanpa stres, itulah alasan saya memutuskan untuk membagikan kesaksian saya kepada orang-orang yang membutuhkan pinjaman, sehingga mereka tidak akan jatuh di tangan pemberi pinjaman kredit palsu. Jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. magretspencerloancompany@gmail.com,.
    Anda masih bisa menghubungi saya melalui email saya untuk informasi lebih lanjut tentang indriatymanirjo010@gmail.com. Tuhan membantu Anda dan sangat berhati-hati.

    BalasHapus
  21. Hello semua, saya fatma dari indonesia menyeronokkan saya menasihatkan anda semua di sini tidak memohon pinjaman di mana-mana syarikat atau pemberi pinjaman di laman web ini, orang-orang di sini adalah palsu, penipu dan penipuan, walaupun sebahagian daripada keterangan di sini adalah semua palsu mereka orang yang sama yang melakukan itu semua, mereka masih orang yang sama melakukannya. jadi sila berhati-hati untuk tidak jatuh yang tertipu atau menipu rakan-rakan Indonesia, saya menipu empat kali sekitar Rp200,000,000 juta untuk yuran pendaftaran, transferfee, kos cukai dan kos insurans, tetapi selepas pembayaran saya saya tidak mendapat pinjaman saya, tetapi mereka meminta saya untuk membayar lagi dan sekali lagi,

     Ia akan menarik minat anda untuk mengetahui bahawa ada undang-undang kewangan atau kaedah-kaedah kos ini mendapat pinjaman dari bank-bank, peminjam atau syarikat tetapi Allah bersyukur kerana saya kemudian menerima pinjaman sebanyak $ 100,000 daripada syarikat yang seorang kawan saya yang memperkenalkan saya dengan sebenar dan syarikat pinjaman dipercayai, (THERESALOANCOMPANY), mereka syarikat terkemuka di Asia, mereka berada di sini untuk membantu kita semua yang telah scammed dan menipu, jadi jika anda memerlukan kredit yang lebih baik pergi kepada syarikat-syarikat dalam

    (THERESALOANCOMPANY) atau jika anda mempunyai rakan-rakan dan memberitahu mereka untuk membantu anda untuk menghubungi mereka untuk pinjaman, okay, anda boleh mendapatkan yang sangat mudah untuk mendapatkan serendah 2% daripada pinjaman tanpa cagaran atau penjamin. Ini adalah e-mel mereka

    (THERESALOANCOMPANY@GMAIL.COM) Anda boleh menghubungi mereka dengan aplikasi anda adalah baik dengan mereka anda akan mendapat pinjaman anda dalam masa 24 jam, asli cepat dan saya terpaksa membantu penipuan negara saya, e-mel saya adalah (Feyzilfatma@gmail.com) hubungi saya untuk maklumat lanjut, saya bersedia untuk membantu TUHAN memberkati engkau NOTA all.PLEASE. TIADA YURAN PENDAFTARAN, TIADA YURAN PEMINDAHAN, NO Bayaran CUKAI, NO YURAN INSURANCE) harta pemberi pinjaman atau syarikat itu tidak mengumpul charges.Allah ini memberkati kita YURAN PEMINDAHAN, YURAN NO CUKAI, NO YURAN INSURANCE) Lender sebenar Syarikat ATAU TIDAK memungut caj penutup penyanyi ,

    BalasHapus
  22. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Mia. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah scammed oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 Juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah dia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya ladymia383@gmail.com dan kehilangan Sety saya diperkenalkan dan diberitahu tentang Ibu Cynthia Dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan.

    BalasHapus
  23. Aku Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya Rp900,000,000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak SANDRAOVIALOANFIRM. menghubungi mereka melalui email:. (Sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    BalasHapus
  24. Saya Ibu Hannah Boss, A pemberi pinjaman uang, saya meminjamkan uang kepada individu atau perusahaan yang ingin mendirikan sebuah bisnis yang menguntungkan, yang menjadi periode utang lama dan ingin membayar. Kami memberikan segala jenis pinjaman Anda dapat pernah memikirkan, Kami adalah ke kedua pinjaman pribadi dan Pemerintah, dengan tingkat suku bunga kredit yang terjangkau sangat. Hubungi kami sekarang dengan alamat email panas kami: (hannahbossloanfirm@gmail.com) Kebahagiaan Anda adalah perhatian kami.

    BalasHapus
  25. Halo, aku Magret Spencer, pemberi pinjaman uang pribadi, apakah Anda dalam utang? Anda perlu dorongan keuangan? Saya telah didaftarkan dan disetujui. Aku memberikan pinjaman kepada reputasi dan tingkat individu Tersedia dalam 2%. Aku memberikan pinjaman kepada lokal dan internasional untuk semua orang yang membutuhkan pinjaman, dan dapat membayar kembali pinjaman, di seluruh dunia. Aku memberikan pinjaman melalui transfer rekening atau cek bank juga mendukung. Tidak memerlukan banyak dokumen. Jika Anda ingin mendapatkan pinjaman dari reputasi kami.
    Anda dapat menghubungi kami melalui Email: magretspencerloancompany@gmail.com

    BalasHapus
  26. Halo, aku Jelli Mira, Saya sangat senang hari ini karena semua keinginan hati saya hanya datang untuk lulus, setelah mencari pinjaman untuk pengobatan nyeri ayah saya dan untuk perayaan Ramadhan datang sebagainya, saya akhirnya mendapat pinjaman dari hak sumber yang memiliki nama adalah Mrs. Sandra Ovia, yang membantu saya mendapatkan pinjaman dengan non agunan, setelah saya telah ditipu oleh begitu banyak pemberi pinjaman kredit di internet ini, jadi saya ingin menggunakan media ini untuk membiarkan sesama Indonesia tahu bahwa bahkan beberapa begitu- disebut pemberi pinjaman adalah palsu, jadi jika Anda membutuhkan pinjaman mendesak dan aman bahkan untuk perayaan kedatangan Ramadan, hubungi Ibu Sandra Ovia, dia adalah salah satu yang saya percaya Allah mengutus untuk menyelamatkan kita untuk liburan, jadi saya ingin Anda semua untuk bergabung dengan saya terima Mrs Sandra dan jika Anda membutuhkan pinjaman, Anda dapat menulis dia melalui email perusahaan: sandraovialoanfirm@gmail.com
    Saya sesama Indonesia jika Anda memiliki masalah dalam menghubungi dia, maka Anda dapat menghubungi saya di email ini: jellimira750@gmail.com untuk arah lebih lanjut.
    Tuhan memberkati kalian semua.

    BalasHapus
  27. Kesaksian untuk masyarakat umum. Saya Fadilah dari Surabaya, Indonesia dan saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan / mendidik masyarakat umum tentang mendapatkan pinjaman online.
    Satu-satunya perusahaan Anda bisa online pinjaman adalah Dubril Badan Kredit.
    Saya menghubungi Dubril Badan Kredit ketika saya membutuhkan pinjaman mendesak dan saya ditawari pinjaman pada tingkat bunga 2%.
    Hubungi Dubril Badan Kredit via email pada dubrilloanfirm@gmail.com.
    Jika Anda membutuhkan bantuan atau informasi tentang bagaimana untuk pergi tentang proses pinjaman, silahkan hubungi saya melalui bfadilah8@gmail.com email saya.
    Tuhan memberkati Anda.

    BalasHapus
  28. Halo untuk siapa pun yang membaca artikel ini, Nama saya Jude El nino dari sebagian Spanyol dan Indonesia, namun dibesarkan di Filipina, di mana hal-hal yang begitu keras, perekonomian sangat buruk, saya ingin memulai sebuah pabrik susu tapi tidak ada modal untuk memulai proyek besar dan mimpi, dan bank menuntut begitu banyak untuk collecterial, jadi saya memutuskan untuk melihat secara online sampai saya bertemu dengan beberapa perusahaan tetapi mereka scammed permintaan untuk satu kali pembayaran ke yang lain, jadi saya hampir menyerah sampai aku melihat sebuah artikel dari seseorang yang bersaksi tentang perusahaan pinjaman Mr. Dangote, pada awalnya saya pikir itu sama dengan perusahaan orang lain atas tuduhan penipuan uang thier kecil, tapi aku mengumpulkan keberanian untuk mengikuti kebijakan mereka dan sekarang aku CEO perusahaan susu waktu kecil dengan setidaknya 12 pekerja dan saya melakukannya dengan baik, berdoa untuk memperluas, jadi jika Anda membaca artikel ini, perusahaan pinjaman Mr Dangote adalah nyata dan begitu berlaku dan mendapatkan uang Anda sendiri Via pinjaman Dangotegrouploandepartment@gmail.com dan tingkat bunga hanya 1,5% dan pastikan ketika Anda mendapatkan pinjaman Anda, Anda membayar angsuran bulanan Anda tanpa penundaan, dan jika Anda tidak mengerti proses hubungi saya Via judeelnino@gmail.com

    BalasHapus
  29. PELUANG LAIN LAGI, APAKAH ANDA USAHA MAN / WANITA, A PEKERJA DI ORGANISASI, Wiraswasta? Membutuhkan pinjaman pribadi untuk bisnis tanpa stres, Jika demikian, hubungi kami hari ini, kami menawarkan pinjaman tahun baru pada tingkat bunga rendah dari 2%, Anda dapat memulai tahun baru dengan senyum di wajah Anda, keselamatan, kebahagiaan kami pelanggan adalah kekuatan kita. Jika Anda tertarik, mengisi formulir aplikasi pinjaman di bawah ini:
    Informasi Peminjam:

    Nama lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Sex: ______________________
    Umur: ______________________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
    Durasi Pinjaman: ____________
    Tujuan pinjaman: _____________
    Nomor ponsel: ________

    Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami sekarang melalui email: gloryloanfirm@gmail.com

    BalasHapus
  30. Hello Am Mr Paul Green, Am sah dan dapat diandalkan pemberi pinjaman pinjaman. Saya menawarkan semua jenis paket Kredit. Aku memberikan pinjaman pada syarat dan ketentuan yang jelas dan dimengerti pada tingkat bunga 3%. Dari $ 5.000 untuk $ 6.000.000 USD, Euro dan Pounds Hanya. Saya memberikan Kredit Usaha, Kredit Pribadi, Pinjaman Mahasiswa, Kredit Mobil Dan Pinjaman Untuk Bayar Mati uang kertas. Jika Anda tertarik silakan hubungi kami: paulloanfundshelp1@gmail.com

    Nama lengkap Anda:
    Jenis kelamin:
    Negara:
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan:
    Durasi Pinjaman:
    Pendudukan:
    Nomor telepon:
    Pinjaman Tujuan:
    Pendapatan bulanan:
    Hubungi kami hanya Alamat Email ini: paulloanfundshelp1@gmail.com
    Nomor Telepon: +917411065240
    Salam Hormat
    Mr Paul Green

    BalasHapus
  31. Apakah Anda mencari pinjaman? Atau apakah Anda menolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan untuk satu atau lebih alasan? Anda memiliki tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! RITA Global Finance terbatas memberikan pinjaman kepada perusahaan dan individu pada tingkat bunga rendah dan terjangkau dari 2% .Kami build dibentuk untuk memberikan bantuan keuangan kepada individu dan badan hukum tanpa memandang ras, jenis kelamin atau lokasi, karena kami menawarkan baik pinjaman lokal dan internasional, tetapi pemohon harus berusia 18 tahun atau di atas untuk memenuhi persyaratan. Silahkan hubungi kami melalui e-mail hari ini melalui ritaloancompany1@gmail.com

    DATA PEMOHON:

    1) Nama Lengkap:
    2) Negara:
    3) Alamat:
    4) Negara:
    5) Sex:
    6) Status Pernikahan:
    7) Bekerja:
    8) Nomor Telepon:
    9) Posisi di tempat kerja:
    10) Pendapatan Bulanan:
    11) Jumlah Pinjaman Dibutuhkan:
    12) Durasi Pinjaman:
    13) Tujuan Pinjaman:
    14) Agama:
    15) Apakah Anda menerapkan sebelum;
    16) Tanggal lahir;
    Terima kasih,
    Mrs Oviri Rita
    Terima kasih

    BalasHapus
  32. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Mia. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah penipuan oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 Juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah dia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya ladymia383@gmail.com dan kehilangan Sety saya diperkenalkan dan diberitahu tentang Ibu Cynthia Dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan.

    BalasHapus

  33. Tuan Nyonya
    Terutama di seluruh dunia, Anda perlu pinjaman uang antar individu untuk mengatasi kesulitan keuangan akhirnya memecahkan kebuntuan diprovokasi oleh bank, oleh penolakan file aplikasi pinjaman Anda. Kami adalah jaringan ahli keuangan swasta mampu membuat pinjaman untuk jumlah yang Anda butuhkan dan dengan kondisi yang membuat hidup Anda lebih mudah. Kami dapat membantu Anda dalam bidang berikut:
    Keuangan *
    * Home Loan
    * Investasi Pinjaman
    * Auto Pinjaman
    * Konsolidasi hutang
    * Line of Credit
    * Kedua Mortgage
    * Akuisisi kreditan
    Anda terjebak, Bank dilarang dan Anda tidak mendapatkan manfaat dari bank atau Anda lebih baik memiliki sebuah proyek dan membutuhkan pembiayaan, kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, uang untuk berinvestasi pada bisnis. Sementara kami siap melayani anda untuk aplikasi pinjaman pribadi Anda dari € 500 sampai € 10 juta untuk masing-masing tertentu dapat membayar tingkat bunga 1,5%. Kami berada dalam posisi untuk memenuhi peminjam kami dalam waktu 12 jam sejak diterimanya permohonan mereka.
    Silahkan hubungi kami untuk lebih jelasnya;
    dangotegrouploandepartment@gmail.com

    BalasHapus
  34. Halo, nama saya Sulis Susanti dari Indonesia, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu.
    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, aku jatuh korban penipuan oleh beberapa perusahaan pinjaman online, karena saya perlu sebuah perusahaan pinjaman yang jujur.

    Aku hampir menyerah, tidak sampai saya mencari nasihat dari seorang teman yang kemudian mengarahkan saya untuk pemberi pinjaman pinjaman yang sangat handal JOY WILSON LOAN FIRM, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari 750 juta rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres pada tingkat bunga rendah dari 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres.

    Saya ingin Anda yakin dan percaya diri bahwa ini adalah asli karena saya memiliki semua bukti pengolahan pinjaman ini termasuk kartu id, dokumen perjanjian pinjaman dan semua kertas kerja. Saya percaya Ibu Joy Wilson sepenuh hati karena dia telah benar-benar membantu dalam hidup saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi perusahaan melalui email: (joywilsonloanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (sulissusanti971@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman

    BalasHapus
  35. Hello,
    Ini adalah untuk memaklumkan kepada orang ramai bahawa Puan Rose Anna, pemberi pinjaman pinjaman peribadi mempunyai membuka peluang kewangan untuk semua orang yang memerlukan apa-apa bantuan kewangan. Kami memberi pinjaman pada kadar 2% kadar faedah kepada individu, syarikat dan syarikat-syarikat di bawah terma dan syarat yang jelas dan mudah difahami. hubungi kami hari ini melalui e-mel di: (roseannamoore70@gmail.com)

    BalasHapus
  36. Aku Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman dapat diandalkan yang SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya Rp900,000,000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak SANDRAOVIALOANFIRM. menghubungi mereka melalui email:. (Sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    BalasHapus
  37. Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    BalasHapus
  38. Halo, nama saya Sulis Susanti dari Indonesia, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu.
    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, aku jatuh korban penipuan oleh beberapa perusahaan pinjaman online, karena saya perlu sebuah perusahaan pinjaman yang jujur.

    Aku hampir menyerah, tidak sampai saya mencari nasihat dari seorang teman yang kemudian mengarahkan saya untuk pemberi pinjaman pinjaman yang sangat handal JOY WILSON LOAN FIRM, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari 750 juta rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres pada tingkat bunga rendah dari 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres.

    Saya ingin Anda yakin dan percaya diri bahwa ini adalah asli karena saya memiliki semua bukti pengolahan pinjaman ini termasuk kartu id, dokumen perjanjian pinjaman dan semua kertas kerja. Saya percaya Ibu Joy Wilson sepenuh hati karena dia telah benar-benar membantu dalam hidup saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi perusahaan melalui email: (joywilsonloanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (sulissusanti971@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman

    BalasHapus


  39. KABAR BAIK !!! BERITA BAIK !!! KABAR BAIK!!!
    Nama saya adalah Purti Hamzah, tinggal di Indonesia, saya seorang Muslim yang taat Saya ingin menggunakan
    media ini untuk mengingatkan semua orang pinjaman berusaha untuk berhati-hati tentang penipu karena mereka di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya secara finansial turun, dan karena kebutuhan saya, putus asa dan kemiskinan, saya telah scammed oleh beberapa perusahaan pinjaman yang disebut online. Saya kehilangan harapan tidak sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Chloe Morris yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari $ 57.000 dalam 24 jam tanpa tekanan, pada awalnya itu seperti mimpi bagi saya sampai saya melihat peringatan dari angsuran pertama saya 2 jam setelah saya diterapkan. Saya mendorong sesama Indonesia yang membutuhkan pinjaman untuk menyenangkan menghubungi Ibu Chloe melalui:
    chloemorrisloanfirm@gmail.com
    Hati-hati! Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui:purtihamzah@gmail.com

    BalasHapus
  40. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah penipuan oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 Juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah dia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan kehilangan Sety saya diperkenalkan dan diberitahu tentang Ibu Cynthia Dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan.

    BalasHapus
  41. i-hati dalam mendapatkan pinjaman di sini, begitu banyak lender pinjaman di sini adalah semua scammers dan mereka hanya di
    sini untuk scam Anda dari uang Anda, saya mengajukan pinjaman sekitar 200 juta dan saya diminta untuk membayar beberapa
    biaya dan saya dibayar, mereka meminta lagi dan lagi, saya membayar hampir 9 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman,
    terjadi ditunjukan kepada saya sekitar 5 kali dari perusahaan pinjaman yang berbeda, saya Ingin saya akan bertemu orang
    yang tepat tetapi saya tidak.

    Allah menjadi Kejayaan saya bertemu seorang teman yang baru saja diterapkan pada pinjaman dan dia mendapat pinjaman tanpa
    stres, jadi dia memperkenalkan saya ke Ibu Tracy Morgan, saya diterapkan untuk 300 juta, saya pikir itu adalah lelucon dan
    penipuan, tetapi saya punya pinjaman saya dalam waktu kurang dari 24 jam hanya dalam 2% tanpa agunan. saya sangat senang
    karena saya adalah menyelamatkan dari mendapatkan miskin.

    jadi saya saran semua orang di sini membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Ibu Dewi dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda
    akan mendapatkan pinjaman Anda. id emailnya tyllerpaul004@gmail.com
    gmail.com Anda masih dapat menghubungi saya jika Anda membutuhkan info lebih lanjut dan bantuan pada fj1279704@gmail.com

    BalasHapus
  42. Saya Widaya Tarmuji, saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah TRACY MORGAN LOAN FIRM. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir 32 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

    Tapi Tracy Morgan memberi saya mimpi saya kembali. Ini adalah alamat email yang sebenarnya mereka: tracymorganloanfirm@gmail.com. Email pribadi saya sendiri: widayatarmuji@gmail.com. Anda dapat berbicara dengan saya kapan saja Anda inginkan. Terima kasih semua untuk mendengarkan permintaan untuk saran saya. hati-hati

    BalasHapus
  43. Saya Widaya Tarmuji, saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah TRACY MORGAN LOAN FIRM. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir 32 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

    Tapi Tracy Morgan memberi saya mimpi saya kembali. Ini adalah alamat email yang sebenarnya mereka: tracymorganloanfirm@gmail.com. Email pribadi saya sendiri: widayatarmuji@gmail.com. Anda dapat berbicara dengan saya kapan saja Anda inginkan. Terima kasih semua untuk mendengarkan permintaan untuk saran saya. hati-hati

    BalasHapus
  44. JANGAN Ignor SARAN INI
    Halo setiap orang yang melihat ini di seluruh dunia, situs ini memiliki banyak scammers, lakukan akan menipu seperti saya lagi, saya punya kabar baik untuk berbagi. silahkan bergabung dengan saya untuk menjadi bahagia dan berterima kasih kepada perusahaan pinjaman saudi. Aku baru saja pinjaman dari AASIMAHA Adila PINJAMAN PERUSAHAAN sah. Ini adalah bagaimana saya mendapat kontak mereka. Aku melihat kesaksian satu Mrs mimosa Wijayanti dari Indonesia di forum ini tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari mereka dan dia memberi mereka sebuah email kepada semua orang ^aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com^~~V jadi saya langsung email mereka dan mereka menanggapi email saya . Jujur, pada awalnya saya begitu banyak takut karena saya telah kehilangan uang saya untuk bodoh sebelumnya. Tapi, saya terkejut bahwa kurang dari 3 jam setelah, pinjaman dari $ 620.000 dolar amerika serikat i diterapkan untuk benar-benar ditransfer ke rekening saya. Seluruh proses itu sederhana. dan pinjaman mendesak pada tingkat 1% saya mendapat cepat Ada biaya. Tidak ada penjamin diperlukan dari saya. sampai sekarang, saya masih merasa sulit untuk percaya bahwa hal itu benar. Saya pikir saya sedang bermimpi ketika saya mendapat peringatan dari bank saya. Sekarang hati saya penuh dengan sukacita. Saran saya sederhana untuk semua orang yang mencari jumlah mendesak tulus untuk mendapatkan pinjaman yang sah untuk memulai bisnis atau untuk membiayai proyek adalah untuk mengirim email kepada mereka sekarang dan Anda akan terkejut betapa saya terkejut. Saya ingin terutama terima mimosa Wijayanti untuk memberikan kontak mereka di forum ini. Dan jika Anda memanggil mereka dan mendapatkan pinjaman dari mereka, silahkan menyebarkan berita baik sehingga orang lain juga dapat manfaat. terima kasih, email mereka lagi ^aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com ^, Kontak saya adalah omogbudeabundance@gmail.com, Catatan: semua scammers meminta biaya pendaftaran, biaya transfer, biaya asuransi, biaya hipotek, kartu ATM pin dan biaya pajak, becareful, semua adalah scam. mungkin allah memberkati Anda semua.

    BalasHapus
  45. Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    BalasHapus
  46. Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    BalasHapus
  47. Halo semua, saya MRS OLIVIA PHILLIP S
    Anda memiliki pinjaman mendesak?
    Apakah Anda perlu sebuah proyek pinjaman?
    Membeli rumah atau mobil?
    Untuk membayar utang?
    "Investasi Kredit" penawaran
    Anda memiliki kesulitan keuangan?
    Mereka telah ditolak oleh bank dan ditipu oleh penipu?
    Kami menawarkan pinjaman pada tingkat bunga 2%.
    kami di sini untuk membuat masalah Anda sesuatu dari masa lalu !!
    Silahkan email kami sekaligus, kami menjamin pengobatan segera
    Dalam waktu 24 jam tanpa biaya atau beban perusahaan saya membutuhkan pinjaman mendesak.

    Hubungi: oliviaphillipsloancompany@gmail.com

    Terima kasih telah memilih kami.

    BalasHapus
  48. Aku Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman dapat diandalkan yang SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya Rp900,000,000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak SANDRAOVIALOANFIRM. menghubungi mereka melalui email:. (Sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    BalasHapus
  49. Halo,
    Apakah Anda secara finansial turun? Mendapatkan pinjaman sekarang dan menghidupkan kembali bisnis Anda, Kami adalah kreditur yang dapat diandalkan dan kami memprakarsai program pinjaman ini untuk memberantas kemiskinan dan menciptakan kesempatan untuk hak istimewa yang kurang memungkinkan mereka membangunnya sendiri dan menghidupkan kembali bisnis mereka di tahun baru ini. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi kami via email: (gloryloanfirm@gmail.com).

    BalasHapus
  50. HELLO SEMUA ORANG, SILAHKAN PERHATIAN DAN BACA CERITA INI SEKSAMA.
    Saudara laki-laki dan perempuan tercinta saya ingin Anda sangat berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman dari internet, saya menyampaikan informasi ini karena saya tidak ingin Anda menjadi korban kecurangan pinjaman internet Saya ingin memberi tahu Anda bagaimana saya membaca beberapa surat palsu Kesaksian dan menjadi korban kecurangan pinjaman internet dan saya ditipu oleh beberapa kreditur di sini di situs ini karena saya memerlukan pinjaman untuk memulai bisnis sendiri .. mereka membuat hidup saya jadi tidak berguna, saya kehilangan hampir semua properti saya dalam proses mendapatkan Pinjaman dari internet saya sangat kesakitan saya menjadi sangat sakit dan saya dirawat di rumah sakit ... Tapi kabar baiknya adalah bahwa ALLAH telah menyerahkan semua penderitaan saya kepada sukacita. Saya akhirnya mendapat pinjaman dari pemberi pinjaman yang andal, saya sangat terkejut ketika mendapat pinjaman dari Ibrahim Maisara Leneders. Saya tidak pernah percaya bahwa masih ada pemberi pinjaman internet yang sah, saya bertemu dengan Ibu Ibrahim Maisara Lender. Saudara laki-laki dan perempuan saya, Anda harus waspada sehingga Anda tidak akan menjadi korban kecurangan pinjaman internet, saya menyarankan semua orang untuk mengajukan pinjaman dengan bijaksana sehingga Anda tidak akan menjadi mangsa penipuan scam internet. Jadi, saudara laki-laki dan perempuan tercinta saya jika Anda membutuhkan pinjaman dengan cepat hubungi pemberi pinjaman Ibu Ibrahim Maisara melalui email di .. ibrahimmaisaralenders@gmail.com, mereka adalah kreditur internet yang terpercaya yang saya tahu. Dia tidak tahu bahwa melakukan ini saya berdoa agar Tuhan memberkati mereka atas kebaikan yang telah mereka lakukan dalam hidup saya. Anda juga bisa menghubungi saya di septianas704@gmail.com untuk info lebih lanjut.
    Semoga Allah memberkati kalian semua

    BalasHapus

  51. Apakah Anda memerlukan pinjaman internet yang nyaman untuk kepuasan Anda?
    Ibu Ibrahim Maisara Lender menawarkan pinjaman Terjangkau dengan suku bunga rendah yang tersedia bagi peminjam lokal dan internasional. Kami bersertifikat, dapat dipercaya, handal, efisien, cepat dan dinamis dan bekerja sama, kami memberikan pinjaman jangka panjang, kami menawarkan: Pinjaman Pribadi, Pinjaman Pelajar, Pinjaman Bisnis, Pinjaman Konsolidasi, Penggabungan Pinjaman Perbaikan rumah, Kredit Mobil dan banyak lagi. .
    Kami memberikan pinjaman kami dalam USD ($), MYR (Rm), GBP (£), IDR (Rupiah), Euro (€), e.t.c dan mata uang lainnya di dunia.
    Hubungi Ibu Ibrahim Maisara Lender hari ini dan Anda akan mendapatkan layanan dengan kualitas terbaik yang Anda inginkan.
    Hubungi kami melalui :
    http://ibrahimmaisaralenders.wordpress.com/
    Email:Ibrahimmaisaralenders@gmail.com
    BBM: D8CFF0A7

    Apakah Anda memerlukan pinjaman internet yang nyaman untuk kepuasan Anda?
    Ibu Ibrahim Maisara Lender menawarkan pinjaman Terjangkau dengan suku bunga rendah yang tersedia bagi peminjam lokal dan internasional. Kami bersertifikat, dapat dipercaya, handal, efisien, cepat dan dinamis dan bekerja sama, kami memberikan pinjaman jangka panjang, kami menawarkan: Pinjaman Pribadi, Pinjaman Pelajar, Pinjaman Bisnis, Pinjaman Konsolidasi, Penggabungan Pinjaman Perbaikan rumah, Kredit Mobil dan banyak lagi. .
    Kami memberikan pinjaman kami dalam USD ($), MYR (Rm), GBP (£), IDR (Rupiah), Euro (€), e.t.c dan mata uang lainnya di dunia.
    Hubungi Ibu Ibrahim Maisara Lender hari ini dan Anda akan mendapatkan layanan dengan kualitas terbaik yang Anda inginkan.
    Hubungi kami melalui :
    http://ibrahimmaisaralenders.wordpress.com/
    Email:Ibrahimmaisaralenders@gmail.com
    BBM: D8CFF0A7

    Apakah Anda memerlukan pinjaman internet yang nyaman untuk kepuasan Anda?
    Ibu Ibrahim Maisara Lender menawarkan pinjaman Terjangkau dengan suku bunga rendah yang tersedia bagi peminjam lokal dan internasional. Kami bersertifikat, dapat dipercaya, handal, efisien, cepat dan dinamis dan bekerja sama, kami memberikan pinjaman jangka panjang, kami menawarkan: Pinjaman Pribadi, Pinjaman Pelajar, Pinjaman Bisnis, Pinjaman Konsolidasi, Penggabungan Pinjaman Perbaikan rumah, Kredit Mobil dan banyak lagi. .
    Kami memberikan pinjaman kami dalam USD ($), MYR (Rm), GBP (£), IDR (Rupiah), Euro (€), e.t.c dan mata uang lainnya di dunia.
    Hubungi Ibu Ibrahim Maisara Lender hari ini dan Anda akan mendapatkan layanan dengan kualitas terbaik yang Anda inginkan.
    Hubungi kami melalui :
    http://ibrahimmaisaralenders.wordpress.com/
    Email:Ibrahimmaisaralenders@gmail.com
    BBM: D8CFF0A7

    BalasHapus

  52. Apakah Anda memerlukan pinjaman internet yang nyaman untuk kepuasan Anda?
    Ibu Ibrahim Maisara Lender menawarkan pinjaman Terjangkau dengan suku bunga rendah yang tersedia bagi peminjam lokal dan internasional. Kami bersertifikat, dapat dipercaya, handal, efisien, cepat dan dinamis dan bekerja sama, kami memberikan pinjaman jangka panjang, kami menawarkan: Pinjaman Pribadi, Pinjaman Pelajar, Pinjaman Bisnis, Pinjaman Konsolidasi, Penggabungan Pinjaman Perbaikan rumah, Kredit Mobil dan banyak lagi. .
    Kami memberikan pinjaman kami dalam USD ($), MYR (Rm), GBP (£), IDR (Rupiah), Euro (€), e.t.c dan mata uang lainnya di dunia.
    Hubungi Ibu Ibrahim Maisara Lender hari ini dan Anda akan mendapatkan layanan dengan kualitas terbaik yang Anda inginkan.
    Hubungi kami melalui :
    http://ibrahimmaisaralenders.wordpress.com/
    Email:Ibrahimmaisaralenders@gmail.com
    BBM: D8CFF0A7

    Apakah Anda memerlukan pinjaman internet yang nyaman untuk kepuasan Anda?
    Ibu Ibrahim Maisara Lender menawarkan pinjaman Terjangkau dengan suku bunga rendah yang tersedia bagi peminjam lokal dan internasional. Kami bersertifikat, dapat dipercaya, handal, efisien, cepat dan dinamis dan bekerja sama, kami memberikan pinjaman jangka panjang, kami menawarkan: Pinjaman Pribadi, Pinjaman Pelajar, Pinjaman Bisnis, Pinjaman Konsolidasi, Penggabungan Pinjaman Perbaikan rumah, Kredit Mobil dan banyak lagi. .
    Kami memberikan pinjaman kami dalam USD ($), MYR (Rm), GBP (£), IDR (Rupiah), Euro (€), e.t.c dan mata uang lainnya di dunia.
    Hubungi Ibu Ibrahim Maisara Lender hari ini dan Anda akan mendapatkan layanan dengan kualitas terbaik yang Anda inginkan.
    Hubungi kami melalui :
    http://ibrahimmaisaralenders.wordpress.com/
    Email:Ibrahimmaisaralenders@gmail.com
    BBM: D8CFF0A7

    Apakah Anda memerlukan pinjaman internet yang nyaman untuk kepuasan Anda?
    Ibu Ibrahim Maisara Lender menawarkan pinjaman Terjangkau dengan suku bunga rendah yang tersedia bagi peminjam lokal dan internasional. Kami bersertifikat, dapat dipercaya, handal, efisien, cepat dan dinamis dan bekerja sama, kami memberikan pinjaman jangka panjang, kami menawarkan: Pinjaman Pribadi, Pinjaman Pelajar, Pinjaman Bisnis, Pinjaman Konsolidasi, Penggabungan Pinjaman Perbaikan rumah, Kredit Mobil dan banyak lagi. .
    Kami memberikan pinjaman kami dalam USD ($), MYR (Rm), GBP (£), IDR (Rupiah), Euro (€), e.t.c dan mata uang lainnya di dunia.
    Hubungi Ibu Ibrahim Maisara Lender hari ini dan Anda akan mendapatkan layanan dengan kualitas terbaik yang Anda inginkan.
    Hubungi kami melalui :
    http://ibrahimmaisaralenders.wordpress.com/
    Email:Ibrahimmaisaralenders@gmail.com
    BBM: D8CFF0A7

    BalasHapus
  53. Saya adalah Widya Okta dari SURABAYA, saya ingin memberi kesaksian tentang karya bagus Tuhan dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan sebagian lain dari kata tersebut, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara.
    Apakah mereka mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman yang curang di sini di internet, tapi mereka tetap asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6-kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

    Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya yang saya jelaskan situasi saya, kemudian mengenalkan saya ke perusahaan pinjaman yang andal yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM dengan tarif rendah 2% dalam 24 jam yang saya gunakan tanpa tekanan atau tekanan. Jika Anda membutuhkan pinjaman Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)

    Jika Anda memerlukan bantuan dalam melakukan proses pinjaman, Anda juga bisa menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah terpenuhi dalam pembayaran cicilan bulanan sesuai kesepakatan dengan perusahaan pinjaman.

    Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya bagus Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Yang Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

    BalasHapus
  54. Hello Everyone, nama saya Jane alice seorang wanita dari Indonesia, dan saya bekerja dengan sebuah negara kompensasi bersatu, dan kami telah mendengar dan juga meminjam dari perusahaan pinjaman, dengan cepat saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan seluruh Indonesia untuk mencari pinjaman Internet Sangat hati-hati Berhati-hatilah untuk tidak jatuh di tangan scammers dan fraudstars, ada banyak kreditur kredit palsu di sini di internet dan beberapa di antaranya asli dan nyata,

    Saya ingin melempar testimonial tentang bagaimana Tuhan menuntun saya ke pemberi pinjaman yang sebenarnya dan dana pinjaman Real telah mengubah hidup saya dari rumput menjadi Grace, setelah saya tertipu oleh beberapa kreditor kredit di internet, saya kehilangan banyak uang untuk membayar biaya pendaftaran. . , Garansi, pajak, dan setelah pembayaran saya masih belum mendapat pinjaman saya.

    Setelah berbulan-bulan berusaha mendapatkan pinjaman di internet dan jumlah uang yang dihabiskan tanpa mendapat pinjaman dari perusahaan mereka, maka saya menjadi sangat putus asa untuk mendapatkan pinjaman dari kreditor kredit genue online yang tidak akan meningkatkan rasa sakit saya jadi saya memutuskan untuk Hubungi teman saya yang baru saja mendapatkan pinjaman online, kami mendiskusikan kesimpulan kami mengenai masalah ini dan dia bercerita tentang seorang wanita bernama Mr. Dangote yang adalah CEO Dangote Loan Company.

    Jadi saya mengajukan permohonan untuk jumlah pinjaman (Rp400.000.000) dengan tingkat bunga rendah 2%, tidak mengurus se umur saya, karena saya mengatakan kepadanya apa yang ingin saya gunakan untuk membangun bisnis saya dan pinjaman saya telah disetujui dengan mudah. Tanpa stres dan semua persiapan yang dilakukan dengan transfer kredit dan dalam waktu kurang dari 24 jam setelah mendapatkan sertifikat yang diminta, telah disimpan ke bank dan impian saya masuk. Jadi saya ingin saran yang memerlukan panggilan pinjaman cepat sekarang atau email di Dangotegrouploandepartment@Gmail.com

    Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini. Saya berdoa agar Tuhan memberkati dia atas hal-hal baik yang telah dia lakukan dalam hidup saya. Anda juga bisa menghubungi saya di ladyjanealice@gmail.com hari yang menyenangkan info lebih lanjut ..

    BalasHapus
  55. Terima kasih. Sangat detail penjelasannya. Sangat membantu juga

    BalasHapus
  56. Halo

    Apakah Anda seorang investor, Pemilik Bisnis, Pengusaha, Kontraktor, Petani, Memulai e.t.c? Mungkin Anda memerlukan dana untuk membeli properti, memperbaiki / membalikkan, memperbaiki layanan / bangunan Anda mencari tempat yang dapat menjamin Anda meminjamkan jumlah yang Anda butuhkan (Annisa Ahmad) ke sini untuk membantu mereka yang membutuhkan tujuan arsip keuangan mereka, kami menginvestasikan Di properti, proyek / bisnis dan juga menawarkan semua jenis pinjaman berbunga rendah. Tarif, untuk orang yang tertarik dari negara manapun dengan tingkat kredit apakah anda ditolak oleh bank lain atau kreditor? Kami dapat menawarkan pinjaman yang Anda butuhkan dengan harga terjangkau, kami juga membutuhkan layanan dari Pialang yang bisa merujuk orang-orang yang membutuhkan bantuan keuangan dan kami membayar setiap bulan untuk layanan Anda menghubungi kami melalui email di bawah ini jika Anda tertarik dengan pinjaman atau persyaratan. Investor
    Email: annisaahmadlaoncompany@gmail.com

    BalasHapus
  57. Assalamu'alaikum
    'Insya Allah' ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM menawarkan pinjaman dengan tingkat persentase tahunan yang sangat rendah APR menghubungi kami melalui e-mail kami: {iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com} untuk menikmati hal berikut: apakah Anda ditolak oleh Bank sebagai Hasil dari sejarah kredit buruk Anda adalah Anda berutang secara finansial apakah Anda memerlukan dana untuk ekspansi bisnis atau Anda ingin memulai bisnis dengan tambahan modal atau Anda memerlukan pinjaman yang sangat besar untuk melaksanakan proyek antara lain dengan ISKANDAR LOAN FIRM Anda dapat mengatakan "Alhamdulillah" karena kami menjamin kelayakan kepercayaan kejujuran 100% dalam layanan kami menghubungkan kami segera BBM INVITE: {D8980E0B} atau melalui alamat e-mail di atas Assalamu'alaikum wr wb,

    BalasHapus
  58. Selamat siang

    ini adalah dasar dana global, kami memberikan pinjaman per pendanaan proyek tahunan 100% dengan pinjaman aman dan tidak aman yang tersedia kami dijamin dalam memberikan layanan keuangan untuk banyak klien kami dengan paket pinjaman fleksibel kami pinjaman dapat diproses dan dana ditransfer ke peminjam dalam waktu sesingkat mungkin kita beroperasi di bawah persyaratan yang jelas dan mudah dipahami dan kami menawarkan pinjaman kepada semua jenis untuk tertarik klien perusahaan perusahaan dan semua jenis organisasi bisnis, individu swasta dan investor real estate hanya menghubungi kami dengan nama di bawah Jika Anda sedang melihat bagaimana mendapatkan pinjaman hubungi kami kami dapat membantu Anda keluar EMAIL: globalfundfoundation9@gmail.com
    BBM: D8633B93

    BalasHapus
  59. AKHIR TAHUN PINJAMAN DI RATE SANGAT RENDAH.
    Halo, aku Mrs. Sandra Ovia, pemberi pinjaman uang pribadi, yang Anda dalam utang? Anda membutuhkan dorongan keuangan? pinjaman untuk mendirikan sebuah bisnis baru, untuk bertemu dengan tagihan Anda, memperluas bisnis Anda di tahun ini dan juga untuk renovasi rumah Anda. Aku memberikan pinjaman untuk lokal, internasional dan juga perusahaan pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%. Anda dapat menghubungi kami melalui Email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda dipersilakan untuk perusahaan pinjaman kami dan kami akan memberikan yang terbaik dari layanan kami.

    BalasHapus
  60. Ini luar biasa saat saya mengira semua telah selesai dengan saya Ibu Iskandar datang untuk menyelamatkan saya. Saya sangat berhutang sejauh orang-orang yang saya pinjam uang dari geng melawan saya dan kemudian membuat saya ditangkap sebagai akibat dari hutang saya. ditahan selama berbulan-bulan maka masa rahmat diberikan kepada saya saat saya dipulangkan dan dibebaskan untuk pergi dan mencari uang untuk membayar semua hutang yang saya terima sehingga saya diberitahu bahwa ada beberapa kreditur sah online sehingga saya harus mencari Karena melalui blog saya berualang kali tertipu tapi ketika saya menemukan Ibu Iskandar CEO ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM, Tuhan mengarahkAan saya ke iklannya melalui blog karena daya tarik saya terhadapnya adalah benar-benar mukjizat mungkin karena Tuhan telah melihat bahwa saya memiliki banyak menderita karena itulah dia mengarahkan saya kepadanya. Jadi saya menerapkannya dengan antusias setelah beberapa jam pinjaman saya disetujui oleh Dewan dan dalam dua hari saya dikreditkan dengana jumlah pasti yang saya berikaan untuk semua ini tanpa jaminan tambahan Kredit Tanpa Agunan (KTA) sama seperti saya berbicara dengan Anda sekarang saya telah dapat menghapus semua hutang saya dan sekarang saya memiliki supermarket sendiri, saya tidak memerlukan bantuan orang lain sebelum saya memberi makan atau mengambil keuangan apa pun keputusan saya tidak punya urusan dengan Polisi lagi saya sekarang adalah wanita merdeka. Anda ingin mengalami kemandirian finansial seperti saya silahkan hubungi Ibu melalui BBM-nya: {D8980E0B} atau melalui email perusahaan: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com) Anda tidak dapat memperdebatkan fakta bahwa di dunia kesulitan ini Anda memerlukan seseorang untuk membantu Anda mengatasi gejolak keuangan dalam hidup Anda dengan satu atau lain cara, jadi saya memberi Anda mandat untuk mencoba dan menghubungi Ibu Iskandar di alamat di atas sehingga bisa mengatasi kemerosotan keuangan dalam hidup Anda. Anda bisa menghubungi saya melalui email berikut: (anggaannisa1979@gmail.com)) selalu bersikap positif dengan Ibu Iskandar dia akan melihat Anda melalui semua tantangan finansial Anda dan kemudian memberi Anda sebuah tampilan baru finansial.

    BalasHapus
  61. Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    BalasHapus
  62. kabar baik!!!!

    Hello All, nama saya Jane alice seorang wanita dari Indonesia, dan saya bekerja dengan kompensasi Asia yang bersatu, dengan cepat saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan seluruh masyarakat Indonesia yang mencari pinjaman Internet agar berhati-hati agar tidak jatuh ke tangan penipu. dan fraudstars banyak kreditor kredit palsu ada di sini di internet dan ada juga yang nyata dan nyata,

    Saya ingin membagikan testimonial tentang bagaimana Tuhan menuntun saya kepada pemberi pinjaman sebenarnya dan dana pinjaman Real telah mengubah hidup saya dari rumput menjadi Grace, setelah saya tertipu oleh beberapa kreditor kredit di internet, saya kehilangan banyak uang untuk membayar pendaftaran. biaya. . , Biaya garansi, dan setelah pembayaran saya masih mendapatkan pinjaman saya.

    Setelah berbulan-bulan berusaha mendapatkan pinjaman di internet dan jumlah uang yang dikeluarkan tanpa meminjam dari perusahaan mereka, saya menjadi sangat putus asa untuk mendapatkan pinjaman dari kreditor kredit genue online yang tidak akan meningkatkan rasa sakit saya jadi saya memutuskan untuk menghubungi teman saya. yang mendapatkan pinjaman onlinenya sendiri, kami mendiskusikan kesimpulan kami mengenai masalah ini dan dia bercerita tentang seorang pria bernama Mr. Dangote yang adalah CEO Dangote Loan Company.

    Jadi saya mengajukan pinjaman sebesar Rp400.000.000 dengan tingkat bunga rendah 2%, tidak peduli berapa umur saya, karena saya mengatakan kepadanya apa yang saya inginkan adalah membangun bisnis saya dan pinjaman saya mudah disetujui. Tidak ada tekanan dan semua persiapan yang dilakukan dengan transfer kredit dan dalam waktu kurang dari 24 jam setelah mendapatkan sertifikat yang diminta dikembalikan, maka uang pinjaman saya disimpan ke rekening bank saya dan mimpiku menjadi kenyataan. Jadi saya ingin menyarankan agar setiap orang segera melamar kepada Mr. Dangote Loan Company Via email (dangotegrouploandepartment@gmail.com) dan Anda juga bisa bertanya kepada Rhoda (ladyrhodaeny@gmail.com) dan Mr. jude (judeelnino@gmail.com) dan Juga Pak Nikky (nicksonchristian342@gmail.com) untuk pertanyaan lebih lanjut

    Anda juga bisa menghubungi saya melalui email di ladyjanealice@gmail.com
    Dan Anda bisa mengikuti Mr dangote on instagram untuk lebih jelasnya di dangoteloancompany

    BalasHapus
  63. HAPPY NEW YEAR HAPPY NEW YEAR HAPPY NEW YEAR
    DARI-rossastanleyloancompany

                              Apakah Anda memerlukan kredit yang mendesak?

    * Sangat Cepat dan Transfer Instan ke rekening bank anda
    * Biaya kembali di bulan setelah Anda mendapatkan pinjaman Anda di bank Anda
    akun bank
    * Tingkat bunga rendah 2%
    * Long term payback (1-20) Long
    * Pinjaman fleksibel dan gaji bulanan
    *. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membiayai? Setelah mengajukan pinjaman
    Anda mungkin mengharapkan jawaban awal kurang dari 24 jam
    pembiayaan dalam 48Hours setelah menerima informasi yang mereka butuhkan
    dari kru Pada perusahaan pinjaman ROSSA STANLEY, kami adalah perusahaan pembiayaan yang berpengalaman yang memberikan kemudahan pinjaman gratis kepada individu-individu yang berpikiran tulus, serius, perusahaan, badan hukum dan masyarakat umum dengan tingkat bunga 2%. Kami memiliki akses ke kumpulan uang tunai untuk diberikan kepada perusahaan dan mereka yang memiliki rencana untuk memulai bisnis tidak peduli seberapa kecil atau besarnya, kami memiliki uang tunai. Yakinlah bahwa kesejahteraan dan kenyamanan Anda adalah prioritas utama kami, mengapa kami berada di sini untuk mengurus pemrosesan pinjaman Anda.

    Hubungi perusahaan pinjaman yang sah dan dapat dipercaya dengan rekam jejak pelayanan yang memberikan kebebasan finansial kepada negara-negara bersatu (PBB).
    Untuk informasi lebih lanjut dan pinjaman yang meminta untuk mendirikan bisnis Anda, belilah rumah, beli mobil, liburan, hubungi kami via,

      E-mail resmi: rossastanleyloancompany@gmail.com
      Viber resmi: +15186756750
      Instagram resmi: Rossamikefavor
      Twitter resmi: Rossastanlyloan
      Official Facebook: rossa stanley favor

    untuk respon cepat dan cepat ....
    Mohon mengisi formulir aplikasi di bawah ini dan kami akan menghubungi Anda lagi, Kami tersedia 24/7
                                
                                       DATA PEMOHON

    1) Nama Lengkap:

    2) Negara:

    3) Alamat:

    4) Jenis Kelamin:

    5) Status Perkawinan:

    6) Pekerjaan:

    7) Nomor Telepon:

    8) posisi saat ini di tempat kerja:

    9) Penghasilan Bulanan:

    10) Jumlah Pinjaman yang Dibutuhkan:

    11) Durasi Pinjaman:

    12) nama facebook:

    13) nomor Whatsapp:

    14) Agama:

    15) Tanggal lahir:

    16) Nomor Viber


    SALAM,
    Mrs.Rossa Stanley Favor
    ROSSASTANLEYLOANCOMPANY
    Email rossastanleyloancompany@gmail.com

    BalasHapus
  64. Saya adalah Ibu Nur Amalina, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka adalah banyak scammers dan pemberi pinjaman pinjaman palsu di internet. Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana Tuhan menolong saya dengan mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman asli, setelah itu saya telah scammed oleh beberapa pemberi pinjaman di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang kemudian menyebut saya sebagai pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Mrs. Charity meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 750 juta rupiah Indonesia (Rp750.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan dan hanya dengan suku bunga 2% saja.

    Saya sangat terkejut saat memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya ajarkan dikirim langsung ke akun saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, silakan hubungi dia melalui email: (charitywhitefinancialfirm@gmail.com) dan dengan rahmat Tuhan dia tidak akan mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda memenuhi persyaratannya.

    Anda juga bisa menghubungi saya di email saya: (nuramalinasofiyani05@gmail.com) Akan melakukan yang terbaik untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan. Itulah alasan Tuhan Yang Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

    BalasHapus
  65. Halo, nama saya Sulis Susanti dari Indonesia, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu.
    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, aku jatuh korban penipuan oleh beberapa perusahaan pinjaman online, karena saya perlu sebuah perusahaan pinjaman yang jujur.

    Aku hampir menyerah, tidak sampai saya mencari nasihat dari seorang teman yang kemudian mengarahkan saya untuk pemberi pinjaman pinjaman yang sangat handal JOY WILSON LOAN FIRM, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari 750 juta rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres pada tingkat bunga rendah dari 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres.

    Saya ingin Anda yakin dan percaya diri bahwa ini adalah asli karena saya memiliki semua bukti pengolahan pinjaman ini termasuk kartu id, dokumen perjanjian pinjaman dan semua kertas kerja. Saya percaya Ibu Joy Wilson sepenuh hati karena dia telah benar-benar membantu dalam hidup saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi perusahaan melalui email: (joywilsonloanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (sulissusanti971@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman

    BalasHapus
  66. Apakah Anda mencari pemberi pinjaman pribadi? Apakah Anda membutuhkan pinjaman segera? Apakah kamu memiliki kredit buruk? Saya dapat membantu Anda mengamankan pinjaman dengan suku bunga serendah 2%. 100% dana dengan dokumentasi minimal. Perusahaan pinjaman kami bersedia memberikan segala jenis pinjaman sesuai pilihan Anda selama Anda dapat membayar kembali. Kami tidak memerlukan formulir apapun. Suku bunga pinjaman kami fleksibel karena kami memberikan dana pinjaman kami dengan bunga sebesar 2%. Kami adalah pemberi pinjaman pinjaman yang andal dan kami meyakinkan Anda bahwa jika Anda mengikuti prosedur langkah demi langkah kami, Anda akan mendapatkan pinjaman Anda disetujui dan ditransfer kepada Anda. Mohon kembali kepada saya melalui surat kami: {lendersuccess@gmail.com} jika Anda tertarik untuk mendapatkan pinjaman sehingga saya dapat memberi Anda lebih banyak informasi mengenai persyaratan dan kondisi pinjaman kami

    Untuk mengakses kelayakan Anda, berikan saya rincian berikut ini:

    Nama lengkap:
    Alamat:
    Pendapatan bulanan :
    Jumlah pinjaman:
    Durasi Pinjaman:
    Tujuan Pinjaman :
    Umur:
    pendudukan:
    Nomor telepon:
    Scan Copy Kartu Identitas Anda dan foto Anda:
    Tanggal lahir :

    SUKSES PINJAMAN PERUSAHAAN
    (lendersuccess@gmail.com)

    BalasHapus
  67. Saya Widya Okta, saya ingin memberi kesaksian tentang karya bagus Tuhan dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan sebagian lain dari kata tersebut, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman yang curang di sini di internet, tapi mereka tetap asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6-kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

    Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya yang saya jelaskan situasi saya, kemudian mengenalkan saya ke perusahaan pinjaman yang andal yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM dengan tarif rendah 2% dalam 24 jam yang saya gunakan tanpa tekanan atau tekanan. Jika Anda membutuhkan pinjaman Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)

    Jika Anda memerlukan bantuan dalam melakukan proses pinjaman, Anda juga bisa menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah terpenuhi dalam pembayaran cicilan bulanan sesuai kesepakatan dengan perusahaan pinjaman.

    Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya bagus Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Yang Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

    BalasHapus
  68. Kabar baik!! pencari pinjaman !!!

    Nama saya Alfred Daniel Nehemia dari bali Indonesia, roti CEO Daniel Bakery, Pertama-tama saya akan mengatakan bahwa Tuhan harus memberkati Lady jane karena mengenalkan saya kepada perusahaan pinjaman yang jujur ​​dan halal sehingga saya benar-benar percaya bahwa Anda memberi tahu rekan kerja bahwa saya mempunyai Ide bagus untuk memulai bisnis sendiri karena mendapat pekerjaan tidak mudah jadi saya pergi ke bank untuk mendapatkan pinjaman (Rp800 juta) tapi mereka semua meminta uang muka sebesar jumlah pinjaman saya tapi satu-satunya properti yang saya miliki adalah motor. Sepeda, yang membuat saya merasa kecewa

    Jadi saya mencari perusahaan pinjaman online tapi kebanyakan menipu dan menipu, saya hampir kehilangan harapan dan kepercayaan diri sampai saya membaca artikel tentang lady jane tapi saya tidak sempat menutup tapi membaca artikelnya jadi saya mencoba pencarian online lain yang disebut craigslist. org dimana saya melihat iklan perusahaan Dangote Loan jadi saya memutuskan untuk melamar dan menghubungi lady jane juga

    Dangote Loan Company memberikan pinjaman dengan tingkat suku bunga 2% dan tidak kurang dari Rp20 juta

    Saya mengikuti prosedur di sana, memberikan semua yang diminta, saya juga sangat takut, tapi untuk kemuliaan tuhan, doaku dijawab dan uang pinjaman saya ditransfer ke saya tanpa masalah.

    jadi jangan buang waktu anda kontak Dangote perusahaan pinjaman Via dangotegrouploandepartment@gmail.com

    Anda juga bisa mencari di google untuk informasi lebih lanjut, ini nyata dan sangat nyata atau hubungi saya juga melalui email di alfreddaniel324@gmail.com dan juga di BBM: 7AEA8FA5

    BalasHapus
  69. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    BalasHapus
  70. Halo,
    Ini untuk memberi tahu masyarakat bahwa Nyonya Charity White, pemberi pinjaman swasta memiliki kesempatan finansial untuk semua orang yang membutuhkan bantuan keuangan, membayar tagihan, untuk berinvestasi dalam bisnis baru atau untuk meningkatkan bisnis Anda. Kami memberikan pinjaman dengan bunga sebesar 2% kepada perusahaan dan perorangan. Ini tidak memerlukan banyak dokumen, juga syarat dan ketentuan yang jelas dan peka. Hubungi kami via e-mail: (charitywhitefinancialfirm@gmail.com) Kami akan memberikan layanan terbaik kami.

    BalasHapus
  71. Apakah Anda membutuhkan kredit yang mendesak?

    * Transfer Sangat Cepat dan Instan ke rekening bank Anda
    Bayar kembali bulan setelah Anda mendapatkan pinjaman di bank Anda
    akun bank
    * Suku bunga rendah 2%
    * Pembayaran jangka panjang (1-30) Tahun Panjang
    * Pinjaman fleksibel dan gaji bulanan
    *. Berapa lama untuk membiayai? Setelah mengajukan pinjaman
    Anda mungkin mengharapkan jawaban awal kurang dari 24 jam
    pembiayaan dalam 48 jam setelah menerima informasi yang mereka butuhkan
    Dari para kru Di perusahaan pinjaman ROSSA STANLEY, kami adalah perusahaan pembiayaan yang berpengalaman yang menyediakan fasilitas pinjaman yang mudah, tulus, serius, korporasi, hukum dan publik dengan bunga 2%. Kami memiliki akses ke koleksi uang tunai untuk diberikan kepada perusahaan dan mereka yang memiliki rencana untuk memulai bisnis tidak peduli seberapa kecil atau besar, kami memiliki uang tunai. Yakinlah bahwa kesejahteraan dan kenyamanan Anda adalah prioritas utama kami, mengapa kami di sini untuk mengurus pemrosesan pinjaman Anda.

    Hubungi perusahaan pinjaman yang sah dan dapat dipercaya dengan rekam jejak layanan yang memberikan kebebasan finansial kepada Perserikatan Bangsa-Bangsa.
    Untuk informasi lebih lanjut dan pinjaman yang diminta untuk mengatur bisnis Anda, beli rumah, beli mobil, liburan, hubungi kami melalui,

    E-mail resmi: rossastanleyloancompany@gmail.com
    Instagram resmi: Rossamikefavor
    Twitter Resmi: Rossastanlyloan
    Facebook resmi: rossa stanley mendukung
    CSN: +12133153118
    untuk respon cepat dan cepat.
    Silakan mengisi formulir aplikasi di bawah ini dan kami akan menghubungi Anda lagi, Kami tersedia 24/7

    DATA PEMOHON

    1) Nama Lengkap:

    2) Negara:

    3) Alamat:

    4) Jenis Kelamin:

    5) Status Perkawinan:

    6) Pekerjaan:

    7) Nomor Telepon:

    8) posisi di tempat kerja:

    9) Penghasilan Bulanan:

    10) Jumlah Pinjaman yang Dibutuhkan:

    11) Jangka Waktu Pinjaman:

    12) nama facebook:

    13) Nomor Whatsapp:

    14) Agama:

    15) Tanggal lahir:

    SALAM,
    Mrs.Rossa Stanley Favor
    ROSSASTANLEYLOANCOMPANY
    Email rossastanleyloancompany@gmail.com

    BalasHapus
  72. Saya Widya Okta, saya ingin memberi kesaksian tentang karya bagus Tuhan dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan sebagian lain dari kata tersebut, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman yang curang di sini di internet, tapi mereka tetap asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6-kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

    Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya yang saya jelaskan situasi saya, kemudian mengenalkan saya ke perusahaan pinjaman yang andal yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM dengan tarif rendah 2% dalam 24 jam yang saya gunakan tanpa tekanan atau tekanan. Jika Anda membutuhkan pinjaman Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)

    Jika Anda memerlukan bantuan dalam melakukan proses pinjaman, Anda juga bisa menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah terpenuhi dalam pembayaran cicilan bulanan sesuai kesepakatan dengan perusahaan pinjaman.

    Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya bagus Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Yang Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

    BalasHapus


  73. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    BalasHapus
  74. Halo, saya Lia Alhabsyi, saya sangat bahagia hari ini karena semua keinginan hati saya baru saja terjadi. Setelah ditipu oleh berbagai perusahaan pinjaman online, semua karena saya ingin melunasi hutang saya dan merawat penyakit ayah saya, akhirnya saya mendapat pinjaman dari sumber yang benar, siapa namanya, Nyonya Mariam Farid, yang membantu saya mengamankan pinjaman tanpa jaminan. Jadi saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu orang Indonesia bahwa ada banyak pemberi pinjaman palsu.

    Jadi jika Anda membutuhkan pinjaman yang mendesak dan aman, maka hubungi Nyonya Mariam Farid, dia adalah orang yang saya percaya Tuhan telah mengirim untuk menyelamatkan dan membantu kami. Saya benar-benar ingin Anda semua bergabung dengan saya untuk berterima kasih kepada Ibu Mariam dan jika Anda membutuhkan pinjaman, Anda dapat menulis email perusahaannya: mariamfaridfinancialservices@gmail.com. Dan jika Anda memiliki masalah menghubungi dia, maka Anda dapat menghubungi saya dengan email ini: liaalhabsyi750@gmail.com untuk instruksi lebih lanjut.
    Tuhan memberkati kalian semua.

    BalasHapus
  75. Saya Mrs. Mariam Farid, pemberi pinjaman pinjaman swasta, apakah Anda memerlukan pinjaman mendesak untuk menyelesaikan kebutuhan keuangan Anda, seperti membayar tagihan, mengembangkan bisnis, atau melunasi hutang? Kami memberikan pinjaman kepada individu, perusahaan swasta atau pekerja pemerintah dengan tingkat bunga rendah 2% untuk jumlah yang diminta dan tanpa banyak tekanan atau pekerjaan kertas dan dengan jadwal cicilan bulanan yang nyaman. Hubungi kami melalui email: (mariamfaridfinancialservices@gmail.com) datang dan bagikan kebesaran perusahaan dan penuhi impian Anda.

    BalasHapus
  76. TAWARAN PINJAMAN URGENT APLIKAT SEKARANG.


    Peminjam Pinjaman yang dihormati,


    Salam dari REBACCA ALMAL LOAN SYARIKAT.


    Kami disahkan Peminjam pinjaman yang menawarkan pinjaman kepada orang-orang yang memerlukan pinjaman. Kami memberi pinjaman untuk projek, perniagaan, cukai, hutang, bil, dan banyak sebab lain. Kami beroperasi pada kadar faedah 2%. Ada lebih banyak untuk mendapatkan pinjaman daripada syarikat ini, jadi Adakah anda memerlukan pinjaman? Adakah anda dalam hutang? Adakah anda ingin memulakan perniagaan dan memerlukan modal? Adakah anda memerlukan pinjaman atau pembiayaan untuk apa-apa sebab? Bantuan anda akhirnya di sini, kerana kami memberi pinjaman kepada semua orang dengan kadar faedah yang murah dan berpatutan hanya 2%, jika berminat hubungi kami hari ini di: (rebaccaalmaloancompany@gmail.com) dan dapatkan pinjaman anda hari ini.


    kami memberikan yang berikut;

    *Pembaikan rumah

    * Pinjaman Pencipta

    * Pinjaman Kereta

    * Pinjaman Penyatuan Hutang

    * Talian Kredit

    * Pinjaman Kedua

    * Pinjaman Perniagaan

    * Pinjaman Peribadi

    * Pinjaman Antarabangsa.


    Kami bersertifikat, boleh dipercayai, boleh dipercayai, cekap, pantas dan dinamik. Jika anda berminat sila hubungi kami melalui WhatsApp Number +14052595662


    Semoga berjaya,

    SYARIKAT PINJAMAN REBACCA ALMAL.

    BalasHapus
  77. HARI BAIK UNTUK SEMUA ORANG!

    Nama saya Amisha Chahaya Saya dari Indonesia Saya sudah mencari perusahaan pemberi pinjaman nyata selama 5 bulan terakhir, untuk membeli rumah dan membangun bisnis
    yang saya dapatkan hanyalah sekelompok penipuan yang membuat saya percaya mereka dengan kata-kata manis mereka dan pada akhirnya mereka mengambil semua uang saya tanpa memberi saya apa pun sebagai imbalan,

    Harapan saya hilang, saya bingung dan kecewa, saya tidak pernah ingin melakukan apa pun dengan perusahaan pinjaman di internet, jadi saya pergi untuk meminjam uang dari teman, saya mengatakan kepadanya semua yang terjadi dan dia berkata dia bisa membantu saya, bahwa dia tahu perusahaan pinjaman yang dapat membantu saya dengan jumlah pinjaman yang saya butuhkan dengan tingkat bunga sangat rendah 2%, dia baru saja mendapatkan pinjaman dari mereka, dia mengatakan kepada saya bagaimana mengajukan pinjaman, saya melakukan apa yang dia katakan kepada saya , Saya melamar bersama mereka di Email: (mariaalexander818@gmail.com) Saya tidak pernah percaya tetapi saya mencoba dan kejutan terbesar saya adalah bahwa saya mendapat pinjaman dalam waktu 24 jam, saya tidak percaya,

    Saya sangat bahagia dan kaya lagi dan saya bersyukur kepada Tuhan bahwa perusahaan pinjaman seperti ini masih ada selama penipuan ini di mana-mana, tolong beri tahu semua orang di luar sana yang membutuhkan Pinjaman untuk mengunjungi Email mereka (mariaalexander818@gmail.com) mereka tidak akan pernah gagal,
    Dan hidup Anda akan berubah seperti yang saya alami, Jadi segera hubungi (mariaalexander818@gmail.com
    ) hari ini dan dapatkan pinjaman Anda dari mereka, Tuhan memberkati perusahaan pemberi pinjaman Anda untuk penawaran pinjaman asli mereka. Pastikan Anda menghubungi Peminjam untuk pinjaman Anda karena saya berhasil mendapatkan pinjaman dari perusahaan ini tanpa tekanan apa pun.


    MANAJER CABANG: MARIA ALEXANDER
    EMAIL: mariaalexander818@gmail.com
    HUBUNGI NUMBER: +1 (651) 243-8090
    WHATSAPP: +1 (651) 243-8090


    Silakan Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi apa pun melalui email saya: (amishachahaya8@gmail.com)

    Terima kasih semuanya mendengarkan kesaksian saya
    Semoga ALLAH memberkati Anda semua.

    BalasHapus
  78. Nama saya Aditya Aulia saya mengalami trauma keuangan karena saya ditipu dan ditipu oleh banyak perusahaan pinjaman online dan saya pikir tidak ada yang baik bisa keluar dari transaksi online tapi semua keraguan saya segera dibawa untuk beristirahat saat teman saya mengenalkan saya. untuk Ibu pada awalnya saya pikir itu masih akan menjadi permainan bore yang sama saya harus memaksa diri untuk mengikuti semua proses karena mereka sampai pada kejutan terbesar saya setelah memenuhi semua persyaratan karena permintaan oleh proses saya bisa mendapatkan pinjaman sebesar 350jt di rekening Bank Central Asia (BCA) saya saat saya waspada di telepon saya, saya tidak pernah mempercayainya, agaknya saya bergegas ke Bank untuk memastikan bahwa memang benar ibu kontak sekarang mengalami terobosan pemanasan jantung dalam kehidupan finansial Anda melalui apakah itu atau apakah kamu ingin mengkonfirmasi dari saya? Anda bisa menghubungi saya melalui surat saya: {aditya.aulia139@gmail.com} dan juga Anda bisa menghubungi perusahaan ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY via: {mail:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}


    WhatsApp:(+44) 7480 729811
    Tel....(+44) 7480 729811
    e_mail:::[aditya.aulia139@gmail.com]
    https://wordpress.com/view/iskandarlestari.wordpress.com
    [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]

    BalasHapus
  79. Halo pemirsa di seluruh dunia, Ada kabar baik untuk Anda semua hari ini dapatkan kartu ATM Kosong Anda yang berfungsi di semua mesin ATM di seluruh dunia. Kami memiliki program khusus kartu ATM yang dapat digunakan untuk meretas mesin ATM, kartu ATM dapat digunakan untuk menarik di ATM atau geser, di toko dan POS. Kami memberikan kartu ini kepada semua klien yang tertarik di seluruh dunia, Kami memberikan Kartu ATM Kosong. Apakah Anda ingin menjalani kehidupan yang baik yang dianggap ilegal, cara termudah untuk menjadi jutawan. itu juga memiliki teknik yang membuat CCTV tidak mungkin mendeteksi Anda dan Anda hanya dapat menarik sejumlah $ 5.000 Dolar dalam sehari di Mesin ATM juga tersedia saat pengiriman tunai. Kami memberikan hingga $ 10.000,00 hingga $ 1.000.000,00 Dolar Dengan layanan peretasan jaringan kami. Kami dapat Memulihkan semua uang Anda yang hilang ke Bitcoin dan mata uang Crypto lainnya, penipuan hipotek / realestate, dan ICO palsu dalam waktu 48 jam atau kurang. (Thomas Freddie Hackers) bekerja sama sebagai tim untuk melacak & memulihkan dana kembali dari PENCIPTA internet yang paling sulit. CATATAN!! Kami telah menerima laporan memilukan yang tak terhitung jumlahnya dari penipu terkenal dan kami berhasil memulihkannya kembali melalui kontak thomasunlimitedhackers@gmail.com

    Hubungi kami di ((Pemulihan Biner. Kelas Universitas. Menyeka Catatan Kriminal, Peretasan FB & IG, Telegram, Muatan & Peretasan Telepon)) membatasi kami dengan pekerjaan Anda & izinkan kami memberi Anda hasil positif dengan keterampilan peretasan kami. Kami bersertifikat dan privasi Anda 100% aman bersama kami. Jangan khawatir lagi tentang masalah keuangan Anda, Jika Anda membutuhkan layanan peretasan cyber lainnya, kami siap membantu Anda kapan saja, kapan saja, jadi hubungi kami melalui Alamat Email kami: thomasunlimitedhackers@gmail.com

    Salam
    THOMAS FREDDIE HACKER TANPA BATAS
    Kirim email ke thomasunlimitedhackers@gmail.com
    Telepon / SMS: +1 (985)465-8370
    Motto: Kami menawarkan layanan tercepat dan terpercaya

    BalasHapus